Nguoi Rung: Bigfoot Yang Hidup Di Kawasan Hutan Lebat Vietnam

cryptid files.jpg
Nguoi Rung: Bigfoot Dari Vietnam
nguoirungheader-001.jpg

NGUOI RUNG
-Homonid Cryptid
-1971
-Vũ Quang (Vietnam)
bamssatria22.wordpress.com

Nguoi Rung diterjemahkan dari bahasa Vietnam yang memiliki arti Manusia Hutan, dilaporkan sebagai manusia yang mirip seperti kera, mirip dengan keberadaan Bigfoot atau Yeti, Nguoi Rung hidup di kawasan hutan lebat di Vietnam.

380nguoi_rung.jpg

DESKRIPSI

Deskripsi dari penampakan makhluk ini bermacam-macam dari yang besar hingga kecil dari yang rambut tumbuh ditubuhnya yang berwarna abu-abu hingga berwarna coklat dan hitam dan kadang kemerahan. Mereka terlihat sendirian atau berjalan bersama kelompoknya, dan mereka terlihat berjalan tegak dengan kedua kakinya.

Makhluk ini tidak hanya dikenal di Vietnam namun juga di negara tetangganya yakni Kamboja dan Laos. Laporan pertama kali yang dipublikasikan mengenai penampakan makhluk ini ditulis oleh Jules Harris seorang warga negara Prancis pada tahun 1944 yang membuat catatan serangkaian penampakan “L’Homme Sauvage” diantara suku minoritas Jarrai, Banhar dan Sedang.

PENAMPAKAN

Namun penampakan makhluk ini paling sering dilaporkan pada tahun 1974 saat frekwensi perang di negara tersebut menghebat. Jendral Hoangh Minh Tao , panglima pasukan Vietnam di daerah utara di daerah dataran tinggi tengah (Central Highland) pernah meminta para ilmuwan melakukan penelitian dikawasan utara Kontum untuk meneliti keberadaan mahluk yang oleh penduduk setempat dipanggil sebagai Nguoi Rung tersebut.

Para ilmuwan yang berangkat untuk melakukan penelitian tersebut adalah Prof.Vo Quy dan Le Vu Khoy dari Universitas Hanoi serta Prof.Hoang Xuan Chinh dari Institute of Archaelogy Hanoi. Tim ekspedisi ini gagal mencari keberadaan lokasi Nguoi Rung, walaupun begitu mereka kembali dengan jejak kaki yang ditemukan oleh Vo Quy. Jejak kaki tersebut dipelajari dan dianalisa oleh para ilmuwan Vietnam, jejak itu digambarkan lebih lebar dari jejak kaki manusia dan terlalu besar dari jejak kaki kera.

nguoi rungfootprint.gif

Pada tahun 1982, Prof.Tranh Hong Viet dari Pedagogic University, Hanoi juga menemukan jejak kaki aneh yang mirip dengan jejak kaki manusia namun lebih lebar daripada jejak kaki manusia normal dan ibu jari kaki tersebut lebih besar daripada ibu jari kaki manusia modern. Tapak kaki ini ditemukan di lereng gunung Chu Mo Ray, pegunungan Mom Tiam dekat perbatasan Kamboja.

Seorang Anthroplogis Vietnam, Dang Ngiem Vanh yang merupakan kepala dari Hanoi’s Institute for Religious Study melakukan pengumpulan data cerita-cerita dari masyarakat dibagian utara Vietnam hingga ke dataran tinggi bagian tengah. Cerita ini termasuk cerita mitos tentang sesuatu makhluk yang kecil namun sangat kuat yang mengetahui penggunaan api dan memakan moluska hutan. Berdasarkan penelitian Vanh, Nguoi Rung ini pada malam hari sering berkunjung ketempat dimana manusia berkumpul dan menyalakan api, mereka kadang duduk disamping manusia namun tidak berbicara, dan jika berbicara bahasa mereka tidak jelas.

Ahli Cryptozoology bernama Bernard Henvelmans menyatakan bahwa setidaknya ada beberapa kemungkinan bentuk dari Nguoi Rung ini, mungkin adalah sisa populasi dari spesies manusia awal, mungkin spesies Homo Pongoides , sebuah nama yang Bernard Henvelmans berikan pada hominid yang pernah ia periksa.

Selain itu ahli Cryptozoology lainnya, Ivan T.Sanderson yang pernah meneliti fosil manusia didalam balok es menyatakan bahwa Nguoi Rung kemungkinan adalah homonid yang mirip Neanderthal seperti Minnesota Iceman sebuah specimen yang menghilang tanpa jejak dan telah menjadi mystery dan kontroversi.

Tidak hanya penduduk lokal Vietnam saja yang melaporkan penampakan Nguoi Rung, 6 orang tentara Amerika yang sedang berpatroli dari 101’s Airborne Division di hutan pegunungan dataran tinggi bagian tengah tiba-tiba terkejut mengira bahwa ada tentara vietnam utara yang muncul dari rerimbunan semak. Apa yang mereka saksikan bukan seperti yang mereka kira sebelumnya, seseorang dengan kepala berbentuk lonjong dengan rambut yang menutupi wajah, memiliki bentuk mata yang dalam dan berwarna coklat. Para tentara tersebut tidak berbuat apapun berhadapan dengan mahluk berahang berat dan mulut yang seperti orang marah itu. para tentara tersebut hanya terpisah 5 m dari mahluk yang juga digambarkan memiliki bahu lebar lengan yang panjang dan berotot tebal. (bs22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s