J’Ba Fofi: Laba-Laba Raksasa Afrika

cryp.myst.creatures.jpg
http://www.bamssatria22.wordpress.com
j'bafofi-001.jpg

J’BA FOFI/CONGOLESE GIANT SPIDER
-Giant Spider Cryptid
-1938
-Africa

bamssatria22.wordpress.com

Hutan di Afrika memang penuh misteri, selain ada Mokele-mbembe yang legendaris, ternyata ada juga makhluk misterius lain yakni makhluk laba-laba raksasa, penduduk setempat menyebutnya J’Ba Fofi.

FOLKLORE

Orang sering mengidentifikasikan laba-laba raksasa biasanya dengan seukuran telapak tangan orang dewasa atau lebih, sampai saat ini jenis laba-laba terbesar adalah Giant Huntsman Spider , dengan ukuran sekitar 30 cm, lebih dari cukup untuk membuat pria dewasa berteriak ketakutan, spesies ini ditemukan di Laos pada tahun 2001.

huntsman spider-001.jpg

Tapi J’Ba Fofi lebih dari itu, memiliki ukuran beberapa kali lipat dari Giant Huntsman Spider, dengan ukuran panjang rata rata laba-laba ini 1,22m dari kaki ke kaki yang direntangkan, bahkan dalam beberapa kasus melaporkan ukurannya 2,43m.

Penelitian dari Terrence Aym mendokumentasikan folklore yang bercerita tentang spesies laba-laba raksasa yang hidup di wilayah Kongo, Uganda dan Afrika Tengah, di daerah hutan hujan tropis yang sangat lebat. Dia juga mengumpulkan beberapa testimoni dari penjelajah-penjelajah barat di area tersebut, yang mengkonfirmasikan pertemuan mereka dengan laba-laba raksasa yang memiliki bentangan kaki lebih dari 150cm.

spider-crab.jpg
height comparison-001.jpg

KONGO: 1938

Selain folklore, kisah mengenai laba-laba raksasa ini juga muncul dalam buku yang ditulis oleh George Elberhart , Eberhart menuliskan pengalaman menakutkan sepasang suami istri dari belgia yang sedang menjelajah hutan hujan di wilayah Kongo tahun 1938. Reginald Lloyd dan istrinya, Margurite Lloyd sedang mengendarai truk di sebuah jalan. Ketika mereka melihat sebuah objek besar melintasi jalanan didepan mereka, pertama mereka beranggapan itu adaah kucing liar atau monyet, tapi ternyata itu adalah laba-laba Raksasa dengan panjang kaki sekitar 120 cm.

PAPUA NUGINI: 1942

Penampakan laba-laba raksasa memang pernah dilaporkan tidak hanya dari Kongo. Selain J’Ba Fofi di afrika, ternyata penampakan laba-laba raksasa juga terjadi di daerah lain. Pada tahun 1942 di Papua nugini, seorang tentara Australia di jalan kokoda (Jalan setapak) melihat laba-laba seukuran anak anjing yang tinggal di jaring sebesar 10 sampai 15 kaki. Tubuhnya kekar, hitam dan berbulu seperti tarantula.

LEESVILLE, LOUISIANA, AS: 1948

William Slaydon dan cucu-cucunya sedang berjalan ke arah utara di Highway 171 menuju gereja ketika ia memberi isyarat kepada mereka untuk berhenti. Setelah mendengar suara gemerisik di semak-semak, laba-laba dengan besar seukuran bak cuci muncul dan menyeberang jalan. Salah satu cucu nantinya akan menceritakan kisah ini kepada anaknya sendiri, Todd Partain, sutradara film dokumenter “Eye In The Dark: The Sasquatch Experience”

KAMERUN: 2001

Timbo, kepala suku Baka di Kamerun mengatakan kepada William Gibbons bahwa pada bulan November 2000 seekor J’ba Fofi telah membangun sarang di dekat desa mereka.

AMAZON: 2011

Sinematografer Inggris Richard Terry, menjelajah ke Amazon untuk menginvestigasi laporan tentang laba-laba raksasa di episode 13 Juni dari Man V Monster. Di sebuah desa terpencil ia diberitahu bahwa laba-laba raksasa tinggal di sebuah lubang jauh di dalam hutan dengan diameter 4 meter.

DESKRIPSI, HABITAT DAN PERILAKU

Seorang naturalis dan cryptozoologist ternama, William J.Gibbons , mengejar binatang purba yang mungkin hidup di Afrika, yang oleh suku-suku lokal disebut Mokele-mbembe . Pada perjalanan ketiganya mencari Mokele-mbembe, dia mendengar cerita dari penduduk lokal tentang pertemuan mereka dengan laba-laba raksasa. Dia menceritakan pengalamannya ke media;

“Pada perjalanan ketiga ke Afrika, saya mendapatkan kesempatan untuk menanyakan kepada suku Pigmi apakah mereka tahu sesuatu tentang laba-laba raksasa, mereka menceritakan pengalaman mereka bertemu dengan laba-laba raksasa yang mereka sebut J’ba Fofi, mereka mendeskripsikan sebagai laba-laba raksasa, berwarna coklat dengan daerah disekitar perut berwarna ungu. Mereka tumbuh mencapai ukuran yang sangat besar dengan rentangan kaki mencapai setidaknya 1,5 meter. Raksasa Arachnid ini merajut sarang terbuat dari daun mirip dengan sebuah gubuk tradisional Pigmi, dan membuat jaring melingkar (dikatakan sangat kuat) antara dua pohon dengan untai membentang mencapai tanah”.

Deskripsi ini sama seperti hasil penelitian lain yang pernah dilakukan, meskipun laba-laba ini sepertinya lebih sering terlihat di Kongo, tapi ada beberapa laporan yang mirip mengenai laba-laba raksasa ini di Uganda dan Afrika Tengah.

Gibbons menambahkan Laba-laba raksasa ini kadang ditemui menggali tanah, memangsa antelop kecil, burung dan binatang-binatang kecil lainnya, sangat berbahaya, belum lagi dengan racun mematikan yang dimilikinya. Suku Pigmi mengatakan laba-laba raksasa ini banyak ditemui dimasa lalu, tapi sekarang menjadi pemandangan yang jarang, karena mereka dahulu memburu dan membunuhnya.

Banyak penduduk asli menggambarkan laba-laba seperti pernah menjadi hal wajar dimasa lalu, tapi sekarang spesies ini berkurang atau bahkan punah. Konversi hutan menjadi lahan pertanian, perkebunan maupun permukiman mungkin menyebabkan menurunnya populasi laba-laba jenis ini, Penelitian mengenai J’ba Fofi masih terus berlangsung hingga saat ini, meskipun bukti nyata keberadaannya masih sangat sedikit.

Nah, sebenarnya laba-laba apakah ini? Apa laba-laba mutasi? tapi saya rasa kurang mungkin karena hutan ini belum terjamah banyak oleh manusia. Berbagai pernyataan dan penampakan yang nyatanya bertentangan menimbulkan pernyataan bahwa “Ada Banyak Spesies Laba – Laba raksasa di Afrika” pernyataan ini dilihat dari perbedaan pernyataan di atas.

Misteri ini menambah kemisteriusan dunia kita. Benarkah ada Laba-laba Raksasa di Afrika? yang biasa disebut J’Ba Fofi? (*bs-22*)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s