Kummakivi: Keajaiban Alam Formasi Batu seimbang Di Finlandia


https://bamssatria22.wordpress.com

Terkadang saat kita mengagumi dunia di sekitar kita rasanya hampir sama seperti jika alam ikut bersenang-senang atas nama kita. Lihatlah pemandangan yang megah ini. Tentu terlihat sepertinya batu ini akan jatuh setiap menit bukan? Ini adalah formasi batu raksasa seimbang yang terletak di hutan lebat di Finlandia. Nama batu ini adalah Kummakivi yang dalam bahasa Finlandia berarti “batu aneh”. Formasi geologi ini dapat ditemukan di Valtola di Southern Savonia.


Kummakivi, gambar diambil pada september 2005 (wikipedia)

sumber gambar; Trip Freakz

Sebuah keajaiban alam yang luar biasa, suatu pemandangan tak biasa yang bisa dilihat di Valtola, Savonia, Finlandia. Sebuah batu besar yang berada di atas batu yang ukurannya lebih kecil, tapi seimbang tidak jatuh. Bagaimana bisa, batunya dalam posisi seimbang dan tidak jatuh?

Kummakivi (batu aneh) ini berada di dalam hutan pinus bagian barat wilayah Ruokolahti. Jarak tempuh dari Helsinki, ibukota negara Finlandia, sekitar 3 jam dengan mengendarai mobil.

Panjang Kummakivi mencapai 7 meter dengan berat ratusan ton. Kummakivi berada di atas batu yang ukurannya hanya setengah darinya. Tapi anehnya, bagian bawah batu tersebut seperti tertancap dan membuatnya seimbang.

Masyarakat setempat mempercayai jika Kummakivi adalah buatan dari Raksasa, yakni makhluk mitologi berwujud manusia dengan ukuran yang besar. Sebab tidak mungkin, batunya berada dalam posisi seimbang jika hanya kebetulan saja.

Tapi para peneliti, memiliki jawaban lain. Mereka menilai, Kummakivi bisa begitu seimbang karena kekutan gletser ribuan tahun lalu. Jadi ketika itu, hutan pinusnya adalah sungai es yang mencair. mengapa posisinya bisa seimbang seperti ini, bagi mereka hanya kebetulan saja. Sebab, ada banyak batu-batu yang posisinya seimbang dan sama persis seperti Kummakivi ini, seperti di Inggris misalnya.

Tahun 1962, Kummakivi mulai dilindungi pemerintah Finlandia dan dijadikan salah satu tujuan wisata. Turis harus trekking dulu beberapa menit ke dalam hutan pinus sebelum melihat dari dekat. Turis yang sudah ke sana, suka berpose di depan batunya atau berdiri tepat di bawahnya. Namun, meski sudah menjadi tempat tujuan wisata, Kummakivi masih dianggap sakral oleh masyarakat setempat. (bams-22)



Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s