Fenomena The Thing Di Warminster, dari tahun 1960-an Hingga Hari Ini


The Warminster Thing
-1960’s-This Day
-Warminster, Wiltshire, UK

Pada pertengahan tahun 1960-an, kota Wiltshire yang sunyi menjadi episentrum fenomena penampakan UFO. Warminster, di West Wiltshire, dikenal secara global atas sesuatu yang penuh teka-teki, sesuatu yang disebut “The Thing”.

The Thing mempunyai banyak bentuk oleh mereka yang mengaku telah melihatnya antara tahun 1965 dan 1977.

Penampakan pertama dari The Thing adalah saat pagi di hari Natal tahun 1964, ketika itu penduduk Warminster mendengar suara-suara keras yang tak dikenal. Suara-suara aneh itu digambarkan seperti suara ranting atau daun yang ditarik-tarik di atap rumah, atau seperti suara cerobong asap yang menerjang ke tanah, atau seperti suara genteng yang berjatuhan mengguncang tanah sekitar.

Suara-suara itu didengar oleh sebanyak tiga puluh orang saksi. Mungkin yang paling aneh adalah apa yang disaksikan pada jam 6:12 pagi itu oleh Mrs. Marjorie Bye, yang saat itu sedang berjalan menuju layanan Perjamuan Kudus di Gereja Kristus Warminster. Saat ia mendekati gereja, udara disekitarnya penuh dengan suara-suara aneh yang mengganggunya dan membuatnya merasa lemah dan tidak bisa bergerak.

Fenomena suara-suara aneh itu telah dilaporkan di koran lokal, Warminster Journal. Seorang wartawan setempat, Arthur Shuttlewood punya andil besar dalam membuat berita fenomena ini secara nasional.



Arthur Shuttlewood

Fenomena suara-suara aneh terus terjadi hingga juni 1966. Tercatat sekitar sembilan kasus suara tak terjelaskan di buku Warminster Mystery tulisan Shuttlewood yang mana hanya ada fenomena suara yang tidak biasa. Selama waktu ini “suara” fenomena mulai surut dan berganti fenomena visual yang akhirnya menjadi elemen yang paling penting dari fenomena Warminster; The Warminster Thing menjadi Fenomena UFO.

Dalam satu tahun, tercatat ada lebih dari 1000 penampakan Objek terbang tak dikenal. Objek-objek asing terus terlihat secara berkesinambungan antara tahun 1965 dan 1977, dan dalam banyak hal membentuk bab kunci dari tahun 1960-an.

Di bulan-bulan awal tahun 1965, tidak ada penampakan UFO yang terlihat. Penampakan UFO pertama yang tercatat di Warminster Mystery terjadi pada 19 Mei 1965, ketika tiga kali selama satu minggu, saksi melihat Objek-Objek asing di langit. UFO berbentuk cerutu yang tanpa suara, diam menggantung di langit, dengan cahaya terang berkedip-kedip, dan secara bertahap memudar saat saksi menyaksikannya.

Pada tanggal 3 Juni 1965, sebuah objek berbentuk cerutu yang bersinar terang disaksikan oleh satu keluarga di Heytesbury, sebuah desa dekat Warminster. UFO bergerak di atas selatan Warminster selama hampir setengah jam. UFO juga diamati oleh dua warga Warminster lainnya, juga oleh tujuh belas orang yang sedang berenang dan atau memancing di Shearwater, sebuah danau di dekat Warminster.

Meskipun penampakan UFO telah dimulai, tapi suara aneh masih terus terdengar, dan pada tanggal 10 Agustus 1965 hubungan antara UFO dan suara aneh tampaknya mulai terkonfirmasi. Pada pukul 03:45 pagi, seorang wanita setempat terbangun oleh suara dengung mengerikan. Ketika dia melihat keluar dari jendela kamar tidurnya dia melihat sebuah Objek benderang seperti bintang berukuran besar. Objek ini tetap terlihat selama beberapa 25 menit, kemudian mulai berkedip; kebisingan akhirnya berhenti, dan objek menghilang dari pandangan.

Sebuah pertemuan publik diadakan di kota wiltshire pada Agustus 1965 di mana topik mengenai UFO dibahas. Pertemuan itu diliput televisi dan dilaporkan di koran lokal dan nasional. Liputan media menyebabkan serangan rasa penasaran orang-orang selama liburan akhir pekan. Kepentingan umum dalam fenomena Warminster selanjutnya terusik oleh publikasi, di Daily Mirror, sebuah foto dari UFO, diambil pada siang hari di atas kota oleh Gordon Faulkner pada akhir Agustus.

Ketertarikan pada Warminster Thing telah menjadi perhatian nasional, dan kemudian menjadi internasional. Pakar UFO dan para Skywatcher berbondong-bondong menuju Warminster. UFO terus terlihat sepanjang dekade berikutnya. zaman keemasan massa Skywatch terjadi di pertengahan 1960-an, dan terus berlanjut sampai pertengahan 1970-an. Cradle Hill menjadi pusat kegiatan skywatching, tapi Starr Hill dan Cley Hill juga populer di kalangan para skywatcher.

Reputasi Warminster sebagai hotspot UFO berkurang menjelang akhir tahun 1970-an, meskipun masih ada UFO yang terus dilaporkan di daerah itu. Pada 1980-an perkembangan fenomena Crop Circles di Wiltshire menghidupkan kembali minat sehubungan UFO Warminster ini.

Dengan adanya markas tentara di dekat Salisbury Plain, Warminster terkenal juga sebagai sebuah kota militer. Hal ini melahirkan teori dari para skeptis bahwa yang dianggap banyak orang sebagai pengunjung dari luar angkasa adalah hanya sebuah pesawat militer.

Tapi para penggemar UFO mengabaikan teori ini dan mempercayai bahwa adanya markas militer di Waminster adalah salah satu alasan kota ini dipilih untuk dikunjungi UFO.

Apapun alasan kedatangan The Thing, telah pasti menempatkan Warminster pada peta kunjungannya. Meskipun hanya ada sedikit penampakan dalam beberapa tahun terakhir ini, Warminster masih dilihat oleh banyak orang sebagai kota yang identik dengan UFO.(bams-22)

Sumber:
UFO casebook dan Wikipedia

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s