The Jindo Moses Miracle: Fenomena Laut Terbelah Di Korea Selatan

paranatural.jpg
Bamssatria22.wordpress.com
the-jindo-moses-miracle-header-001.jpg

Sebuah fenomena pasang surut air laut yg terjadi dua tahun sekali di Korea Selatan dianggap seperti terbelahnya lautan oleh Musa as. Dan oleh karena itu dinamakan Moses Miracle.

Tapi memang sepintas menakjubkan melihat betapa ketika air laut surut, maka muncullah sebuah jalan baru yg panjangnya 2,8 Km dan lebar 40 m yg menghubungkan antara pulau Jindo dan pulau Modo .

Setiap peristiwa ini datang dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu, sebuah festival diadakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk menyambut datangnya fenomena ini. Jindo sea Parting Road Festival (Yeongdeung Festival) , dimana semua wisatawan baik lokal maupun asing bisa berpartisipasi meramaikan festival ini. Mulai acara jalan bersama di sepanjang jalan moses miracle ini, menikmati sunset dari ‘tengah’ laut, sampai menikmati aneka lagu, tarian dan permainan tradisional korea.

the-jindo-moses-miracle-5-320.jpg
9.jpg
moses_miracle_10.jpg
moses_miracle_04.jpg
moses_miracle_02.jpg
20090212153008_9177_47316.jpg

Namun fenomena ini baru dikenal oleh dunia ketika seorang duta besar perancis untuk Korea, Mr. Pierre Randi yang mengunjungi 2 pulau ini menulisnya di surat kabar perancis tahun 1975.

Legenda dibalik fenomena ini sebagai berikut:
Menurut kepercayaan masyarakat Korea Selatan, fenomena ini terjadi karena ada segerombolan harimau yang datang merusak pulau Jindo, pulau terbesar ketiga di daratan Korea. Semua rakyat takut dan meninggalkan pulau Jindo menuju pulau Modo dengan perahu-perahu mereka untuk mencari keselamatan. Seorang wanita tua bernama Bbong tertinggal sendirian di pulau itu. Di tengah ke-putus asa-annya, setiap hari Bbong berdoa pada Yong Wang , kaisar naga dalam mitologi Korea Selatan yang menguasai laut Korea untuk mengembalikan keluarga dan teman-temannya. Akhirnya dewa Yong Wang mengabulkan permohonan Bbong dan membelah laut menjadi dua sehingga membuat jalan yang menghubungkan pulau Jindo dan Modo. Dan peristiwa itu terjadi setiap tahun di musim semi.(bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s