Kasus Penampakan UFO Kapten Sperry (1958)

alien encounters.jpg

ufo-plane-001.jpg

SPERRY UFO CASE
29 May 1950 21:30
Mount Vernon, Maryland, US
Bamssatria22.wordpress.com

Sperry UFO Case adalah sebuah peristiwa penampakan UFO oleh kapten Willis Sperry beserta kru pesawat DC-6 dari American Airlines yang tengah terbang di dekat Mount Vernon, Maryland pada tanggal 29 Mei 1950.

capt. willis t. sperry, american airlines.jpg
Capt. Willis

Paparan media atas kasus ini telah membangun sebuah persepsi populer UFO yang dilaporkan oleh saksi “kredibel”, yakni seorang pilot pesawat. Sperry diwawancarai oleh beberapa surat kabar dan kemudian ditampilkan pada tahun 1956 dalam film semi-dokumenter karya Clarence Greene ,Unidentified Flying Objects: The true story of flying saucers.

PENAMPAKAN

Pesawat Kapten Willis T. Sperry telah meninggalkan Washington Airport pada pukul 21:10 malam waktu setempat dalam sebuah penerbangan menuju Nashville dan saat berada di ketinggian 20.000 kaki, kondisi cuaca terang dengan bulan purnama di sekitar 25° di atas cakrawala.

Sekitar pukul 21:30, 7 mil di sebelah barat Mount Vernon, Kopilot Bill Gates memperingatkan Sperry atas munculnya cahaya cerah kebiruan di depan mereka dan ukuran semakin terlihat membesar. Dalam sebuah surat kepada majalah Flying beberapa bulan kemudian, Sperry menjelaskan cahaya itu sebagai, “sebuah cahaya cemerlang yang menyebar, cahaya kebiruan yang berpendar.. 25 kali ukuran dari bintang paling terang”. Untuk mencegah kemungkinan tabrakan, Sperry membelokkan pesawat dan mengubah arah 45° ke kanan. Cahaya itu tampak berhenti sebelum akhirnya mengubah arah hingga sejajar di sebelah kiri pesawat Sperry.

Kemudian, cahaya itu dengan sangat singkat melewati antara pesawat dan bagian atas bulan, memperlihatkan sebuah Objek dengan siluet panjang (mirip bentuk kapal selam) tanpa sayap atau ekor seperti pesawat terbang pada umumnya. Dalam suratnya tahun 1950, Sperry menyatakan bahwa cahaya biru berasal dari depan Objek, yang juga dilihat oleh kopilot dan oleh insinyur penerbangan Robert Arnholt .

dr james e. mcdonald and willis t. sperry.gif

Saat Objek itu muncul melintas di sayap kiri pesawatnya, Sperry lalu membelok meninggalkan Objek itu dan melanjutkan tujuan mereka ke arah Nashville, tapi Gates melihat cahaya lagi melalui jendela kanan pesawatnya, seolah-olah Objek itu berputar-putar di belakang mereka. Cahaya itu kemudian meninggalkan pesawat menuju kearah timur, dan diamati lagi oleh Sperry bahwa Objek itu pergi ke arah Atlantik . Sperry memperkirakan total waktu pengamatan sekitar satu menit, selama waktu pengamatan, cahaya itu tampaknya benar-benar diam berhenti di langit setidaknya dua kali.

Sperry melaporkan pengamatannya ke menara kontrol Washington, tetapi mereka tidak mengamati apa-apa pada radar. Dia juga berbicara kepada para penumpangnya, menyatakan bahwa satu orang telah melihat sebuah “cahaya yang sangat terang melewati sisi kiri pesawat”.

WAWANCARA

Selain wawancara surat kabar seketika setelah terjadinya penampakan, pers yang telah diberitahu oleh staf menara kontrol, dan penampilannya di film tahun 1956 (di mana kasus ini ditampilkan bersama Mantell Incident, Gorman Dogfight Incident and lainnya yang dianggap tidak terjelaskan pada saat itu), Sperry juga diwawancarai oleh KABC-TV pada tahun 1964. Dia dan Arnholt kemudian juga diwawancarai oleh tokoh ufologist Dr James E. McDonald pada tahun 1968.

Sperry kemudian mengetahui bahwa Hank Myers, yang kemudian menjadi pilot pesawat Presiden Harry S. Truman , telah mengemudikan pesawat Washington antara Nashville dan Knoxville pada malam yang sama, dan telah menyaksikan sebuah meteor terang yang jatuh ke arah timur dari puncak, yang kemudian bergerak secara horizontal selama beberapa detik. Sperry membandingkan masa dan posisi relatif pesawatnya dengan Myers, Sperry merasa bahwa ini mungkin adalah fenomena atau Objek yang sama dengan yang ia lihat.

Baik Sperry maupun kopilotnya, Gates bagaimanapun telah dengan tegas mengesampingkan kemungkinan fenomena yang mereka lihat sebagai meteor, karena gerakannya yang tidak seperti gerakan meteor dan bentuknya yang mirip sebuah kapal selam. (bs-22)

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s