Cerita Menakutkan Dari Nikaragua: Tumbuhan Penghisap Darah


bamssatria22.wordpress.com

Nicaraguan Vampire Vine
– Man-Eating Tree cryptid
– first report: 1891
– Nicaragua

Pada 1892, William Thomas Stead, editor jurnal bulanan Review of Reviews, menerbitkan sebuah artikel singkat di majalah Lucifer yang membahas cerita aneh yang sulit dipahami, sebuah cerita menakutkan mengenai tumbuhan penghisap darah. Tumbuhan vampir ini disebut oleh penduduk asli di Nikaragua sebagai “Iblis Penjerat” dan digambarkan penampilannya mirip seperti gurita. Tumbuhan ini memiliki kemampuan untuk menyedot darah dari setiap makhluk hidup yang datang padanya.

Dikisahkan dalam artikel itu; seorang naturalis bernama Mr. Dunstan, yang baru saja kembali dari Amerika Tengah, di mana ia telah menghabiskan hampir dua tahun dalam studi flora dan fauna, mengaku menemukan dan berhadapan langsung dengan sebuah tumbuhan menakutkan di salah satu rawa yang mengelilingi danau besar di Nikaragua.

Dunstan yang saat itu sedang mengumpulkan tanaman dan spesimen serangga di daerah itu, tiba-tiba mendengar anjingnya mengeluarkan suara melolong bernada tinggi di kejauhan, seperti sedang takut atau kesakitan.

Dunstan segera bergegas kesumber teriakan dan menemukan anjingnya sedang dililit oleh jaringan akar seperti tali dan serat. Serat itu berwarna gelap, ronanya hampir hitam, dan ditutupi dengan sesuatu yang menyerupai karet tebal yang tampaknya keluar dari beberapa pori-pori tumbuhan tersebut. Cairan getahnya juga dilaporkan sangat lengket dan memiliki bau busuk.

Kaget karena melihat pemandangan yang mengerikan itu, Dunstan berusaha keras untuk memotong tali yang melilit anjingnya dengan pisaunya, tetapi bagian tumbuhan yang lain merambat secara mengejutkan dan ia kesulitan untuk memotongnya juga. Dengan rasa ngeri ia melihat bahwa tali yang seperti sulur aktif yang melilit itu juga meringkuk bergelung dengan sendirinya.

Meski kulit tangan Dunstan menjadi merah dan melepuh, akhirnya ia mampu menolong anjingnya setelah tumbuhan merambat yang melilit itu telah melepaskan anjingnya. Dunstan terkejut melihat anjingnya berlumuran darah dan dipenuhi bintik-bintik yang tampaknya seolah-olah tumbuhan itu telah mengisap darah anjingnya, meskipun anjing itu masih hidup tetapi mengalami kesulitan untuk berjalan.

Para penduduk pribumi yang menemani Mr. Dunstan menjelaskan bahwa tumbuhan mengerikan itu sangat terkenal dan ditakuti di daerah situ. Mereka juga mengingatkan dunstan untuk tinggal jauh dari tumbuhan itu.

Dunstan mencoba untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai tumbuhan aneh tersebut, tetapi yang ia temukan adalah kenyataan bahwa hal itu sangat sulit untuk bisa mendekati tumbuhan itu. Melalui pengamatannya, ia menyimpulkan bahwa tumbuhan itu memiliki kemampuan hisap yang luar biasa dan itu memang cara bagaimana tumbuhan itu makan.

Dunstan melaporkan:
“Kekuatan hisap tumbuhan ini terletak pada sejumlah mulutnya yang sangat kecil, yang biasanya tertutup dan hanya terbuka saat mendapatkan mangsa. Jika mangsanya adalah binatang, darah akan dihisap dalam waktu yang singkat, dan setelah mangsa menjadi bangkai maka kemudian mangsa dibuang.”

Identik dengan laporan Dunstan, salah satu laporan pertama mengenai tumbuhan merambat penghisap darah yang berasal dari Dr. Andrew Wilson. Seperti dimuat di Illustrated London News, Wilson juga menggambarkan tumbuhan itu memiliki sifat “rakus dan tak terpuaskan akan darah”(bams-22)


New Zealand Herald, Volume XXVIII, Issue 8748, 12 December 1891, Page 2

Sumber: mysteriousuniverse.org, examiner.com, en.wikipedia.org

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Galeri | Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s