Penampakan UFO Jimmy Carter (1969)


JIMMY CARTER UFO EXPERIENCE
-January 6, 1969
-Leary, Georgia, US

Jimmy Carter adalah salah satu dari dua Presiden AS yang telah melaporkan melihat UFO sebelum dia menjadi Presiden. Dalam berbagai kesaksian dari penampakan UFO selama beberapa tahun, ada banyak laporan tentang penampakan objek asing yang dilaporkan oleh Carter yang telah dicatat secara tidak benar. Kemudian, laporan tersebut telah dievaluasi kembali dengan melakukan penyelidikan lebih seksama untuk memperoleh laporan yang valid.

Kesalahan pertama yang dibuat dalam rekaman penampakan UFO yang dilaporkan oleh Carter adalah terkait dengan tanggal terjadinya penampakan. Penampakan ini pertama kali dilaporkan oleh gubernur Jimmy Carter pada tanggal 18 September1973, berdasarkan permintaan dari Hayden C.Hewes, direktur Biro International UFO.

Carter pernah melaporkan melihat UFO pada bulan Oktober 1969, penelitian kemudian menunjukkan bahwa tanggal yang sebenarnya lebih mungkin terjadi pada tanggal 6 Januari 1969. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sebenarnya Carter menyebutkan tahun1973.

Kesalahan kedua adalah bahwa kesaksian yang disampaikan oleh Carter pada penampakan UFO tahun 1969, adalah bahwa saat Carter sebelum menjadi gubernur Georgia pada saat melihat penampakan tersebut. Carter terpilih sebagai gubernur Giorgia ke-76 adalah pada 12 Januari 1971.

Berikut ini kesaksian Carter tentang penampakan UFO yang pernah dilihatnya;

Penampakan dimulai tak lama setelah gelap pada malam yang sedikit berangin. Saat itu Jimmy Carter sedang berdiri di luar Lion Club di Leary, Georgia, untuk menunggu sebuah pertemuan dimulai. Tiba-tiba, Carter dan sekitar sepuluh orang saksi, melihat sebuah bola merah dan hijau terlihat di langit sebelah barat.

Carter menggambarkannya sebagai sebuah objek yang “tampaknya bergerak ke arah mereka dari kejauhan, berhenti, pindah kemudian sebagian lainnya pergi, kemudian terlihat kembali lagi dengan cahaya kebiruan pada awalnya. Kemudian menjadi bercahaya kemerahan dan tidak solid”


Halaman 1, Laporan tulisan tangan asli yang dibuat oleh Gubernur Georgia, Jimmy Carter pada tahun 1973 (Credit: Grant Cameron, PresidentialUFO.com)

Carter menambahakan “Kadang-kadang, cahaya itu seterang bulan, dan berukuran sebesar bulan, mungkin juga sedikit lebih kecil, pada intinya objek tersebut bercahaya..Tidak solid.”

Dalam sebuah wawancara dengan Konstitusi Atlanta, Carter menggambarkan objek tersebut bergerak saat peristiwa tersebut terjadi. Dia menggambarkan penampakan itu sebagai sebuah “pemandangan yang sangat luar biasa.”

Ini adalah peristiwa penting, karena banyak dari penyelidikan skeptis yang dilakukan pada penampakan yang dilaporkan oleh Carter, telah menyebut kejadian ini sebagai ho-hum atau membosankan.Tak satu pun dari deskripsi Carter telah membuat peristiwa yang pernah digambarkannya sebagai ho-hum.

Ibu Jimmy Carter, Lillian juga menegaskan bahwa Carter telah sangat terkesan dengan apa yang telah dilihatnya. “UFO telah membuat kesan yang begitu besar pada diri Jimmy,” katanya.

“Dia mengatakan kepada saya tentang penampakan UFO berkali-kali. Dia selalu menjadi anak yang down-to-earth tanpa basa-basi dari penampakan yang dialaminya, saya mengkhawatirkannya seperti sebuah perusahaan menyimpan uangnya di bank.”

Carter telah menggambarkan penampakan UFO secara berkali-kali sejak kejadian itu. Dia juga menyampaikan apa yang dilihatnya di Emory University pada tahun 1997, dia juga tidak pernah mengakui bahwa apa yang dilihatnya merupakan kesalahan identifikasi dari sebuah fenomena alam.

Carter memperkirakan bahwa objek itu berada sekitar 300-1.000 meter jauhnya dari tempatnya berdiri. Dia memperkirakan kejadian itu berlangsung selama sekitar 10 menit. Kemudian objek menghilang. Carter sangat terkesan dengan apa yang dilihatnya,ia juga merekam kesan-kesannya pada tape recorder pada saat itu.

Apa yang disampaikan oleh Carter menyebabkan pada tahun-tahun berikutnya terjadi banyak diskusi yang membahas tentang UFO. Penggemar UFO skeptis, seperti Robert Sheaffer, berusaha untuk menjelaskan penampakan Jimmy Carter adalah salah, dengan menyatakan bahwa Carter telah melihat planet Venus. Sheaffer menuliskan tentang perkiraan obyek yang sama seperti yang dilihat oleh Carter dan beberapa orang temannya pada bulan Juli 1977.

Pengamat lainnya melangkah maju dengan cepat untuk menentang klaim Shaeffer.Tanggapan Sheaffer terhadap tantangan ini akhirnya memberikan penjelasannya yang semula sebagai Venus beralih kepada sesuatu yang aneh. Misalnya,Sheaffer berpendapat peneliti UFO membuat kesimpulan yang salah karena mereka mengandalkan kesaksian saksi mata, dan kesaksian saksi mata tidak dapat diandalkan.

Sheaffer menambahkan, “kebenaran analisis tidak dapat diandalkan jika hanya berdasar kesaksian saksi mata manusia.”

Namun Sheaffer, dalam analisisnya sendiri terhadap kasus ini, telah menggunakan kesaksian saksi mata untuk mencapai target seratus persen dari data yang ia kumpulkan untuk sampai pada kesimpulan tentang Venusnya.


Halaman 2, Laporan tulisan tangan asli yang dibuat oleh Gubernur Georgia Jimmy Carter pada tahun 1973 (Credit: Grant Cameron, PresidentialUFO.com)

Pada akhirnya, adalah sesuatu yang benar untuk menyimpulkan bahwa objek itu bukanlah Venus, tidak peduli seberapa buruk keterangan saksimata. Sebuah bukti akan menunjukkan bahwa:

–Venus berada di langit barat daya pada tanggal 6 Januari1969, bukan di sebelah barat seperti yang diklaim oleh Sheaffer.
–Carter menggambarkan objek sebagai benda dengan ukuran bulan atau “sedikit lebih kecil dari bulan.” semua orang tahu bahwa Venus tidak pernah muncul dengan ukuran sebesar bulan.
–Venus pada saat itu berada diantara 15 dan 21 derajat di atas cakrawala pada pukul 07:15, seorang pengamat menyatakan benda itu 30 derajat di atas cakrawala,atau hampir dua kali lipat ketinggian Venus pada saat itu.
–Sheaffer menggambarkan Venus sebagai “objek terang” pada tanggal yang sama. Itu semakin menunjukkan bahwa ia sama sekali tidak cerdas.
–Para saksi menyatakan bahwa objek menghilang setelah 10 menit atau pada pukul 07:25. Venus, pada malam tersebut,terlihat dilangit yang cerah sampai pukul 09:20. Maka, masih akan terlihat selama 115 menit setelah saksi mengklaim telah menghilang di langit yang cerah. Selama 115 menit planet Venus akan semakin cerah saat mendekati cakrawala dan Venus tidak hilang 10 menit kemudian.

Terlepas dari apa yang dilihat oleh Carter pada malam yang dingin pada tahun 1969, itu sangat mengesankannya. Ia menceritakan tentang penampakan tersebut kepada banyak orang termasuk Sekretaris Pers-nya, JodyPowell.

Saat ditanya tentang penampakan UFO yang dilihat oleh Carter, Powell mengatakan,”Saya ingat Jimmy mengatakan bahwa pada kenyataannya, dia melihat cahaya aneh atau objek pada malam tersebut di langit yang bukan merupakan bintang atau planet atau apapun yang dia dapat untuk menjelaskannya. Jika itu adalah definisi Anda tentang sebuah Unidentified Flying Object, maka saya kira itu benar…saya berani untuk mengatakan bahwa mungkin dia telah melihat makhluk asing selama dia jadi presiden.”

Bertahun-tahun setelah dia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, ketika ditanya tentang penampakan oleh warga,Carter selalu tetap menjelaskan secara rinci tentang peristiwa yang pernah ia saksikan.Seperti pada tanggal 24 September 1997,saat Carter berpidato pada rapat Emory Town Hall yang merupakan rapat 16 tahunan di Atlanta. Ketika sesi tanya jawab dimulai, pertanyaan pertama yang disampaikan padanya adalah tentang penampakan UFO yang telah dialami oleh Carter pada 28 tahun yang lalu.

Saat ia memiliki begitu banyak kesempatan,Carter menjelaskan secara rinci tentang apa yang telah dilihatnya. Dalam sebuah kesimpulan dia menyatakan bahwa, “he knew of no extraterrestrials and he did “not think any were on the UFO he saw..”

Pada saat menghadiri Southern Governor Conference beberapa tahun setelah dia menyaksikan penampakan UFO, Carter menyatakan, “Saya tidak lagi menertawakan orang ketika mereka mengatakan bahwa mereka telah melihat UFO. Aku pernah melihat satu dari itu. Itu adalah peristiwa menakjubkan yang pernah saya lihat, besar, cerah, berubah warna dan objek itu seukuran bulan.”

Pada tahun 1975, Carter menyebutkan lagi tentang UFO pada saat berkampanye untuk pencalonan Presiden. Dia mengatakan kepada wartawan Washington Post, “Benda terang tersebut muncul dan menghilang di langit kemudian menjadi terang dan cerah.: Aku tidak tahu apa itu.. Saya pikir cahaya itu memanggilku untuk menjalankan primer California.”

Pada bulan Juni 1976, Jimmy Carter seperti dikutip oleh National Enquirer, Carter pernah menjanjikan, “Jika saya menjadi Presiden, saya akan membuat setiap informasi di negara ini memiliki informasi tentang penampakan UFO yang tersedia untuk umum dan para ilmuwan. Saya yakin bahwa UFO itu ada, karena saya telah melihat salah satunya.”(bams/bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s