Misteri Face Of Belmez

world of mystery 3.jpg
Misteri The Belmez Face
the belmez face-001.jpg

Citra sejumlah wajah yang muncul di lantai rumah Maria Gomez Pereira diklaim sebagai sebuah fenomena poltergeist paling mencekam di abad 20. Menjadi suatu misteri terbesar yang berhubungan dengan aktivitas paranormal. Penampakan wajah-wajah di Belmez dikenal sebagai The Faces of Belmez atau ada yang menyebutnya sebagai The Belmez Faces. Benarkah ini perwujudan arwah-arwah penasaran?

belmez-8x6.jpg

Ini menjadi kajian ilmiah dan paranormal yang menarik di penghujung abad ke-20. Banyak yang menduga ini merupakan fenomena poltergeist , yaitu aktivitas arwah, roh atau hantu yang menampakkan diri secara langsung atau tidak langsung pada manusia, agar diketahui keberadaannya.

Sejumlah hasil riset ilmiah dan paranormal mengemukakan sejumlah teori mengenai hal ini. Dari semua yang pernah dipublikasikan, ada dua teori yang hampir bisa dipercaya. Yakni proyeksi penampakan akibat pemikiran ( thoughtographic hypotesis ) dan citra yang sengaja dibuat ( the forgery hypothesis ). Dua hipotesis ini adalah yang paling kontroversial dibahas dalam banyak jurnal ilmiah dan parapsikologi (ilmu yang mempelajari fenomena psikis).

Thoughtographic Hypotesis adalah salah satu hipotesis yang menjelaskan fenomena wajah-wajah hantu di Belmez yang berkembang di Inggris dan Spanyol. Hipotesis ini merupakan hasil penelitian detail dari Hans Bender dan German de Argumosa . Tetapi hanya Bender yang pernah menulis dalam jurnal Zeitschrift für Parapsychologie (sebuah jurnal ilmiah parapsikologi) perihal The Faces of Belmez yang merupakan pencitraan poltergeist.

Sementara Argumosa yakin bahwa penelitan selama dua tahun oleh ahli parapsikologi Spanyol membuktikan bahwa wajah-wajah di Belmez merupakan bukti adanya aktivitas “sihir” peninggalan masa gothic yang misterius.

Banyak warga Belmez dan Eropa yang meyakini bahwa kedua peneliti itu benar. Mereka yakin bahwa citra wajah itu bukan buatan tangan manusia, namun akibat aktivitas paranormal. Kesimpulan ini senada dengan golongan peneliti yang menganggap bahwa pencitraan pikiran sang pemilik rumah melalui kemampuan psikokinetis (semacam telepati ) yang menimbulkan gambar-gambar wajah itu. Artinya, kekuatan pemikiran Maria Gomez Pereira secara sengaja atau tidak sengaja telah memancing “alam” untuk melakukan sesuatu.

Forgery Hypothesis bertolak belakang dengan hipotesis sebelumnya, sejumlah ahli meyakini bahwa citra wajah hantu di Belmez adalah ulah manusia. Ini dipublikasikan dalam sebuah artikel pada Juli 1993 di Journal of the Society for Psychical Research .

Luis Ruiz-Noguez mencatat bahwa berdasarkan temuan dan uji sampel, diyakini beberapa di antaranya melibatkan bahan kimia buatan seperti zinc, lead dan chromium atau campuran zat resin dan teknik pencitraan bahan-bahan fotografi yang peka terhadap cahaya.

Bahan-bahan kimia ini bisa memunculkan efek gambar yang dramatis dan penggunaan semacam teknologi lukis tertentu. Pemanfaatan efek gambar dengan bahan kimia ini sering dipakai oleh penyihir untuk meyakinkan orang bahwa ini merupakan fenomena gaib.

Sampel keramik dan semen yang dipakai di rumah Maria di Belmez serta sejumlah foto-foto hasil pemotretan fotografer terhadap citra di rumah itu menjadi bahan kajian yang menarik. Namun kontroversi mengenai penampakan itu belum juga usai.

Sampai awal abad 21, The Faces of Belmez tetap tergolong misteri yang tak terpecahkan. Tidak ada penjelasan yang benar-benar bisa membuktikan apakah citra wajah itu palsu seratus persen hasil buatan manusia, atau memang fenomena poltergeist.

Semua masih membutuhkan penelitian dan penjelasan lebih lanjut. Hasil riset yang dilakukan lembaga resmi ilmiah atau lembaga informal, tetap saja tidak bisa memuaskan. Tidak semua sampel yang diteliti mengacu pada satu kesimpulan yang pasti. The Faces of Belmez pun tetap menjadi misteri.

Metodologi dan uji laboratorium terhadap sampel keramik dan semen serta analisis fotografi mengenai fenomena di Belmez tetap diragukan. Ada penelitian yang menemukan residu bahan kimia dari sampel, ada yang tidak. Ada foto yang dikategorikan palsu, ada yang tidak. Inilah yang memunculkan keraguan.

belmez2.jpg

Ada misteri besar yang memunculkan keraguan terhadap hasil penelitian ini, terutama dua temuan yang benar-benar tidak terjelaskan. Yang pertama, analisis kerangka dan tipelogi bebatuan yang ditemukan di bawah lantai dapur rumah Maria Gomez Pereira. Yang kedua, rekaman tape yang menangkap suara pada frekuensi tertentu (tak terdengar manusia) yang mirip dengan rapalan mantra masa gothic dan jeritan lirih kesakitan.

Banyak yang menyimpulkan bahwa kerangka dan bebatuan yang ditemukan di bawah rumah Maria merupakan sisa peninggalan masa penyiksaan dan pembantaian penyihir di abad pertengahan. Pembantaian dengan cara membakar dan mengubur hidup-hidup.

Rekaman tape bisa diasumsikan sebagai aktivitas poltergeist yang terekam sebagai proyeksi suara dari kejadian saat pembantaian para penyihir. Kedua hal ini mengaju pada kesimpulan publik bahwa wajah-wajah di Belmez adalah sebuah pesan bahwa banyak arwah penasaran yang menuntut penguburan yang layak dan pengampunan. Believe it or not !(bs-22)

Qbams.satria@gmail.com

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di World Of Mysteries dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s