Faces Of Belmez: Fenomena Poltergeist Paling Mencekam Di Abad 20

paranormal .jpg
The Faces Of Belmez
belmez-003.jpg

FACES OF BELMEZ
23 Aug 1971
Calle Real 5, Bélmez de la Moraleda, Jaén, Andalusia, Spain

bamssatria22.wordpress.com

The Faces of Belmez atau ada yang menyebutnya sebagai The Belmez Faces adalah sebuah peristiwa yang di klaim sebagai sebuah fenomena poltergeist paling mencekam di abad 20 dan menjadi suatu misteri terbesar yang berhubungan dengan aktivitas paranormal.

Fenomena mengerikan ini terjadi di suatu rumah di kawasan Street Real 5, Belmez, Spanyol , keluarga Maria Gomez Pereira tak pernah menyangka bahwa di rumah mereka terjadi aktivitas paranormal paling menggetarkan.

maria.jpg
Maria Gomez.

Hanya sedikit orang yang punya pengalaman luar biasa seperti keluarga Maria Gomez Pereira . Fenomena kemunculan tiba-tiba suatu citra di lantai dapur rumah mereka. Dikisahkan oleh Maria, beberapa citra gambar raut wajah seorang laki-laki secara spontan muncul di lantai keramik dapurnya, hanya kepalanya saja, tanpa badan dan organ-organ lainnya.

belmez1.jpg
belmez2.jpg

Yang lebih menyeramkan lagi, raut-raut wajah misterius itu selalu mengikuti mood dari sang pemilik rumah, jika Nyonya Maria Gomez sedang gembira raut wajah mereka terlihat bahagia, begitu pula sebaliknya.

Pada 23 Agustus 1971, di hari yang panas dan kering, Miguel, anak Maria yang sedang duduk bersama neneknya di dapur rumah itu tiba-tiba kaget. Ia melihat sebuah gambar yang tiba-tiba muncul di lantai marmer. Ia memberitahu sang nenek yang langsung tersentak begitu melihat potongan wajah yang sedikit suram itu. Kehebohan semakin bertambah saat seluruh penghuni rumah melihat image wajah manusia dengan ekspresi sedih dan memilukan di lantai dapur rumah mereka. Tak ada yang bisa menduga dari mana citra itu muncul, semua terjadi dengan tiba-tiba.

Fenomena menyeramkan tersebut kurang lebih menghantui Maria selama satu minggu lamanya. Juan, Suami Maria yang tak ingin rumahnya menjadi bahan gosip di desa itu, kemudian berusaha menghapus citra gambar dengan semua cara. Ia menyewa beberapa pekerja bangunan untuk membongkar beberapa lantai keramik dapur. Namun sesuatu yang menyeramkan justru terjadi, gambar di lantai keramik itu bukannya menghilang, tetapi malah mengubah ekspresinya. Wajah itu semakin pilu dan matanya membuka semakin lebar!

bface s4.jpg
Sebuah potongan dari lantai selama pembongkaran.

Dalam periode waktu tertentu, gambar itu pun mengabur dan lenyap, namun kemudian muncul lagi. Proses ini terjadi dalam interval waktu dan saat yang tidak bisa diduga. Ketakutan dan kepanikan melanda, sehingga sang suami memutuskan untuk menghancurkan keramik di lantai dapur dan menutupnya dengan semen.

Seminggu kemudian, citra wajah kedua justru muncul di lapisan semen yang baru itu. Kali ini lebih jelas daripada yang pertama. Dengan rasa putus asa dan ketakutan yang semakin memuncak, keluarga Maria kemudian menghubungi pejabat pemerintah setempat untuk melakukan penyelidikan.

bface s5.jpeg
Salah satu wajah menjadi lebih jelas selama beberapa minggu.

Sebelumnya, fenomena misterius dikediaman Nyonya Maria Gomez telah banyak diketahui oleh beberapa warga sekitar dan dengan cepat tersebar luas hampir keseluruh negeri karena beberapa media masa maupun elektronik pada saat itu selalu memuat fenomena misterius tersebut sebagai topik utamanya.

Setengah percaya setengah tidak, sebuah tim pemeriksa dan pengkaji yang terdiri dari para ahli-ahli supranatural dikirim. Mereka melakukan pemeriksaan detail selama seminggu. Saran untuk menggali bagian lantai bangunan disetujui. Jauh di bawah tanah, mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan. Sebuah celah dengan kerangka manusia yang terjepit. Terkubur dalam himpitan batu dan semen. Kerangka dari abad pertengahan. Kediaman yang ditempati oleh Maria Gomez ternyata dulunya merupakan sebuah tanah pekuburan.

Kerangka itu kemudian dievakuasi kemudian dikuburkan ditempat lain, sementara bekas galian ditutup dan dilapis dengan semen dan lantai keramik dapur diganti dengan yang baru. Anehnya, fenomena itu masih saja muncul. Dua minggu setelah pembongkaran, dua raut wajah manusia kembali muncul di lantai baru, kali ini lengkap dengan gambaran anggota tubuh mereka, lalu secara berturut-turut beberapa raut wajah lainnya selalu bermunculan silih berganti setiap harinya sampai akhirnya beberapa wajah terlihat di seluruh lantai dapur. Gambar-gambar wajah itu muncul dengan jelas, lalu perlahan menghilang dan muncul kembali. Polanya sangat acak dan tidak bisa dipastikan kapan gambar itu akan muncul atau menghilang.

1353912.jpg
Wajah-wajah yang banyak dan beragam.

6641643.jpg
Sebuah gambar buram dari seorang wanita dalam The House of the Faces tahun 1992.

Seberapa besar pun usaha keluarga Pereira untuk menghapusnya, wajah-wajah pilu yang menyeramkan selalu muncul kembali dan kembali dan kejadian ini berlangsung sekian lama.

Otoritas setempat kemudian menyegel dapur rumah itu. Tetapi tak lama setelah penyegelan dan larangan memasuki dapur diberlakukan, wajah-wajah hantu itu justru muncul di ruang lain di rumah itu. Ada empat wajah lelaki dan satu wajah perempuan. Ekspresinya tampak begitu memilukan. Seperti sedang menanggung derita yang amat sangat. Setelah itu, wajah-wajah kembali bermunculan hingga ada sekitar 18 wajah di lantai rumah Maria. Ada wajah yang terlihat sedih, ada wajah yang hanya menatap dengan tatapan kosong. Ada wajah perempuan dan ada wajah pria.

Rumah keluarga Maria Gomez Pereira telah menjadi sebuah rumah yang menyeramkan dan dipenuhi teror ketakutan. Setiap orang yang berada di sana bisa merasakan bulu kuduk mereka merinding dengan rasa takut yang menyengat.

Nyonya Maria Gomez yang sudah terlanjur ketakutan setengah mati akhirnya memutuskan untuk menjual rumahnya yang menyeramkan. Kini, status dari rumah tersebut menjadi kepemilikan pemerintahan setempat dan dijadikan sebagai salah satu obyek pariwisata yang cukup unik disana. Turis pun tertarik untuk berkunjung ke kawasan Street Real 5, Belmez, Spanyol ingin melihat langsung keanehan yang ada di rumah Maria. Beberapa pengunjung yang datang juga kerap melihat penampakan mereka, lengkap dengan berbagai ekspresi wajah yang mereka tampilkan. Manifestasi masing-masing wajah bisa berbeda-beda. Satu wajah terlihat seperti wajah orang muda bagi satu orang. Tapi bagi orang lain, wajah itu bisa terlihat seperti orang tua. Kadang, sebuah wajah bisa muncul dan menghilang persis di hadapan mata para pengunjung.

Selain turis, rumah aneh ini juga didatangi para penganut sekte dan pemuja alien, juga para peneliti yang mencoba mencari penjelasan alternatif atas munculnya wajah-wajah aneh itu.
Banyak peneliti itu yang percaya bahwa fenomena tersebut hanyalah rekayasa Maria untuk mendapatkan keuntungan finansial. Namun pernyataan mereka tidak didukung oleh bukti yang meyakinkan karena sebenarnya yang didapat Maria hanyalah sebuah dapur baru yang dibangun oleh pejabat setempat. Karena saking banyaknya pengunjung, Maria tidak bisa lagi menggunakan dapur itu untuk memasak dan makan. Jadi pejabat lokal yang kasihan membuatkan dapur baru untuk mereka.

Fenomena aneh ini memancing sejumlah ahli dan peneliti yang penasaran. Mereka secara bergantian melakukan penelitian dari lantai dapur sampai ke seluruh rumah. Ada sebuah penelitian unik yang dilakukan oleh beberapa praktisi, yaitu dengan menempatkan sebuah kamera video yang sengaja ditinggalkan di tempat itu selama satu hari penuh. Dari hasil yang didapat ,mereka cukup terkejut karena raut-raut wajah itu ternyata dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya, hal itu terbukti ketika pita rekaman diputar terdengar semacam suara percakapan lirih yang keluar dari arah-arah mereka.

Sejauh ini, dari hasil penelitian oleh ahli Kimia yang menguji sampel dari struktur penyusun lantai, memang benar tidak ditemukan bukti cat atau pewarna yang kemungkinan besar menyebabkan pembentukan raut-raut wajah tersebut.

8398105.jpg

Sejak Maria meninggal di usia 85 pada Februari 2004, wajah-wajah hantu sempat menghilang sekian lama. Namun wajah-wajah itu dilaporkan kembali menghantui rumah Maria Gomes Pereira di Belmez. Menurut rumor, setelah maria meninggal, wajahnya juga ikut muncul di salah satu bagian lantai rumah itu. Maria Gomez Pereira, seorang perempuan sederhana yang telah membuat desa kecil Belmez terlihat di peta dunia.

belmez-001.jpg
belmez-002.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranormal Phenomena dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s