Ahool: Monster Kelelawar Gunung Salak

cryptid files.jpg
Ahool: Monster Terbang Raksasa Gunung Salak
ahoolheader-001.jpg

AHOOL
-Flying Cryptid (Giant Bat/Pterosaur/Flying Primate)
-1925
-Salak Mountains, West Java, Indonesia

bamssatria22.wordpress.com

Ahool adalah monster terbang yang berbentuk seperti kelelawar raksasa, beberapa pendapat mengatakan bahwa makhluk ini sejenis pterosaurus atau sejenis primata terbang. Seperti halnya monster-monster misterius lainnya, belum ada bukti nyata dari para ilmuwan yang mencoba membuktikan keberadaan monster ini.

ahool-001.jpg

Monster yang satu ini sangat susah untuk didokumentasikan dan hanya sedikit informasi yang didapat mengenai monster ini apalagi sampai saat ini belum ada bukti-bukti seperti kotoran, atau bulu yang bisa diteliti untuk membuktikan keberadaannya.

Menurut kabar Ahool menempati area hutan tropis di jawa. Wujudnya digambarkan mempunyai kepala seperti monyet, mata besar hitam, cakar yang besar di lengan, tubuhnya dipenuhi bulu abu-abu gelap, lebar bentangan satu sayap mencapai 3 meter(10 kaki).

ahool.jpg
Ilustrasi Ahool.

Menurut Loren Coleman dan Jerome Clark , Ahool pertama kali dilihat oleh Dr.Ernest Bartels yang pada saat itu sedang menyusuri Gunung Salak . Pada tahun 1925 Dr.Ernest Bartels sedang menjelajahi air terjun di lereng gunung salak, saat itu Kelelawar Raksasa menukik terbang diatas kepalanya.

gunung-salak-001.jpg
Gunung Salak.

Pada tahun 1927, sekitar pukul 11:30 malam, ketika Dr. Ernest Bartels berbaring di tempat tidurnya dalam pondoknya dekat sungai Tjidjenkol di Jawa barat, dia mendengar suara aneh yang berasal dari atas pondoknya berbunyi A Hool, dan tampaknya suara ini semakin keras. Dr. Bartels mengambil obor dan keluar dari pondok. Kurang dari 20 detik dia mendengar lagi suara A Hool. Ternyata itu adalah kelelawar raksasa yang dia lihat dua tahun lalu. Bartels mengira makhluk ini bukan kelelawar, melainkan burung raksasa.

Salah satu pendukung keberadaan makhluk ini adalah ahli cryptozoologi bernama Ivan T. Sanderson yang mengatakan bahwa makhluk ini sejenis pterosaurus yang beradaptasi. bulu yang tumbuh di tubuhnya dikatakan untuk mengurangi panas yang diterima. Sanderson tertarik dengan makhluk ini dikarenakan, dia juga pernah bertemu dengan makhluk kelelawar raksasa di Gunung Assumbo, Kamerun, Afrika yang bernama Kongamato . Sebagian Peneliti juga mengira Ahool adalah sisa pterosaurus .

kongamato-001.jpg
Ilustrasi Kongamato.

pterosaure.jpg
Pterodactyl (Pterosaurs).

Berdasarkan ciri-cirinya, Ahool mirip dengan Javan wood owl (Strix (leptogrammica) bartelsi) yang memiliki wajah dengan mata hitam yang besar, dan bulu yang membuatnya terlihat besar, lalu paruhnya yang kecil. Karateristiknya yang tersendiri adalah tertutupi bulu keabu-abuan, dan mengeluarkan suara “HOOOH”yang hampir mirip dengan suara “A HOOOOOL”jika terdengar secara samar-samar. Seperti semua burung hantu besar, mereka menakuti semua makhluk yang masuk teritori mereka pada saat musim kawin. Mereka akan menyerang musuhnya dari atas dan belakang dan tanpa disadari lawannya. Selain itu, Javan wood owl ini merupakan burung langka yang sulit diteliti.

strix-leptogrammica.jpg
Javan Wood Owl.

Atau mungkin saja mahluk ini adalah salah satu dari dua jenis burung hantu bertelinga lebar yang berada di jawa yaitu burung hantu tutul (Strix seloputo) atau mungkin sejenis burung hantu tutul yang berasal dari amerika utara atau burung hantu coklat Eurasia atau bahkan mungkin burung hantu elang (horned owl) yang panjang tubuhnya mencapai 40-50 cm dengan bentangan sayap mencapai 1,2 meter. Tetapi anggapan ini dibantah karena bentangan sayap makhluk tersebut tidak menyamai makhluk yang dilihat Dr. Ernest Bartels.

seloputo.jpg
Strix Seloputo.

Sekarang mungkin Ahool ini sudah sulit ditemukan, dikarenakan rusaknya habitat di gunung Salak. Sampai sekarang makhluk ini belum dilaporkan muncul kembali. Dan akan menjadi salah satu misteri Indonesia yang terpendam selamanya.(bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ahool: Monster Kelelawar Gunung Salak

  1. ebonk berkata:

    bentuk spt kelelawar setinggi manusia dewasa pernah saya lihat tahun 2015 lalu di desa eromoko wonogiri,,barangkali instansi terkait bisa melakukan penelitian lebih lanjut tentang keberadaan Ahool di daerah ini..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s