Penampakan UFO McMinnville (1950)

alien encounters.jpg

oregnmay1950-001.jpg

McMINNVILLE UFO PHOTOGRAPHS
11 May 1950 19:30
McMinnville, Oregon, USA

bamssatria22.wordpress.com

McMinnville UFO photographs diambil di sebuah peternakan di dekat McMinnville, Oregon, pada tahun 1950. Foto tersebut dicetak ulang di majalah Life dan di koran-koran di seluruh negara, dan sering dianggap sebagai salah satu foto UFO paling terkenal yang pernah diambil.

Pada pukul 19:30 di malam tanggal 11 Mei 1950, Evelyn Trent sedang berjalan kembali ke rumahnya setelah memberi makan kelinci di peternakannya. Nyonya Trent dan suaminya, Paul tinggal di sebuah peternakan di sekitar sembilan kilometer dari McMinnville (dekat Sheridan, Oregon).

paultrent.jpg
Paul Trent

Sebelum sampai di rumahnya, ia mengaku melihat “sebuah Objek metalik berbentuk piringan terbang perlahan menuju ke arahnya dari timur laut.” Dia berteriak pada suaminya, Paul Trent yang saat itu tengah berada di dalam rumah, yang setelah keluar dari rumah ia mengklaim juga melihat objek itu.

Dalam waktu singkat ia masuk kembali ke dalam rumah mereka dan mengambil kamera, ia berhasil mengambil dua foto sebelum akhirnya objek itu melesat pergi ke arah barat. Ayah Paul Trent juga mengklaim bahwa ia sempat melihatnya sebelum akhirnya objek itu terbang menjauh.

PUBLISIKASI DAN INVESTIGASI

Butuh beberapa waktu untuk Paul Trent memproses filmnya, dan ia tampaknya berusaha untuk tidak segera mempublikasikannya setelah insiden tersebut. Ia menceritakan kejadian tersebut kepada bankirnya, Frank Wortmann , yang menjadi cukup tertarik untuk menampilkan foto Trent di jendela banknya di McMinnville.

Tak lama setelah itu, Bill Powell , seorang wartawan lokal, meyakinkan Paul Trent untuk meminjamkan negatif filmnya. Powell memeriksa negatifnya dan tidak menemukan bukti jika negatif dirusak atau dipalsukan.

Pada tanggal 8 Juni 1950, insiden penampakan beserta dua bukti foto diterbitkan dalam berita halaman depan di surat kabar lokal di McMinnville, Telephone-Register. Judulnya tertulis: “At Long Last—Authentic Photographs Of Flying Saucer” . Kisah dan fotonya kemudian diambil oleh agensi surat kabar International News Service (INS) dan dikirim ke surat kabar lainnya di seluruh negara, sehingga menjadikannya dikenal luas.

1950_06_08_telephoneregister.jpg
trentcartwheel.jpg
mcminnville02.jpg

Majalah Life menerbitkan versi potongan foto pada tanggal 26 Juni 1950, bersama dengan sebuah foto dari Trent beserta kameranya. Trent telah dijanjikan bahwa negatif akan dikembalikan kepada mereka, namun, mereka tidak mengembalikannya. Majalah Life mengatakan kepada Trents bahwa telah kehilangan negatifnya.

Pada tahun 1967, negatif film ditemukan di dalam file-file dari United Press International (UPI), sebuah layanan berita yang telah bergabung dengan INS di tahun sebelumnya. Negatif itu kemudian dipinjamkan kepada Dr.William K. Hartmann , seorang astronom yang bekerja sebagai penyidik ​​di Condon Comitee, sebuah proyek penelitian UFO yang didanai pemerintah yang berbasis di University of Colorado Boulder.

Evelyn dan Paul Trent tidak segera diberitahu bahwa negatif mereka yang “hilang” telah ditemukan. Hartmann mewawancarai suami istri Trent dan terkesan dengan ketulusan mereka. Mereka tak pernah menerima uang atas foto mereka, dan mereka tak mencari ketenaran atau keberuntungan dari foto-foto mereka.

Dalam analisanya, Hartmann menulis surat kepada Condon Comitee bahwa “Ini adalah salah satu dari beberapa laporan UFO di mana semua faktor diselidiki, geometris, psikologis, dan fisik, dan tampaknya konsisten dengan pernyataan bahwa sebuah Objek metalik silver berbentuk piringan berdiameter puluhan meter yang terbang dengan kecepatan luar biasa, yang dilihat oleh dua orang saksi.”

Setelah Hartmann menyimpulkan investigasinya, ia mengembalikan negatifnya kepada UPI . Pada tahun 1970, Trent bertanya pada Philip Bladine, editor dari News-Register (penerus the Telephone-Register), perihal negatif fotonya. Yang mana Trent mengingatkan bahwa mereka tidak pernah membayar negatifnya dan dengan demikian ia ingin negatifnya kembali. Bladine lalu meminta UPI untuk mengembalikan negatifnya, namun untuk beberapa alasan Bladine tak pernah mengatakan kepada Trent bahwa negatifnya telah dikembalikan.

Pada tahun 1975, negatif foto Trent ditemukan di berkas-berkas News-Register oleh Dr.Bruce Maccabee , seorang fisikawan optik di Angkatan Laut AS yang juga seorang ufologist. Maccabee melakukan analisis yang ekstensif mengenai negatif itu dan menyimpulkan bahwa itu bukan hoax dan menunjukkan “Objek fisik yang nyata” di langit di atas peternakan Trent. Ia kemudian memastikan bahwa negatif akhirnya kembali kepada keluarga Trent.

Evelyn Trent meninggal pada tahun 1997 dan Paul Trent pada tahun 1998, mereka berdua bersikeras hingga menjelang kematian mereka bahwa penampakan UFO yang mereka lihat, dan foto-foto yang mereka ambil, adalah asli.

Hingga hari ini, foto-foto UFO McMinnville tetap manjadi yang terbaik diantara foto-foto UFO yang pernah dipublikasikan dalam sejarah UFO, dan menjadi foto yang paling banyak didiskusikan dan diperdebatkan. (bs-22)

timemcminnvile.jpg

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s