Champ: Monster Danau Champlain

cryptid files.jpg
The Lake Champlain Monster
200041-001.jpg

CHAMP
-Lake Monster Cryptid
-1609
-Lake Champlain, Canada

bamssatria22.wordpress.com

Champ adalah nama yang diberikan kepada seekor monster danau terkenal yang hidup di Danau Champlain, danau air tawar alami di Amerika Utara, terletak di perbatasan AS-Kanada yakni sebagian di provinsi Quebec di Kanada dan sebagian terletak di seberang perbatasan Vermont-New York. Meskipun tidak ada bukti ilmiah keberadaan cryptid ini, namun faktanya ada lebih dari 300 penampakan yang dilaporkan. Legenda monster ini dianggap menarik minat pariwisata di Burlington, Vermont dan Plattsburgh, daerah New York. Walaupun monster danau Champlain tidak sepopuler Nessie, namun misteri Champ juga menarik banyak para pemburu monster dari seluruh dunia.

DANAU CHAMPLAIN

Danau Champlain adalah danau air tawar alami di Amerika Utara yang berbatasan dengan Kanada. Danau Champlain terletak di lembah Champlain di antara pegunungan Hijau di Vermont dan pegunungan Adirondack di New York, di serap ke utara oleh sungai Richelieu ke sungai St. Lawrence di dekat Montreal. Di danau inilah rumor tentang monster bernama Champ berkembang.

Danau Chaplaine memiliki berbagai macam spesies kehidupan ribuan tahun sebelum manusia datang untuk mengganggu mereka. Ahli geologi dari Universitas Vermont, yang dipimpin oleh Dr. Rob Young bertekad untuk mengungkap sejarah tersebut. Dengan menggunakan peralatan hidrolik, mereka mengebor tanah dipinggiran rawa danau untuk mengambil sempel sedimen tanah.

Hasilnya, usia danau ini lebih tua dari yang banyak diprediksikan. 10.000 tahun yang lalu, danau air asin ini adalah laut. Disepanjang tepi danau Champlaine, ditemukan penemuan-penemuan luar biasa. Kerangka hewan misterius yang berenang menuju danau dan terdampar. Peristiwa itu terjadi pada masa danau terbuka menuju laut di zaman es 12.000 tahun yang lalu. Dan hewan misterius itu diperkirakan jenis ikan paus prasejarah.

Pernyataan itu didukung oleh ahli zoologi Richard Smith yang telah meneliti fenomena Champ selama beberapa tahun. “Dalam skala waktu geologis, danau mengalami perubahan kataklismik. 12.000 tahun yang lalu, zaman es berakhir. Glester tarakhir mencair, lalu laut membanjir. Danau Champlaine terhubung langsung ke laut selama 1500 juta tahun, sampai daratan naik kembali. Itu sebabnya di tepi danau penuh fosil hewan sungai yang terdampar, bahkan dengan mata telanjang kita dapat melihatnya,”jelasnya.

SEJARAH DAN LEGENDA CHAMP

Dua suku asli Amerika yang tinggal di daerah dekat Danau Champlain, Iroquois dan Abenaki, memiliki legenda tentang makhluk semacam itu. Suku Abenaki menyebut makhluk itu “Tatoskok”.

Sebuah cerita tentang suatu makhluk di Danau Champlain pada tahun 1609 oleh penjelajah Perancis, Samuel de Champlain (pendiri Québec dan nama danau di ambil dari namanya), yang telah melihat makhluk saat ia berperang melawan suku Iroquois di tepi danau. Meskipun penampakan tersebut tidak dicatat oleh de Champlain, namun para anggota dari ekspedisi-nya mencatat penampakan itu dalam buku hariannya.

Sebuah laporan di Plattsburgh Republican bertanggal 24 Juli 1819, berjudul “Cape Ann Serpent on lake Champlain”, berisikan sebuah cerita dari “Kapten Crum” tentang penampakan seekor monster serpentine yang sangat besar.

Laporan penampakan yang dimuat di media pertama terjadi pada tahun 1883 ketika Sheriff Nathan H. Mooney mengklaim bahwa ia telah melihat seekor ular air raksasa dari jarak sekitar 50 meter dari tempatnya berada di pantai. Dia mengklaim bahwa dia begitu dekat sehingga ia bisa melihat bintik-bintik putih bulat di dalam mulutnya dan bahwa makhluk itu tampak panjang tubuhnya sekitar 25 sampai 30 meter.

Fenomena Champ menjadi sangat populer sejak tahun 1880 ketika PT.Barnum, seorang pemilik sirkus terkenal menawarkan $50.000 bagi siapa saja yang dapat menangkap Champ, hidup atau mati. Para pemburu dan nelayan berlomba-lomba menangkap makhluk itu, namun tidak ada seorangpun yang berhasil.

map_of_lake_champlain.jpg

FOTO DAN VIDEO PENAMPAKAN

Sebuah rekaman video dari ‘makhluk’ yang kelihatannya sedang berenang di danau Champlain dekat Oakledge Park di Burlington pada tahun 2009 yang lalu telah memicu diskusi baru mengenai Champ , monster danau Champlain yang legendaris.

champ-olsen.jpg
Rekaman yang berdurasi hampir dua menit itu diambil saat matahari terbit pada hari minggu oleh penduduk lokal Burlington bernama Eric Olsen , menunjukkan sebuah objek sedang bergerak melintasi sebuah teluk kecil dan wilayah pantai di Park.

Di beberapa bagian dalam rekaman itu, objek itu kelihatannya seperti mengangkat kepalanya di atas permukaan air. Di bagian lain, apa yang sepertinya bagian badan makhluk itu sepanjang beberapa kaki juga dapat terlihat. “Aku hanya sedang merekam situasi danau ketika disudut mataku aku melihat sesuatu yang sedang bergerak. Aku segera mengalihkan kameraku kepadanya,” Kata Olsen, seorang Web Developer dan musisi.

“Anda dapat melihat makhluk itu bergerak secara horizontal dan vertikal, naik turun permukaan air. Terlihat ia memiliki tubuh yang panjang” Katanya. Olsen segera memposting videonya di Youtube. Tidak berani memastikan bahwa yang direkamnya adalah Champ, ia hanya memberi judul videonya “Strange Sighting on Lake Champlain.”

Loren Coleman , seorang ahli kriptozologi terkenal yang bermarkas di Portland, Maine, mengatakan bahwa rekaman Olsen adalah salah satu bukti terbaik sampai hari ini mengenai Champ. “Kita harus segera mencari tahu apa yang terlihat disitu.” Kata Coleman. “Film itu harus diteliti dengan serius.”

Sebelum rekaman ini, foto Champ yang terbaik adalah sebuah foto yang diambil tahun 1977 oleh Sandra Mansi dari Bristol ketika ia sedang berpiknik di danau itu dengan keluarganya. Foto itu diteliti dan dinyatakan asli hingga ditampilkan oleh majalah Time dan harian The New York Times.

champ77.jpg
Foto Champ Tahun 1977 Yang Diambil Oleh Sandra Mansi.

Mansi, yang berusia 68 tahun pada 2009 lalu, yang menyaksikan video Olsen mengatakan bahwa ada beberapa kesamaan dan juga perbedaan antara apa yang dilihatnya pada tahun 1977 dengan apa yang terekam oleh Olsen. “Aku memang melihat kesamaan bentuk kepala,” Katanya sambil membandingkan fotonya dan video Olsen. “Satu hal yang berbeda adalah ukuran panjang leher. Di rekaman itu, ukuran lehernya kurang panjang. Namun apapun yang dilihat Olsen, paling tidak ada hubungan dengan apa yang kulihat.

Scott Mardis dari Winooski, seorang ahli kriptozologi yang lain yang telah menghabiskan banyak waktu untuk meneliti legenda Champ mengatakan bahwa rekaman Olsen sangat meyakinkan dan terlihat asli. “Rekaman itu tidak terlihat seperti direkayasa,” Kata Mardis. “Objek di dalam rekaman itu memiliki tekstur yang sama dalam semua frame. Tidak terlihat seperti hasil rekayasa komputer.”

Mardis dan Coleman mengatakan bahwa gerakan ojek itu menunjukkan bahwa makhluk itu bukan berang-berang, rusa besar atau mamalia umum lainnya. Keduanya berpendapat bahwa makhluk itu kemungkinan seekor spesies anjing laut yang baru dengan leher panjang. Selama ini sebagian ahli berpendapat bahwa Champ adalah seekor berang-berang. “Memang banyak kemungkinan, namun apabila makhluk itu adalah anjing laut yang salah habitat, pasti akan menarik.” Kata Coleman.

Ellen Marsden , seorang profesor biologi di universitas Vermont memberikan pendapatnya bahwa makhluk itu kemungkinan seekor rusa besar yang sedang stress, bukan berang-berang. “Ikan atau makhluk air lainnya jarang bergerak selambat itu di air.” Kata Marsden. “Makhluk itu sepertinya tidak nyaman di dalam air. Ia berenang seakan-akan ada sesuatu yang salah.” Ia juga berkata bahwa anjing laut tidak berenang dengan punggungnya keluar dari air.

Olsen mengatakan bahwa ia belum pernah melihat objek itu sepenuhnya keluar dari danau. Ia berhenti merekam setelah dua menit karena terbatasnya memori ponselnya dan ia takut apa yang direkamnya akan hilang.

Selain rekaman diatas, ABC News baru-baru ini juga mendapatkan sebuah video ekslusif yang menunjukkan seekor makhluk bergerak di dalam danau Champlain. Video itu diambil oleh dua orang nelayan dengan kamera digital pada musim panas yang lalu. Sebelumnya kedua nelayan tersebut tidak percaya bahwa Champ benar-benar ada.

champ-abc.jpg

“Kami 100 persen yakin dengan apa yang kami lihat, namun kami tidak yakin 100 persen makhluk apa itu.” kata Peter Bodette , salah seorang dari nelayan tersebut. Sementara nelayan satunya lagi yang bernama Dick Affolter mengatakan, “Makhluk itu membuat aku merinding, aku belum pernah melihat makhluk seperti itu sebelumnya. Kami tidak melihat keseluruhan tubuhnya, namun kadang-kadang kami melihat beberapa bagian tubuhnya muncul ke permukaan”

PENJELASAN

Sampai sejauh ini, sudah ada ratusan laporan penampakan Champ. “Orang-orang melaporkan melihat sesuatu yang tidak biasa di danau, sesuatu yang seharusnya tidak ada di danau Champlain. Kemungkinan makhluk itu adalah makhluk purba yang seharusnya sudah punah.” Tulis Lohr McKinstry, reporter Press Republican yang telah menulis tentang Champ selama lebih dari 20 tahun.

Seorang ahli cryptozoology bernama Richard Greenwell menyatakan bahwa kemungkinan monster tersebut adalah Plesiosaurus karena lehernya yang panjang namun seharusnya reptil akuatik tersebut sudah punah 60-70 juta tahun lalu. Kemungkinan berikutnya adalah Zeuglodon , Paus yang berbentuk seperti ular yang sudah punah 2 juta tahun lalu.

Terlepas dari apakah monster champ Plesiosaurus ataupun Zeuglodon atau makhluk purba lainnya, tidak tertutup kemungkinan adanya sesuatu makhluk misterius didanau Champlain. Berikut adalah beberapa teori kemungkinan yang diterangkan oleh Ilmuwan:

*** DR.Karl P.N Shuker seorang ahli cryptozoology (Cryptozoologist) dari Inggris yang menyatakan bahwa mahluk didanau Champ adalah Plesiosaurus sama dengan mahluk Nessie yang menghuni Loch Ness . Plesiosaurus adalah Dinosaurus yang punah 65.5 juta tahun lalu dan merupakan mahluk berdarah dingin di zaman Mesozoic . DR.Karl Shuker menyatakan bahwa Plesiosaurus mungkin telah berevolusi dan beradaptasi dengan kondisi danau yang bisa sangat dingin disaat musim dingin tiba.
plex2.jpg
Plesiosaurus.

*** Roy P.Mackal adalah seorang ahli Cryptozoology yang paling mendukung teori bahwa mahluk tersebut adalah Basilosaurus , ia menyatakan bahwa penampakan-penampakan makhluk raksasa di beberapa tempat didunia adalah Zeuglodon atau disebut Basilosaurus, Seekor paus berbentuk seperti ular yang hidup dimasa Eocene dan punah 2 juta tahun lalu, bentuk tubuh dari mahluk tersebut hampir tepat seperti gambaran dari orang-orang yang menyaksikan kemunculan Champ. Mackal juga mengajukan hipotesis bahwa Champ adalah seekor Belut raksasa dalam bukunya The Monster Loch Ness tahun 1976.
basilosaurus.gif
Basilosaurus (image courtesy of National Geographic).

*** Bernard Heuvelmann dan Farren Naish mengajukan teori Champ adalah seekor Pinniped (nenek moyang Anjing Laut), bahwa makhluk yang tidak diketahui itu adalah Raksasa Pelagis berleher panjang. Anjing laut raksasa diperkirakan sebagai mahluk yang bertanggung jawab atas beberapa penampakan monster danau di banyak negara, namun permasalahannya adalah Anjing laut adalah mahluk sosial dan mereka selalu mengeluarkan suara yang bising, hal tersebut susah dipercaya bagaimana mereka bisa berdiam diri didasar danau dalam waktu yang lama tanpa ada yang melihat mereka.

*** Dennis Hall , Seorang peneliti Danau Champlain yang mengaku telah melihat Champ 20 kali, menurut Hall pada tahun 1976 ayahnya menangkap mahluk reptil yang cukup aneh didanau tersebut yang kemudian membawanya kepada para ilmuwan, mereka menyatakan bahwa tidak ada reptil yang seperti itu hidup saat ini, Sayangnya Specimen itu hilang. Hall kemudian melihat gambar dari Tanystropheus dan menyimpulkan bahwa mahluk tersebut adalah yang paling tepat untuk Champ. Namun juga banyak masalah untuk teory ini karena Tanystropheus spesies yang sangat khusus dari reptil air, dimasa Triassic , dan tidak mungkin makhluk tersebut bisa bertahan hidup hingga saat ini dan masih mendiami danau Champlain.
tanystropheus.jpg

Beberapa hal yang membuat teori-teori diatas terasa mustahil adalah sebuah makhluk raksasa dari zaman dinosaurus yang masih eksis hingga kini karena hingga kini belum ada satupun bukti atau membuktikan bahwa ada mahluk yang mempunyai umur yang lebih dari 1 milenium, apalagi berjuta-juta tahun. Dengan pengecualian mahluk bersel tunggal yang mampu membelah diri untuk mempertahankan hidupnya dalam rentang waktu yang lama, tidak ada ditemukan satupun mahluk yang mampu secara konsisten mereduplikasi dirinya. Jika maKhluk tersebut berkembang biak dibawah air bersama pasangannya, pertanyaannya adalah dari sejak masa kepunahan Dinosaurus hingga sekarang berarti sudah banyak dihasilkan kembali mahluk-makhluk itu, sudah pasti danau tersebut akan penuh oleh spesies keturunan mereka. Yang pasti Champ tetaplah sebuah Misteri hingga kini.(bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s