Penampakan UFO Di Levelland (1957)

alien invasion.jpg

levelland6-001.jpg

LEVELLAND UFO CASE
2-3 November 1957
Levelland, Texas

bamssatria22.wordpress.com

The Levelland UFO Case terjadi pada tanggal 2-3 November 1957 di sekitar kota kecil Levelland, Texas. Levelland, yang pada tahun 1957 memiliki populasi sekitar 10.000, terletak di sebelah barat Lubbock di dataran padang rumput wilayah Texas. Kasus ini dianggap oleh pakar UFO sebagai salah satu yang paling mengesankan dalam sejarah UFO, terutama karena banyaknya saksi yang terlibat selama waktu yang relatif singkat.

levelland5.jpg

KRONOLOGI PERISTIWA

Insiden ini dimulai pada senja hari tanggal 2 November, ketika dua pekerja pertanian imigran, Pedro Saucedo dan Joe Salaz , dipanggil departemen kepolisian Levelland untuk melaporkan penampakan UFO. Saucedo mengatakan kepada polisi A.J. Fowler , bahwa mereka telah mengemudi di empat mil (6 km) sebelah barat Levelland ketika mereka melihat kilatan cahaya biru mendekati jalan. Mereka mengklaim mesin truk mereka tiba-tiba mati, dan sebuah objek berbentuk roket meluncur dan mendekati truk.

“aku melompat keluar dari truk dan menghantam tanah saking takutnya. Aku memanggil Joe tetapi ia tidak bisa keluar. Benda itu lewat tepat di atas truk-ku dengan suara yang menggelegar memecah angin. Suaranya seperti guntur dan truk-ku seketika berguncang.” Ucap Saucedo.

Setelah objek tadi menjauh mesin truk hidup kembali dan berjalan dengan normal. Karena hanya menganggap cerita Saucedo sebagai lelucon belaka, Fowler mengabaikannya.

levellandpaper.gif

Satu jam kemudian, seorang pengendara mobil, Jim Wheeler melaporkan sebuah Objek terang benderang berbentuk telur dengan panjang sekitar 200 kaki sedang berdiam di jalan, empat mil (6 km) sebelah timur dari Levelland, menghalangi jalannya. Dia mengaku kendaraannya mati dan saat ia keluar dari mobilnya, objek itu lepas landas dan cahayanya perlahan menjauh. Ketika benda itu sudah lenyap, mobil Wheeler hidup kembali dan berjalan dengan normal.

Pada pukul 10:55 malam, Jose Alvarez dan istrinya yang sedang mengemudi di timur laut Levelland melaporkan bahwa mereka melihat kilatan cahaya bergerak di langit dan lampu serta radio mereka mati selama tiga detik. Lima menit kemudian Jose Alvarez mengklaim ia bertemu dengan benda aneh yang berdiam di jalan 11 mil (18 km) di sebelah utara Levelland, dan mesin kendaraannya mati hingga benda aneh itu pergi.

Pada pukul 00:05 dini hari (tanggal 3 November), seorang mahasiswa Texas Technological College (sekarang: Texas Tech University) bernama Newell Wright terkejut saat mengemudi di 10 mil (16 km) sebelah timur Levelland, mesin mobilnya mulai rusak dan berjalan tidak semestinya. Ketika ia keluar untuk memeriksa apa masalahnya, ia melihat objek berbentuk telur dengan panjang 100 kaki berada di jalan. Setelah objek tersebut pergi, maka mesinnya mulai berjalan normal kembali.

saucedowright.jpg

Pada pukul 00:15 dini hari, Petugas Fowler menerima panggilan lain, kali ini dari seorang petani bernama Frank Williams yang mengklaim dia telah bertemu secara tiba-tiba, sebuah objek terang bersinar berdiam di jalan, dan saat mobilnya mendekati objek itu, lampu mobilnya tiba-tiba mati dan mesin mobilnya berhenti. Saat benda tersebut terbang pergi, maka lampu mobil dan mesin mobilnya mulai normal kembali.

Penelepon lainnya adalah Ronald Martin pada pukul 00:45 dini hari dan James Long pada pukul 01:15. Mereka berdua melaporkan melihat objek terang benderang berada di jalan di depan mereka, dan mereka juga mengklaim bahwa mesin dan lampu mereka mati sampai obyek tersebut terbang menjauh.

ronald martin.jpg

Menanggapi banyak laporan, beberapa petugas polisi Levelland secara aktif menyelidiki insiden itu. Di antara mereka adalah Sheriff Weir Clem , yang melihat benda merah cemerlang bergerak di langit pada pukul 1:30.

weir clem.jpg

Lalu pada pukul 01:45, Kepala Pemadam Levelland, Ray Jones , yang juga melihat objek itu, lampu dan mesin kendaraannya bekerja tak normal. Penampakan tampaknya berakhir segera setelah kejadian ini.

Selama malam November 2-3 November 1957, kepolisian Levelland menerima total 15 panggilan telepon tentang benda aneh, dan Petugas Fowler mencatat bahwa “semua orang yang melapor sangat gelisah.”

PENJELASAN DARI ANGKATAN UDARA DAN KONTROVERSINYA

The Levelland Sightings menjadi publisitas nasional, dan segera diselidiki oleh Project Blue Book . Dimulai pada tahun 1947 sebagai Sign Project , Project Blue Book adalah kelompok riset Angkatan Udara AS resmi yang ditugaskan untuk menyelidiki laporan UFO. Seorang sersan Angkatan Udara dikirim ke Levelland, dan menghabiskan tujuh jam di kota untuk menyelidiki insiden itu.

osi1-001.jpg
Dokumen Proyek Blue Book

Setelah mewawancarai tiga dari saksi mata (Saucedo, Wheeler, dan Wright) dan setelah mengetahui adanya badai guntur yang terjadi di daerah levelland pada hari sebelumnya, penyidik ​​Angkatan Udara menyimpulkan bahwa badai listrik yang parah (kemungkinan besar bola petir/Ball of Lightning atau fenomena api St.Elmo ) adalah penyebab utama adanya penampakan dan laporan kegagalan mesin.

Menurut sejarawan UFO Curtis Peebles , “kesimpulan Angkatan Udara didasari hanya dari tiga orang yang telah menyaksikan ‘cahaya biru’ … tidak ada penjelasan yang seragam atas objek tersebut.”

468px-curtis_peebles_.jpg
Curtis Peebles, 2004

Selain itu, Project Blue Book percaya bahwa kesaksian Saucedo itu tidak dapat diandalkan, ia hanya memiliki pendidikan sekolah dasar dan tidak memiliki konsep arah dan bertentangan dalam jawaban nya. Mengingat kondisi cuaca badai, sebuah fenomena listrik seperti seperti bola petir atau api St Elmo tampaknya menjadi penyebab yang paling mungkin. Kegagalan mesin yang disebutkan oleh para saksi mata, kesalahannya pada “sirkuit listrik basah.”

Dr.Donald H. Menzel , seorang profesor astronomi dari Harvard University dan seorang peneliti terkemuka UFO dari masa itu, setuju dengan penjelasan Angkatan Udara: “anggota civilian saucer groups meng-komplain, karena penyidik dari Angkatan Udara hanya menghabiskan tujuh jam di daerah kejadian, ia jelas tidak mengambil masalah serius dan tidak bisa menemukan solusi yang tepat. Bahkan dengan tujuh puluh jam kerja, bagaimanapun, juga tidak bisa menghasilkan gambaran yang lebih jelas. Bukti mengarah pada kemungkinan yamg lebih besar, benda seperti api yang tidak dikenal di levelland adalah bola petir”

387px-menzel_portrait.jpg
Dr. Menzel

Dr.Menzel berpendapat bahwa di Levelland pada malam 2 November, adalah kondisi yang ideal untuk pembentukan bola petir. Selama beberapa hari daerah tersebut telah mengalami cuaca aneh, dan pada malam tersebut telah dikunjungi oleh hujan, badai dan petir.

Menzel mengakui bahwa “karena bola petir berumur pendek dan tidak dapat dipertahankan sebagai bukti nyata, maka kejadian pada malam 2 November tidak pernah dapat benar-benar terbukti.” Namun, ia juga menyatakan bahwa “hanya pendukung the saucer yang bisa merubah serangkaian acara yang begitu sepele (beberapa mobil terhenti, bola api di langit pada akhir badai tersebut) menjadi misteri nasional”

Namun, tidak semua orang setuju dengan penjelasan dari Angkatan Udara. Pengkritik penjelasan dari Angkatan Udara menunjukkan bahwa penyidik ​​Angkatan Udara tidak mewawancarai sembilan dari lima belas saksi, atau yang mereka sebutkan dalam laporan akhir Buku Biru pada insiden tersebut.

Dalam beberapa tahun kemudian, dua peneliti terkemuka UFO ( Dr James E. McDonald , seorang physicist dari University of Arizona, dan Dr J. Allen Hynek , seorang astronomer dari Northwestern University yang pada saat itu menjabat sebagai konsultan ilmiah untuk Proyek Buku Biru), membantah penjelasan badai listrik dari Angkatn Udara. Kedua pria tersebut berpendapat bahwa tidak ada badai listrik di daerah tersebut ketika penampakan terjadi.

james_e._mcdonald_1.gif
James E. McDonald
hynek_lg-239x300.jpg
J. Allen Hynek

Dr Hynek menulis bahwa “sebagai orang yang bertanggung jawab dalam pelacakan Sputnik (satelit baru Soviet), aku berada hampir di sekeliling jam kewajiban dan tidak bisa memberikan perhatian apa pun. Aku tidak bangga hari ini bahwa aku buru-buru setuju pada evaluasi angkatan udara tentang bola petir atas dasar informasi bahwa badai listrik telah berlangsung di wilayah Levelland pada saat itu. Hal ini ditunjukkan tidak akan terjadi. Pengamat melaporkan mendung dan kabut tapi tidak ada petir . ”

Hynek juga mencatat bahwa “tidak ada bukti bahwa bola petir/Ball of Lighting dapat menghentikan mesin dan memadamkan lampu mobil.”

Pada tahun 1999, seorang peneliti UFO Antonio Rullan menerbitkan sebuah analisis rinci tentang penampakan Levelland. Setelah memeriksa berbagai catatan cuaca dan klaim bersaing dari Angkatan Udara, Dr McDonald, dan lain-lain, ia menyimpulkan bahwa “tidak ada badai parah di Levelland selama waktu penampakan, mungkin sudah ada sedikit awan dengan cahaya hujan di Levelland meskipun tidak ada hujan yang dilaporkan di sekitar stasiun cuaca Lubbock . ”

Rullan juga menambahkan bahwa, “kondisi menyebarnya petir, bagaimanapun, tidak dapat diabaikan, kondisi petir memang ada”. Dan bahwa “lembar data dari Biro Cuaca Amerika Serikat menunjukkan bahwa guntur dan petir yang diamati di sekitar Lubbock adalah satu jam setelah penampakan berakhir. ”

LIPUTAN MEDIA

Pada bulan Maret 2002, stasiun televisi KDFW yang berbasis di Dallas menayangkan laporan tentang kasus UFO Levelland. Reporter Richard Ray menceritakan bagaimana setidaknya 15 orang, termasuk Sheriff Weir Clem, mengaku telah melihat benda aneh. Ray berbicara kepada janda Weir dan yang lainnya, yang percaya bahwa penegak hukum pasti melihat sesuatu yang tidak biasa. Ray juga merinci investigasi dan kesimpulan kontroversial yang dikeluarkan oleh Angkatan Udara, bahwa fenomena cuaca yang dikenal sebagai ball of lightning yang harus disalahkan.

levelland-texas-sunset-001.jpg

Sumber: en.wikipedia.org

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s