Insiden UFO Mariana (1950)

alien experiences.jpg
bamssatria22.wordpress.com
montana-001.jpg

MARIANA UFO INCIDENT
15 Aug 1950 11:25
Great Falls, Montana, US

bamssatria22.wordpress.com

redblue.gif

Mariana UFO Incident terjadi pada bulan Agustus 1950 di Great Falls, Montana. Rekaman film penampakan ini diyakini menjadi rekaman pertama penampakan UFO yang pernah diambil dan diselidiki oleh Angkatan Udara AS.

PERISTIWA

Pada tanggal 15 Agustus 1950 pukul 11:25 siang, Nick Mariana , manager dari tim bisbol liga kecil Great Falls Electrics, beserta sekretarisnya yang berusia sembilan belas tahun itu, Virginia Raunig, sedang memeriksa lapangan bisbol Legiun Stadium yang kosong sebelum pertandingan. Sebuah cahaya kilat terang tertangkap mata Mariana dan, menurut laporan, ia melihat dua buah Objek cerah keperakan, terbang berputar-putar di atas Great Falls pada kecepatan yang diperkirakan 200-400 mil per jam.

Mariana segera berlari ke mobilnya untuk mengambil kamera film 16mm-nya dan berhasil mem-filmkan UFO tersebut selama enam belas detik. Kamera bisa memfilmkan obyek dalam warna, tapi tidak bisa merekam suara. Virginia Raunig juga ikut menyaksikan Objek tak dikenal tersebut.

mariana.jpg
marianaufo.jpg

Sehari setelah penampakan Mariana, surat kabar harian kota Great Falls Tribune , memberitakan peristiwa penampakan dan film mariana dalam sebuah artikel, yang diikuti oleh media-media lainnya. Selama beberapa minggu setelah penampakan, Mariana menunjukkan filmnya kepada kelompok komunitas masyarakat setempat, salah satunya kepada Central Roundtable Athletic Club.

INVESTIGASI ANGKATAN UDARA

Setelah melihat film Mariana, seorang reporter Great Falls Tribune menghubungi Wright-Patterson Air Force Base di Ohio dan memberitahu mereka tentang penampakan UFO yang dilihat Mariana berikut filmnya.

Kapten Angkatan Udara AS, John P. Brynildsen mewawancarai Mariana di dekat Malmstrom AFB di luar wilayah Great Falls. Ketika Mariana dan nona Raunig mengatakan kepadanya bahwa mereka juga telah melihat dua jet tempur melewati stadion bisbol tidak lama setelah penampakan UFO, Brynildsen berpikir bahwa mungkin saja kedua pesawat jet itu adalah Objek yang sama denngn yang dilihat oleh Mariana dan terekam dalam film-nya.

Kemudian, dengan izin Mariana, Kapten John P.Brynildsen mengirim film UFO ke Wright-Patterson AFB untuk diteliti. Dia mengatakan kepada seorang wartawan di Great Falls bahwa ia telah “mengambil sekitar delapan kaki dari film dari Mariana.” Namun, dalam pesannya kepada Wright-Patterson ia mengatakan bahwa ia mengirimkan “kurang lebih lima belas kaki film gambar bergerak” untuk menjadi landasan studi.

Di Wright-Patterson AFB film mariana sempat dipertimbangkan dan lalu ditetapkan penampakan UFO adalah refleksi dari dua pesawat jet F-94 yang diketahui tengah terbang di atas Great Falls pada saat penampakan Mariana.

Letnan Kolonel Ray W. Taylor mengembalikan film kepada Mariana dengan surat pengantar yang menyatakan bahwa “Analis foto kami tidak dapat menemukan sesuatu yang dapat diidentifikasi dari suatu sifat yang tidak biasa”.

Namun, menurut perwira Angkatan Udara Edward J. Ruppelt , yang nantinya menjadi pengawas dari Project Blue Book, proyek angkatan udara dalam hal investigasi misteri UFO pada tahun 1951;

“Di tahun 1950 tidak ada minat [oleh Angkatan Udara] mengenai UFO , jadi setelah melihat cepat, Project Grudge mencatat bahwa penampakan UFO adalah refleksi dari dua pesawat jet F-94 jet yang berada di daerah itu”.

Kontroversi segera muncul ketika Mariana menyatakan bahwa tiga puluh lima frame pertama dari film-nya telah hilang, yang katanya paling jelas menunjukkan UFO sebagai piringan yang berputar. Orang-orang di wilayah Great Falls yang telah menyaksikan film Mariana mendukung klaimnya. Mereka mengklaim bahwa frame yang hilang jelas menunjukkan UFO sebagai Objek piringan metalik yang berputar, dengan “takik atau pita” di sepanjang tepi luar mereka.

Pihak Angkatan Udara membantah tuduhan ini, dan bersikeras bahwa mereka hanya menghapus satu frame film yang rusak dalam analisis yang mereka lakukan. Nyatanya, Kontroversi atas “frame hilang” tidak pernah terselesaikan.

STUDI LANJUTAN

Pada bulan Juli 1952, Kapten Ruppelt mampu meyakinkan Mariana untuk membiarkan Angkatan Udara melihat film ini lagi untuk menganalisa yang lebih rinci. Awalnya Mariana enggan setuju, tetapi setelah pihak Angkatan Udara bersedia menandatangani perjanjian bahwa mereka tidak akan menghapus setiap frame di film-nya, akhirnya ia setuju.

Para analis Film di Wright-Patterson AFB menyimpulkan bahwa Objek-Objek dalam film Mariana bukanlah “burung, balon udara, ataupun meteor”. Kesimpulan awal bahwa Objek-Objek itu hanya refleksi dari pesawat jet F-94 juga dikesampingkan.

Menurut Ruppelt dalam memoarnya: “kedua jet tidak sedang berada dekat dengan tempat di mana kedua UFO berada… kami mempelajari masing-masing cahaya khas-nya dan kedua UFO muncul terlalu tenang untuk menjadi sebuah refleksi dari pesawat jet yang melaju cepat. Kami menarik kesimpulan bahwa Film mariana adalah ‘Tidak Diketahui'”.

Pada bulan Januari 1953, Angkatan Udara dan CIA membentuk sebuah komite ilmuwan terkemuka untuk memeriksa kasus-kasus “terbaik” yang telah dikumpulkan oleh Project Blue Book, dinamakan Robertson Panel , sesuai dengan nama ketuanya, Fisikawan H.P. Robertson. Setelah mereka diperlihatkan Film UFO Mariana, para ilmuwan di Robertson Panel menilai bahwa Objek-Objek di film itu hanyalah “refleksi dari pesawat yang diketahui yang berada di sekitar area”.

ANALISA BAKER

Pada tahun 1954, Greene-Rouse production memutuskan untuk membuat film dokumenter tentang fenomena UFO. Mereka meminta izin dari Nick Mariana perihal hak untuk menggunakan filmnya dalam film dokumenter itu, dan Marianapun setuju. Untuk menganalisis film tersebut, mereka menyewa Robert M.L. Baker, Jr , seorang ilmuwan dan insinyur dari perusahaan pembuat pesawat Douglas Aircraft.

Baker berhasil menyelesaikan analisisnya perihal film Mariana di awal 1956. Dia menyimpulkan bahwa penjelasan bahwa Objel-Objek itu hanya refleksi dari F-94 jet adalah “cukup tegang”. Pada tahun 1968, Baker bersaksi di depan sidang Kongres tentang UFO. Dia berkomentar tentang analisisnya mengenai film Mariana:

“Analisis awal mengesampingkan sebagian fenomena alam. Studi yang lebih rinci menunjukkan bahwa satu-satunya fenomena alam yang tersisa untuk film Utah adalah burung yang sedang terbang, dan untuk film Mariana adalah refleksi cahaya matahari yang mengenai badan pesawat. Setelah sekitar 18 bulan lebih merinci, meskipun tidak terus menerus, studi dengan menggunakan berbagai film mengukur peralatan [sic] di Douglas dan di UCLA, serta analisis dari percobaan fotogrametri, ternyata tak satu pun penjelasan dari hipotesis fenomena alam ini memiliki yang memiliki kelebihan”.

Pada tahun 1969, Baker mempresentasikan sebuah makalah pada panel UFO American Association for the Advancement of Science (AAAS) yang diselenggarakan oleh Thornton Page dan Carl Sagan. Baker membahas film Mariana serta film dan foto-foto UFO lainnya. Baker menyimpulkan bahwa Objek-Objek dalam film Mariana itu itu tidak dapat dikenal (UFO). Dia menekankan pentingnya peningkatan kualitas data fotografi sebelum berspekulasi tentang sifat UFO.

LAPORAN CONDON

Pada tahun 1966, pemerintah AS mendirikan dan mendanai sebuah studi tentang fenomena UFO. Terletak di University of Colorado di Boulder, dan diketuai oleh Dr Edward U. Condon , seorang ahli fisika terkemuka. Para peneliti di komite ini memutuskan untuk men-investigasi ulang Film UFO Mariana.

Komite Condon menugaskan dua orang peneliti untuk mempelajari kasus ini: Dr Roy Craig , seorang fisikawan yang skeptis dengan UFO, dan Dr David Saunders, seorang Psikolog yang telah lama tertarik pada insiden UFO Mariana.

Saunders dan Craig segera menambahkan masalah baru untuk kasus ini, mereka tidak yakin apakah film telah diambil pada 5 Agustus atau 15 Agustus 1950 Setelah mewawancarai Mariana, dua orang peneliti ini sampai pada sebuah kesimpulan yang berbeda mengenai film ini.

Craig tetap skeptis terhadap klaim Mariana bahwa 35 frame telah dihapus dari rekaman: “komentar yang saya anggap paling penting, di mana mantan sekretaris Tuan Mariana berkata kepada saya selama wawancara telepon.. Ketika saya mendesak sebuah informasi atau keyakinan mengenai potongan film yang diambil oleh Angkatan Udara. Yang sangat meragukan dari komentarnya adalah, ‘Apa yang Anda harus ingat mengenai semua ini adalah.. bahwa Nick Mariana adalah seorang promotor’. Komentar dari Raunig tadi cukup untuk menutup pembicaraan kami”.

Dalam memoarnya, Dr.Craig juga menulis bahwa: “Saya tidak ingin membela keyakinan Dr.Saunders bahwa film Mariana adalah bukti kuat bahwa kita memiliki pengunjung Extraterrestrial “.

Bagaimanapun, David Saunders berpikir bahwa film Mariana adalah sebuah kasus yang sangat penting dalam berkas perkara Colorado Project . Terkesan dengan analisis Baker, Saunders curiga dari perselisihan atas frame yang hilang di awal film Mariana. Dia sangat prihatin dengan laporan bahwa tiga detik pertama dari film yang telah hilang jelas memperlihatkan Objek-Objek cakram yang berputar.

Dr.David Saunders sampai pada sebuah kesimpulan bahwa film Mariana “adalah salah satu penampakan di sepanjang waktu yang tidak lebih dari kasus tunggal lainnya yang meyakinkan saya bahwa ada sesuatu dalam permasalahan UFO”.

HARI INI

Salinan film Mariana saat ini berada di Arsip Nasional AS. Rekaman ini masih sering ditampilkan dalam film dokumenter, program televisi, dan berbagi secara online. Hingga hari ini, film ini terus diperdebatkan. Sejak penampakan Mariana, lebih dari 100 penampakan UFO lainnya telah dibuat di Great Falls, Montana, membuatnya menjadi salah satu lokasi penampakan UFO yang paling aktif di Amerika Utara.

Pada tahun 2008, tim bisbol liga kecil di Great Falls berganti nama menjadi Great Falls Voyagers untuk mengenang insiden UFO Mariana. (bs22)

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s