Misteri Marfa Lights Di Texas

paranatural.jpg
http://www.bamssatria22.wordpress.com
marfa-001.jpg

Tahun 1957 merupakan Laporan awal mengenai penampakan Marfa Light, dimana untuk pertama kalinya fenomena misterius yang kerap dipanggil “Ghost Light of Texas” tersebut dimuat sebagai salah satu artikel Coronet Magazine di Amerika Serikat. menceritakan adanya fenomena misterius berupa penampakan bola cahaya aneh pada malam hari di dekat wilayah Marfa, Texas.

marfa-lights1.jpg
marfamap.png

Tetapi, laporan lisan Marfa Light lebih awal sudah dikisahkan oleh Robert Reed Ellison . Pada tahun 1883, Robert Ellison saait itu sedang berkemah di sebelah barat Paisano Pass, Texas . Tak lama kemudian ia mulai menyaksikan cahaya-cahaya aneh berbentuk bola di kejauhan. Pada mulanya ia mengira kalau cahaya itu adalah sinyal dari suku Indian Apache . Namun setelah memandangnya selama beberapa saat, ia menyadari bahwa cahaya itu bukan seperti yang dipikirkannya. Selama beberapa saat, Ellison melihat bola cahaya aneh itu menari-menari dengan liar di atas permukaan tanah. Penasaran, ia pulang ke rumah dan menceritakan penampakan itu kepada teman-temannya. Salah seorang dari teman Ellison kemudian mengatakan kepadanya bahwa cahaya itu memang sering terlihat di tempat itu dan tidak ada seorangpun yang tahu darimana asalnya.

Menurut Sejarawan, Cecilia Thompson , dalam bukunya “Marfa History and Presidio Country” , Mr.Ellison memang tidak mencatat kisahnya menyaksikan Marfa Light didalam memoarnya, namun beliau menceritakannya secara lisan kepada anggota keluarganya yang lain.

Laporan mengenai penampakan cahaya pijar misterius dimalam hari setidaknya telah muncul sejak dipermulaan abad-20 lalu dan masih terus berlangsung hingga saat ini. Laporan-laporan mengenai Marfa Light digambarkan berupa bola cahaya pijar yang melayang-layang diudara dalam posisi yang tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut, namun kadang-kadang mereka juga terlihat melayang sangat tinggi diudara. Cahaya-cahaya yang mereka pancarkan pada umumnya berwarna kuning, jingga, atau merah, namun tidak sedikit pula yang memancarkan cahaya berwarna biru dan hijau.

Dari beberapa laporan, biasanya bola-bola pijar misterius ini muncul secara berpasangan maupun berkelompok, sesekali tubuh mereka sering terlihat saling menyatu satu sama yang lainnya, dan kerap menghilang untuk beberapa saat, lalu kemudian muncul kembali. Pola-pola gerakan mereka juga sangat bervariasi, pada awalnya mungkin mereka terlihat tidak bergerak/statis disuatu tempat saja, kemudian bergerak menyamping dalam kecepatan yang rendah, atau kadang-kadang mereka terlihat melintas secara kilat secara vertikal maupun horisontal.

Para Marfa Light muncul sesekali waktu dan tak dapat diduga-duga, mungkin mereka muncul satu kali dalam kurun waktu dua minggu. Tidak ada laporan penampakan pada siang hari, mereka muncul hanya pada malam hari saja.

marfalights.jpg
marfalightgr.jpg
marfasquiggle.jpg

Pada umumnya, Marfa Light kerap terlihat disebelah selatan Rute 90 , lima sampai lima belas mil sebelah timur Marfa, Texas , pada setiap musim dan diberbagai kondisi cuaca. Hingga saat ini, telah banyak orang yang telah menyaksikannya, dan tanpa tahu sedikitpun mengenai asal-usul mereka yang sebenarnya.

Saking umumnya fenomena ini, di wilayah Marfa, bahkan disediakan satu tempat dimana para turis dapat melihat cahaya tersebut dengan jelas, yaitu di sisi selatan Highway 90 , sekitar 8 mil timur Marfa. Para pemburu cahaya dapat memarkir mobil mereka disitu dan melihat ke arah puncak Chinati . Dan disinilah umumnya mereka bisa melihat bola-bola cahaya aneh menari-nari di udara.

1av.jpg

Sebenarnya, fenomena-fenomena misterius seperti ini tidak hanya muncul di kawasan Marfa, Texas saja. Dibeberapa kawasan didunia juga sering terdengar laporan penampakan bola pijar melayang seperti itu. Namun hanya dikawasan Marfa-lah mereka paling kerap dijumpai pada setiap bulannya. Suatu kawasan di Norwegia sesekali juga sering ditemui fenomena seperti ini, masyarakat sekitar menyebutnya Hessdalen Light . Begitu pula dikawasan timur laut Australia yang kerap disebut fenomena Min’s Light . Fenomena serupa juga terjadi di North Carolina dan Michigan, yakni Brown Mountain Light dan Paulding Light .

Sejumlah proyek penelitian telah dilakukan pada dasawarsa terakhir ini, beberapa dokumentasi video dan fotografis mengenai penampakan Marfa Light telah banyak terkumpul, namun sayangnya sampai sekarang belum ada suatu mufakat yang dicapai dari hasil penelitian.

Darimanakah cahaya misterius itu berasal?

Ada beberapa teori yang berusaha menjelaskan sumber cahaya aneh tersebut, baik yang bersifat sains maupun tidak. Sebagian orang menyebut cahaya ini adalah cahaya yang berasal dari UFO/Alien . Sebagian lagi mengatakan bahwa cahaya itu adalah arwah yang termanifestasi dalam bentuk Orb .

Satu abad yang lalu, tidak ada cahaya yang lebih terang dibanding lentera atau api unggun. Jadi beberapa peneliti mengusulkan kemungkinan gas yang berasal dari rawa. Gas yang naik dari rawa akan termanifestasi dalam bentuk cahaya-cahaya. Namun masalahnya di wilayah marfa, tidak pernah ada rawa yang ditemukan.

Teori lainnya adalah St Elmo’s Fire , yaitu sebuah fenomena cuaca elektrikal dimana cahaya plasma tercipta oleh pelepasan koronal yang berasal dari objek dekat permukaan tanah yang berada di atmosfer yang dipenuhi oleh medan elektrik. St Elmo’s fire adalah kilauan yang menyertai pelepasan listrik yang terus menerus dari objek tertentu. St Elmo’s Fire ini juga pernah menjadi teori penjelasan mengenai penampakan ufo di masa lampau ( foo fighters ). Fenomena ini sering muncul ketika terjadi petir dan waktu tertentu dimana awan yang mengandung muatan listrik muncul. Namun disinilah kelemahan teori ini. Fenomena ini tidak tercipta apabila syarat di atas tidak terpenuhi.

Keterangan skeptis yang dominan mengatakan bahwa bola pijar tersebut adalah semacam fatamorgana yang disebabkan oleh perbedaan tekanan suhu yang cukup besar diantara lapisan-lapisan udara dingin dan hangat. Namun perlu diketahui, Marfa Light biasanya kerap muncul diketinggian 4.688 kaki di atas permukaan laut, dan suhu differentials 50-60 derajat dimana tekanan udara pada ketinggian itu tergolong biasa saja.

Ada pula yang mempertahankan sebuah teori yang menyatakan Marfa Light terbentuk diakibatkan oleh gejala yang terjadi secara alami, yaitu piezoelectric effect , yang ditemukan oleh Pierre Curie pada tahun 1883.

Diantara semua teori mengenai sumber cahaya Marfa, ada satu teori yang dianggap paling tepat sebagai pemecahan kasus ini. Teori ini telah diuji dan dibuktikan, yaitu teori pembalikan temperatur. Menurut beberapa peneliti, cahaya Marfa sesungguhnya berasal dari lampu mobil yang bertemu dengan fenomena pembalikan temperatur. Pembalikan temperatur sendiri terjadi ketika udara padat yang dingin terjebak pada lapisan udara hangat di dekat tanah. Jadi, ketika sebuah mobil lewat di jalan tol, bahkan bermil-mil jauhnya, dan bertemu dengan kondisi pembalikan temperatur, maka cahaya lampu mobil akan menciptakan bola-bola cahaya aneh yang mengapung di udara. Dalam kasus Marfa, pembalikan temperatur terjadi akibat Iklim puncak Chinati yang hangat bertemu dengan iklim plato Marfa yang lebih dingin. Teori ini juga dipakai oleh para pejabat militer Amerika dari project blue book untuk menjelaskan fenomena Washington national airport sightings .

Teori penyimpangan temperatur ini terbukti pada tahun 2004. Saat itu University of Texas mengirim sekelompok mahasiswa fisika untuk menyelidiki cahaya Marfa. Mereka menemukan bola-bola cahaya ini muncul tepat ketika mobil melewati Highway 67. Dan bukan itu saja, frekuensi kemunculan cahaya ini memiliki korelasi dengan frekuensi lalu lalang kendaraan di Highway 67.

Tapi, bagaimana dengan penampakan Robert Ellison pada tahun 1883. Henry Ford baru menciptakan mobil pertamanya tahun 1896. Marfa Light tetap menjadi misteri yang belum benar-benar terpecahkan.

49a2f385a29af79b72baa62e99c96316.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s