Fenomena Suara Misterius Quacker Selama Masa Perang Dingin

world unsolved mysteries.jpg

Quacker merupakan suatu kata yang berawal dari suara kodok yaitu “Quack”. Di namakan seperti ini karena suara misterius dari laut “Quacker” terdengar seperti suara kodok. Suara ini banyak dikabarkan dan didengar oleh beberapa angkatan laut kapal selam soviet di beberapa daerah di atlantik utara dan samudra artik.

Quacker muncul ketika dimulainya patroli angkatan laut kapal selam soviet di laut utara saat perang dingin (Cold war). Awak kapal yang sedang berpatroli tiba-tiba melaporkan adanya suara misterius seperti kodok. Ini terjadi saat kapal selam melewati beberapa zona lautan, suara ini dipancarkan ke mereka dari suatu Objek bawah air yang bergerak.

Kapal ini juga gagal merekam suara ini dengan sonar aktif. Suara ini menghilang ketika kapal selam ini meninggalkan zona patroli mereka, benda misterius ini juga menghilang setelah memancarkan satu suara “Quack” . Pertama kali muncul sekitar tahun 1960-an, terakhir objek ini menghilang tahun 1980-an.

Objek yang memancarkan gelombang ini memiliki kebiasaan yang tidak biasa, tidak seperti makhluk hidup atau kapal yang berawak, objek ini suka melewati dan mengitari kapal selam, berusaha menghindari gelombang sonar. Kecepatan benda ini sekitar 200 km/jam.

Penelitian terhadap suara ini dimulai pada akhir tahun 1970, dimana tempat kemunculan suara tersebut menyebar dari laut barents ke daerah lain seperti laut utara dan atlantik utara. Seiring terjadinya kejadian ini, Akademi sains soviet diundang untuk membuat suatu komisi gabungan dengan Angkatan laut.

Fenomena ini dinyatakan mereka sebagai suatu ancaman keamanan nasional. Komisi ini bekerja sama sekitar satu dekade, akan tetapi penyelidikan mereka tidak membuahkan hasil yang memuaskan dan pada akhirnya komisi ini di bubarkan. Pada sekitar tahun 1980, suara ini perlahan menghilang, tidak ada lagi laporan tentangnya.

Penjelasan mengenai fenomena ini pun bermacam-macam, beberapa orang menyatakan bahwa suara misterius ini merupakan gelombang sonar yang berasal dari satu Objek pelacak amerika yang sedang diperbaiki, bernama SOSUS (Sound Surveillance System) . Objek ini merupakan milik angkatan laut Amerika yang digunakan untuk melacak pergerakan kapal soviet, benda ini berada di sekitar samudra atlantik dan pasifik.

Faktanya, Objek Quacker ini memiliki kecepatan dan mobilitas yang belum dapat ditandingi oleh kapal buatan manusia, Objek ini juga gagal di identifikasi dengan gelombang sonar dan berbagai usaha lainnya. Biarpun teknologi seperti Quacker merupakan teknologi manusia , biaya pembuatannya pasti sangat mahal bahkan untuk negara kaya sekalipun.

Kemudian Objek misterius ini kemungkinan adalah Kapal buatan manusia yang dibuat pada tahun 1934, oleh Boris Petrovich Ushakov , Mahasiswa teknik dari akademi militer Soviet berupa pesawat air. Tetapi faktanya, rancangan Ushakov tidak jadi dibuat.

Ada lagi, Militer Amerika juga membuat benda sedemikian rupa yang dinamakan Convair . Namun, kapal ini juga tidak sempat digunakan. Biarpun beberapa rancangan tidak dipakai, masih ada kemungkinan Para militer membuat dan menggunakan benda ini secara rahasia.

Penjelasan bahwa suara misterius ini berasal dari hewan tak dikenal paling memungkinkan, mengingat banyak cryptid laut yang akhir-akhir ini muncul juga dengan hewan laut bersuara keras seperti paus. Penjelasan pertama adalah panggilan Orca (Paus pembunuh) untuk kawin, tetapi biasanya Orca hanya menggunakan panggilan tersebut saat di permukaan air sedangkan suara Quacker selalu dilaporkan berada pada tidak kurang dari kedalaman 200 m.

Penjelasan berikutnya adalah mengenai paus purba, Basilosaurus sebagai tersangka beserta cryptid lautan lainnya. Habitat Basilosaurus juga cocok dengan tingkat kedalaman dan tempat munculnya suara Quacker.

Hewan lain yang memungkinkan adalah Cumi-cumi raksasa dari famili Architeutidae . Hewan ini menjelaskan kebiasaan Quackers yang suka mengitari suatu objek. Cumi-cumi raksasa ini juga memiliki kebiasaan yang sama, mengitari objek yang dikira adalah musuhnya, Paus sperma. Mobilitas mereka juga mirip cocok dengan mobilitas Quacker. Sebagai Cephalopoda, Cumi-cumi ini juga memiliki suatu kerangka internal yang membuat mereka tidak dapat terkena gelombang sonar. Selain itu, persebaran cumi-cumi ini bisa dibilang cocok dengan persebaran suara Quacker. Sayangnya Cumi-cumi ini hidup pada kedalaman 300 – 1000 m sedangkan Quacker pada 200 m. Biarpun begitu bisa saja Cumi ini jadi tersangka utama.

Berikutnya adalah spesies laut yang masih misterius, berhubung manusia belum bisa mengeksplor seluruh lautan masih ada kemungkinan hidupnya spesies baru yang mungkin membuat suara dan memiliki kebiasaan seperti Quacker, tapi apakah makhluknya adalah kodok laut? Kodok laut memang tidak memungkinkan akan keberadaannya.

Penjelasan lainnya adalah tentang hubungan objek Quacker dengan extraterrestrial, yakni perihal keberadaan USO atau Unidentified Submerged Object . Pernah ada suatu laporan oleh Kapal perang Argentina pada Mei 1958 tentang suatu kapal selam misterius, kapal ini tidak tertangkap radar ataupun sonar biarpun masih bisa dilihat
mata. Ke-tak terdeteksian-nya oleh radar adalah sifat Quacker.

Penjelasan mengenai Quacker ini biarpun belum pasti terpecahkan, masih bisa diperkirakan objek misterius apakah itu. Namun sayangnya Suara Quacker kini sudah tidak dilaporkan lagi, sehingga tidak bisa dilakukan penelitian berlanjut. Suara ini juga memiliki teman yang bernama “Bloop” , yakni suara berfrekuensi rendah yang juga berasal dari laut.(bs22)

Qbams.satria@gmail.com

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di World Of Mysteries dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s