Penampakan UFO Di Pulau Trindade (1958)

alien encounters.jpg

trindade-001.jpg

TRINDADE ISLAND’S UFO
16 January 1958 12:00
Trindade Island, Espírito Santo, Brazil

bamssatria22.wordpress.com

Trindade Island’s UFO mengacu pada sebuah Objek terbang tak dikenal yang terlihat dan berhasil diambil fotonya di atas Pulau Trindade pada tanggal 16 Januari 1958.

CERITA

Pada tanggal 16 Januari 1958 pukul 12 siang, kapal Brasil Almirante Saldanha, yang ikut ambil bagian dalam proyek-proyek dari International Geophysical Year, sedang bersiap untuk berlayar jauh dari Ilha de Trindade, di lepas pantai negara bagian Espírito Santo.

Di antara para awak kapal, ada seorang anggota dari Angkatan Udara Brasil, Kapten José Teobaldo Viegas , fotografer kapal selam Almiro Baraúna, beberapa ilmuwan dan sekelompok penjelajah yang sangat terlatih.

Saat itu, Kapten Viegas tengah berada di geladak dengan beberapa ilmuwan dan para awak kapal ketika ia tiba-tiba melihat sebuah Objek terbang, yang memiliki “cincin” di sekitarnya, seperti Saturnus. Saksi yang ada di situ juga melaporkan melihat UFO pada waktu yang sama.

Objek itu dilaporkan datang menuju pulau dari arah timur, terbang menuju “Pico Desejado” (Wished Peak) , lalu memutar dengan tiba-tiba dan terbang dengan sangat cepat ke arah barat laut.

Segera setelah Objek tersebut terlihat, Almiro Baraúna berusaha untuk mengabadikannya. Setelah mengambil kamera dan naik ke perempat dek, ia berhasil mengambil beberapa gambar dari Objek itu.

Setelah diungkapkan, foto-foto itu secara mendalam dianalisis oleh Laboratório de Reconhecimento Aéreo da Marinha (Brazilian Navy’s Aerial Reconnaissance Laboratory) dan oleh Serviço Aerofotogramétrico Cruzeiro do Sul. Semua foto-foto itu dianggap asli, diambil dari kejadian nyata, dengan sertifikasi personil militer. Foto-foto itu bahkan menerima konfirmasi dari Juscelino Kubitschek, presiden Brazil pada waktu itu.

barauna1-001.jpg
barauna2-001.jpg

Sampai hari ini, karena sertifikasi para saksi dan pengakuan resmi, Objek dalam foto Almiro Baraúna itu tetap tidak terjelaskan.

TESTIMONIAL BARAUNA

Pada tahun 2010, sebuah dokumen yang berisi testimonial oleh Baraúna diresmikan:

“Pada tanggal 16 Januari 1958, kapal pelatihan Angkatan Laut “Almirante Saldanha” berlabuh di teluk di Trindade Island, sekitar delapan ratus mil di lepas pantai Espírito Santo. Saat itu sekitar pukul 11.00 WIB, langit cerah dan kru sedang bersiap-siap untuk kembali ke Rio de Janeiro ketika tiba-tiba sekelompok orang di buritan, di antaranya pensiunan Força Aérea Brasileira Kapten penerbang José Viegas, memberitahu semua orang.

Seketika, semua orang yang berada di geladak (sekitar lima puluh orang) mulai melihat Objek silver aneh berbentuk piring terbang di atas laut menuju arah pulau. Objeke tersebut tidak mengeluarkan suara apapun, mengkilap dan kadang-kadang bergerak cepat, lalu perlahan-lahan, dan sedikit ke bawah dan ketika itu dipercepat, meninggalkan jejak berpendar putih yang akan segera hilang.

Obyek tersebut lalu menghilang di balik Puncak Desejado dan muncul kembali dari arah yang sama, berhenti untuk beberapa detik dan kemudian menghilang dengan kecepatan tinggi di cakrawala. Ketika objek itu kembali, saya bisa mengambil enam gambar, dua di antaranya hilang karena kebingungan di dek, dan empat lainnya menunjukkan objek di cakrawala, dalam urutan yang wajar, mendekati pulau dari sisi gunung, dan akhirnya objek itu menghilang. Saya mengambil film dari kamera saya dua puluh menit kemudian atas permintaan komandan, yang ingin tahu apakah gambar memiliki kualitas yang baik.

trinmap1.jpg

Hampir seluruh awak kapal melihat filmnya dan mereka sepakat dalam laporan mereka kepada Secret Service dari Angkatan Laut Brasil. Berikut Ini adalah para awak kapalnya:

Kepala kapal Amilar Vieira Filho.
Wakil Kepala: pensiunan Força Aérea Brasileira, kapten penerbang-José Viegas.
Penyelam: Aluizio dan Mauro.
Fotografer: Almiro Baraúna.

trindade1.jpg

Kelompok di atas adalah bagian dari kelompok penangkap ikan dari Icarai . Di antara kelima anggota, hanya Mauro dan Aluizio saja yang tidak melihat objek karena mereka berada di dapur kapal dan ketika mereka berlari untuk melihatnya, objek sudah menghilang.

Menurut rumor yang saya dengar di dek, peralatan elektronik kapal berhenti bekerja selama penampakan objek, apa yang bisa saya konfirmasi adalah bahwa setelah kapal meninggalkan pulau, peralatan tidak berfungsi tiga kali dan para teknisi tidak memiliki penjelasan yang masuk akal atas apa yang terjadi. Setiap kali kapal berhenti, lampu meredup perlahan-lahan hingga akhirnya mati sama sekali. Ketika hal ini terjadi, para pejabat kapal akan berjalan ke geladak dengan teropong mereka, bagaimanapun, langit mendung dan mereka tidak bisa melihat apa-apa.

Saya harus mengatakan bahwa jika wartawan dari surat kabar Correio da Manhã tidak cukup cerdas untuk mengambil salinan foto yang ditawarkan ke Presiden Juscelino Kubitscheck , mungkin tidak ada yang akan pernah menyadari jika gambar ini karena Angkatan Laut telah “menandai” saya, menanyakan berapa banyak uang yang aku ingin untuk tidak mempublikasikan foto saya.

Saya ingin menjelaskan bahwa setiap pejabat yang saya kenal selama periode interogasi cukup menyenangkan menurut saya, saya merasa benar-benar nyaman dan mereka tidak memaksakan keberatan apapun yang mungkin membuka selubung kasus ini. mereka hanya menyebutkan bahwa sifat sensasional kasus ini dapat menyebabkan kepanikan di antara penduduk dan itulah alasan Angkatan Udara Brasil ingin menghindari publikasi kasus tersebut ”

KONTROVERSI

Peneliti lain dari kasus ini mempertanyakan perihal keaslian foto barauna. Project Blue Book menyimpulkan bahwa foto-fotonya adalah hoax. Kredibilitas Barauna sendiri telah dipertanyakan. Dia telah menghasilkan foto hoax di masa lalu dan telah menulis sebuah artikel yang menunjukkan bagaimana sebuah foto UFO terkenal yang diambil beberapa tahun sebelumnya bisa saja hoax. Juga, Barauna memiliki negatifnya selama dua hari sebelum Angkatan Laut Brasil mengambil negatifnya untuk bahan investigasi mereka. Juga, Angkatan Laut Brazil tidak mendapatkan pernyataan dari saksi-saksi segera setelah peristiwa tersebut. Oleh karena itu, jumlah saksi yang sebenarnya tidak diketahui dengan pasti.

Pada bulan Agustus 2010, sebuah acara TV terkenal di Brazil juga menayangkan sebuah informasi yang menyatakan bahwa fotografer aslinya telah membuat “tipuan” foto-foto itu di masa lalu. Sampai saat ini, keaslian foto itu masih merupakan misteri. (bs-22)

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s