Wabah tawa di Tanzania Tahun 1962: Misteri Terjangkitnya Penyakit Tertawa Tanpa Henti Yang Memakan 1000 Orang Korban

supernatural freak.jpg

tanganyika

Wabah Tawa Tanganyika (The Tanganyika Laughter Epidemic of 1962) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu peristiwa misterius yang terjadi pada tahun 1962 di desa Kashasha, pantai barat danau Victoria, Tanzania yang dahulu di kenal sebagai Tanganyika.

tanganyika

Peristiwa tersebut berhubungan dengan tertawa yang tidak dapat berhenti atau terkontrol. Dimana penderita menjadi tertawa secara tak terkendali selama berjam-jem bahkan sampai mencapai hitungan hari. Tawa tak terkendali ini bukan hanya terjadi pada seseorang saja, tetapi juga menular pada orang di sekitarnya. Karena itu peristiwa ini kemudian di sebut wabah tawa tanganyika.

Wabah tawa tanganyika bermula di sebuah asrama mahasiswa pada 30 January 1962. Wabah tawa mula-mula menjangkiti 3 orang siswi yang kemudian menyebar kepada 95 hingga 159 siswa lainnya yang berusia antara 12 hingga 19 tahun. Wabah tawa itu berjangkit selama berjam-jam hingga 16 hari.

Untungnya para staf sekolah dan guru tidak ada yang terjangkit. Namun begitu, wabah tawa tersebut telah membuat kosentrasi belajar terganggu sehingga pihak sekolah akhirnya memutuskan untuk menutup sekolah pada 18 maret 1962.

Sayangnya, wabah tawa tangayika tidak berhenti di situ saja. Para korban tawa tanganyika yang dipulangkan ternyata membawa wabah tersebut bersama mereka dan menulari sanak saudara, handai tolan, keluarga dan penduduk desa. Hingga menulari sekolah-sekolah lainnya. Sehingga penyebaran wabah tawa tanganyika makin meluas dan memakan banyak korban.

Baru setelah enam hingga delapan bulan sejak wabah itu muncul, fenomena itu pun menghilang. Tapi symptom yang di tinggalkannya cukup membuat para korban wabah tawa tanganyika menderita.

Symptom yang disebabkan wabah tawa tanganyika antara lain adalah pingsan, kesakitan, sesak nafas, gatal-gatal hingga histeris.

Selama wabah tawa tanganyika itu melanda, kira-kira 14 sekolah di tutup dan 1000 orang menjadi korbannya.

Hingga kini tidak di ketahui apa penyebabnya. Dan misteri wabah tawa tanganyika belum terpecahkan sepenuhnya.

Kejadian detail tentang wabah tawa tanganyika ini di temukan dalam sebuah journal kesehatan di Central African journal of Medicine yang terbit tahun 1963.(bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Supernatural Freak dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s