Ditemukan, Mata Buatan Dan Dadu Tertua Di Dunia

ancient technology.jpg
http://www.bamssatria22.wordpress.com
burnt-001.jpg

Menurut sebuah laporan tahun 2006, arkeolog Iran di “Burnt City” mengumumkan penemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari bola mata buatan, tepatnya 4800 tahun yang lalu, di situs bersejarah ini. Bola mata milik seorang wanita yang berusia antara 25 sampai 30 tahun pada saat kematian, dan material yang terdiri dari tar alami dicampur dengan lemak hewan telah digunakan untuk membuatnya. Studi pada bola mata juga menyarankan pembentukan abses pada kelopak mata karena kontak jangka panjang dengan bola mata. Selain itu, jaringan kelopak mata yang tersisa masih terlihat pada bola mata buatan ini.

iran-burnt-city.jpg
Situs Arkeologi Burnt City. ***Burnt City terletak dekat kota Zabul, di provinsi tenggara Sistan-Baluchestan dan dianggap situs prasejarah terbesar Iran.*** Membentang lebih dari 300.000 hektar. empat peradaban telah tinggal di kota yang dibakar tiga kali ini dan tidak dibangun kembali setelah kebakaran terakhir.

Penemuan unik adalah hasil dari penggalian di Burnt City pada tahun 2006 lalu, ketika arkeolog menemukan bola mata buatan pada kerangka perempuan bertinggi 1,82 meter, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tinggi perempuan biasa di zamannya, tahun antara 2900 dan 2800 SM.

Bola mata memiliki bentuk setengah bola dengan diameter lebih dari 2,5 cm dan terbuat dari bahan yang sangat ringan. Permukaan ditutupi dengan lapisan emas tipis, diukir dengan lingkaran pusat untuk mewakili iris.

Studi mikroskopis menunjukkan bahwa rongga mata mengandung jejak dari benang emas, yang menunjukkan bahwa bola mata telah dipakai selama hidup pemiliknya.

Temuan hebat ini telah mendukung spekulasi bahwa pada masa-masa itu, manusia telah mengenal dan mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang ilmu kedokteran, terbukti dengan adanya temuan mata buatan tadi serta peralatan bedahnya yang sering disebut presthtic device .

mata buatan.jpg
Bola mata buatan tertua di dunia ditemukan di sisa-sisa kerangka wanita
6_thumb[1].jpg
1_thumb[1].jpg
burnt-city-eyeball-3-300x225.gif
Bola mata-garis paralel yang ditarik di sekitar pupil membentuk pola diamond
7_thumb[1].jpg

Pada Teks Yahudi awal mengisahkan adanya sebuah kisah yang menceritakan seorang wanita yang memakai mata buatan yang terbuat dari emas. Namun, mata buatan yang baru ditemukan ini bukanlah berbahan dasar dari emas. Setelah sedikit diteliti, mata buatan tersebut terbuat dari semacam getah tumbuhan yang dipadatkan dengan cara khusus, kemudian dicampur dengan sedikit lemak hewani. Penelitian lebih lanjut akan sangat diperlukan untuk menentukan susunan persisnya dari bahan dasar pembuatan mata palsu tadi.

Arkeolog Italia dan peneliti dari National Museum of Oriental Art Roma, Profesor Lorenzo Costantini mengatakan bahwa wajah pemilik bola mata buatan telah direkonstruksi menggunakan program komputer dan ilmu kriminologi.

Rekonstruksi dari kerangka 5.000 tahun ini diresmikan dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh kepala Iran’s Cultural Heritage, Handicrafts and Tourism Organization , Hamid Baqaei dan duta besar Iran untuk Italia Mohammad Sayyed Ali Hosseini .

ISNA melaporkan, wanita yang wajahnya telah direkonstruksi oleh sekelompok peneliti Iran dan Italia, terkenal karena membawa prostesis pertama yang telah digunakan oleh manusia.

5000-year-iranian-woman.jpg
National Museum of Oriental Art Roma telah menunjukkan wajah yang direkonstruksi dari kerangka perempuan yang mengenakan bola mata buatan yang ditemukan di Burnt City.

Ini merupakan prestasi ilmiah besar yang menunjukkan bahwa Persia menggunakan peralatan medis yang inovatif 5.000 tahun yang lalu, kata Hamid Baqaei selama upacara pembukaan pameran.

Tim Arkeolog juga berhasil menemukan permainan dadu tertua di dunia, yakni berusia 5000 tahun di tempat yang sama. Menurut mereka, temuan baru tersebut sekaligus telah memecahkan rekor temuan permainan dadu tertua sebelumnya yang berhasil ditemukan di Wilayah Guangdong, China (2004).

dadu.jpg

Pada penggalian sebelumnya di reruntuhan peradaban Mesopotamia , permainan dadu juga sempat ditemukan, namun usianya jauh lebih muda 200 thn dari yang ini. Selain itu, sebuah kotak persegi panjang yang terbuat dari semacam kayu pirus ditemukan bersamaan dengan penemuan permainan dadu tersebut. Namun sayang, kotak yang disinyalir merupakan papan permainannya itu telah hancur terkikis, namun masih bisa sedikit diidentifikasi. Kira-kira terdapat 20 lubang kecil berjejer pada kotak tersebut dengan hiasan ukiran ular ditiap sudutnya.

Dari penemuan ini, para Arkeolog dapat menarik kesimpulan, mungkin permainan dadu memang berasal dari daerah Mesopotamia, yang kemudian tersebar ke wilayah timur, terutama ke China dan Jepang. (bs22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Ancient Technology dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s