Ogopogo: Monster Danau Okanagan

cryptid files.jpg
Ogopogo: Monster Danau Okanagan
ogopogohead-001.jpg

OGOPOGO
-Lake Monster Cryptid
-1850
-Lake Okanagan, British Columbia, Canada

bamssatria22.wordpress.com

Ogopogo atau Naitaka adalah sebutan yang diberikan bagi makhluk kriptid misterius yang menghuni danau Okanagan, British-Columbia. Danau ini tidak terlalu luas, mirip sebuah sungai panjang dengan lebar 4km dan lebar 135 km. Kedalaman danau ini mencapai 232 meter, sedalam laut dangkal. Karena konturnya ini Ogopogo sering disebut ‘saudara Loch Ness’ karena keduanya terletak di latitude yang sama, kedalaman yang mirip dan kontur yang juga amat mirip.

Nama Ogopogo diambil dari sebuah lagu yang populer di Inggris tahun 20-an. Lagu ini sama sekali tak ada hubungannya dengan monster ini sebenarnya, namun belakangan lagu ini terkenal di Kanada dan entah bagaimana dipakai untuk menyebut monster penghuni danau Okanagan. Berikut cuplikan liriknya;
I’m looking for the Ogopogo.
The bunny-hugging Ogopogo.
His mother was a mutton, his father was a whale.
I’m going to put a little bit of salt on his tail.
I’m looking for the Ogopogo.

Legenda tentang keberadaan makhluk misterius di danau Okanagan telah ada sejak zaman dahulu, dikisahkan turun temurun oleh suku-suku Indian . Sebelum wilayah Okanagan jatuh ke tangan orang kulit putih, orang Indian sering memberikan persembahan hewan kecil bagi makhluk penghuni danau itu, khususnya di sekitar rattlesnake island . Kebetulan atau bukan? banyak kesaksian tentang ogopogo di masa modern juga diperoleh di sekitar pulau ini. Makhluk ini mereka sebut Nha-a-itk .

Selama puluhan tahun terakhir Ogopogo telah disaksikan puluhan orang, dan ada puluhan foto dan banyak film. Keberadaan makhluk ini punya kesaksian yang lebih kuat dibanding Nessie. Umumnya kesaksian berupa makhluk berupa ular raksasa sepanjang 8-30 meter. Kesaksian ini cukup konsisten dari tahun ke tahun. Sayang sejauh ini tak ada orang yang punya keberanian cukup untuk menyelam dan mengambil foto makhluk ini dibawah air, sehingga tak ada yang tak tahu persis bagaimana bentuk sesungguhnya. Mengingat banyaknya kesaksian dan konsistensinya maka keberadaan makhluk misterius di danau Okanagan ini sulit disangkal dan ratusan orang berani bersumpah atas keberadaan makhluk ini.

Topik pembicaraan mengenai eksistensi makhluk misterius danau Okanagan ini sudah terdengar kisahnya sejak tahun 1850, dimana pada awal tahun itu untuk pertama kalinya Ogopogo menampakkan dirinya kepada para wisatawan dan penduduk setempat.

Para saksi mata yang melihatnya menuturkan bahwa suatu makhluk dengan perawakan yang besar, berwarna gelap dan memiliki bentuk tubuh yang panjang telah muncul kepermukaan air dan berenang menyusuri tengah danau. Kejadian itu berlangsung dalam waktu yang cukup lama, sehingga mereka dapat lebih leluasa untuk mengamati dan mengidentifikasi makhluk tersebut.

Menurut mereka, makhluk tersebut bukannlah seekor ular, walaupun sedikit memiliki kesamaan bentuk pada tubuh-nya. Seekor ular tidak ada yang memiliki ukuran tubuh sebesar dan sepanjang makhluk ini. Banyak orang yang mendengarkan penuturan para saksi mata justru mencemooh mereka, mungkin makhluk tersebut memang benar-benar seekor ular, tetapi terlalu dibesar-besarkan mengenai penggambaran sosoknya, sehingga menjadi suatu hal yang mengemparkan.

Namun, pendapat orang-orang yang menganggap makhluk tersebut hanyalah seekor ular aKhirnya tumbang juga ketika pada pertengahan tahun 1957, untuk kali pertamanya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan menggunakan kamera film 16 mm oleh salah seorang wisatawan. Dari beberapa identifikasi yang dilakukan oleh pakar-pakar zoologi dari hasil foto otentiknya, mereka sepakat menyatakan bahwa memang makhluk tersebut bukan merupakan seekor ular dan sejenisnya.

Sejak saat itulah, topik pembicaraan mengenai Ogopogo yang beberapa tahun silam menjadi sebuah kontroversi kini mulai mencuat dilapisan masyarakat. Dan, sampai saat ini pun belum ada kepastian mengenai identitas yang berhasil digali dari makhluk tersebut, hanya saja banyak pakar yang menganggap Ogopogo sebagai salah satu spesies Oar Fish yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari spesies sejenisnya. Hanya saja yang masih membingungkan,jika Ogopogo benar-benar merupakan salah satu spesies Oar Fish, mengapa bentuk fisik kepalanya sama sekali berbeda? dan satu lagi yang membuatnya semakin membingungkan adalah cara dia berenang bergerak menyusuri danau yang selalu memperlihatkan bentuk seperti punuk-punuk berjejer (mengombak), dimana gerakan seperti itu sangat berbeda sekali dengan cara berenang seekor oar fish maupun ular sekalipun.

Nampaknya Ogopogo ini termasuk katagori makhluk misterius yang hampir disetiap tahunnya selalu muncul kepermukaan danau dan banyak wisatawan yang mengabadikan sosoknya melalui kamera dan video recorder.

Telah banyak foto dan video beredar yang diduga sebagai penampakan Ogopogo, Cryptozoolog Roy Mackal yakin bahwa tidak hanya satu ekor Ogopogo yang mendiami danau Okanagan, melainkan ada sekelompok Ogopogo. Para penulis juga melakukan penyelidikan atas lusinan laporan penampakan dan melakukan wawancara dengan sekian orang terkait, yang kemudian melahirkan buku “The Okanagan Mystery” karya Mary Moon dan “Ogopogo” karya Arlene Gaal .

Kebanyakan monster air yang dikenal orang dideskripsikan sebagai makhluk mirip plesiosaurus, namun Ogopogo berbeda. Ia memiliki badan yang sangat panjang, sirip, namun tak memiliki badan besar seperti plesiosaurus atau dinosaurus air purba. Ia lebih menyerupai naga laut bersirip.

Satu hal yang pasti, Ogopogo bukanlah ular laut. Cara ia bergerak amat berbeda. Juga kebiasaannya muncul di permukaan air laut, memamerkan punuk-punuk atau lengkungan punggungnya tak mungkin dilakukan seekor ular laut. Perbedaan utama tentu saja, ular laut tak punya sirip sedang sejumlah penampakan ogopogo menunjukkan makhluk ini bergerak dengan bantuan sirip.

Beberapa cryptozoolog berpendapat makhluk ini adalah sejenis dengan cadbosaurus , cryptid laut yang juga misterius keberadaannya. Asumsi tentang Cadbosaurus jgua diperkuat tentang beberapa kesaksian bahwa ‘kepalanya mirip kepala kambing’. Ogopogo mampu berenang sangat cepat (mencapai 60km perjam). Sementara, Cryptozoolog Karl Shuker kemudian menggolongkan Ogopogo sebagai jenis hewan berpunuk dan mungkin sejenis basilosaurus .

basilosaurs.jpg
Basilosaurus.

Memang harus diakui, bahwa sampai saat ini penelitian terhadap Ogopogo masih kurang gencar dilakukan oleh para ilmuan. Ogopogo seakan-akan tenggelam oleh kepopuleran Nessie yang lebih banyak mendapat sorotan dari para peneliti dan masyarakat umum. Tapi Berbeda dengan nessie, pada misteri Ogopogo tak ada foto hoax sama sekali. Begitu banyak evidens ogopogo sahih dan tak menimbulkan perdebatan.

Setidaknya berkat Ogopogo-lah danau Okanagan yang tergolong tidak terlalu indah, kini dapat terkenal dimasyarakat dunia dan menjadi salah satu sektor pariwisata utama bagi Canada.

PENAMPAKAN OGOPOGO

****1872 – Ogopogo muncul untuk kali kedua-nya pada tahun ini, dua orang wisatawan Amerika Mr. John Allison dan Mrs.Allison adalah orang yang melaporkan kemunculannya.
ogopogo1872.jpg
Illustrasi pemunculan Ogopogo 1872, berdasar kesaksian Mrs.Susan Allison. Panjangnya konon mencapai 20 meter.

****1880 – Mr.Postill juga mengaku melihat penampakan Ogopogo.

****1926 – Merupakan awal kepopuleran Ogopogo, dimana para saksi yang mengendarai setidaknya 30 mobil, mengaku melihat makhluk misterius muncul dari danau Okanagan. Di tahun yang sama, Bobby Carter menulis untuk Vancouver Sun , “terlalu banyak orang yang melaporkan melihat makhluk itu, tampaknya sulit untuk mengabaikan kesungguhan bahwa makhluk itu tidak ada.”

****1930 – Mrs.Marjorie Pritchard melihat objek berwarna putih bergejolak di danau.

****1932-1933 – Henry Murdoch hilang saat berenang di danau Okanagan. Setelah dua hari dilakukan pencarian, tubuh Henry tetap tidak ditemukan. Henry Murdoch terkenal sebagai perenang hebat di Okanagan, sangat aneh ia bisa menghilang di danau yang saat itu sangat tenang.

****1939 – Norma Freeborn juga mengaku melihat Ogopogo saat berenang di danau Okanagan.

****1940 – Mrs.Derrickson mengaku melihat Ogopogo dua kali. Ditahun yang sama, James Earl dan puteranya, melihat makhluk berpunuk dengan kepala seperti kambing atau domba, muncul dipermukaan danau.

****1947- Penampakkan monster Ogopogo pada tanggal 2 Juli 1947, ketika sejumlah pelaut melihat monster Ogopogo secara bersamaan. Mr.Kray , salah satu saksi yang menggambarkan bahwa hewan itu memiliki tubuh berliku-liku yang panjangnya 30 kaki. Sekitar lima punuk yang tampaknya terpisah satu sama lain berjarak dua kaki.

****1949 – tepatnya tanggal 2 Juli 1949, binatang itu diamati oleh Mr. Lelie L.Kerry bersama keluarga W.F Watson sedang berperahu ketika mereka melihat bentuk seperti ular berukuran besar dalam air. Menggerakan badan secara vertikal kadang-kadang di atas dan kadang di bawah permukaan air danau. Panjangnya seitar 30 kaki,dan garis tengahnya sekitar 1 kaki, dengan ekor berbentuk garpu yang dikibaskan ke atas dan ke bawah. Isri dari Mr. Kerry yang saat itu tinggal dirumahnya yang kebetulan menghadap danaupun turut melihatnya, dan memanggil tetangganya, Dr.Stanley dan isterinya. Semuanya bergegas melihat makhluk yang muncul kira kira selama 15 menit. “Monster ini terlihat tidak sendirian karena jarak dari beberapa lengkungan badannya.” Cerita Dr.Stanley.

****1949 – Saat itu danau sangat tenang, pada jarak sekitar 200 yard, Dr. Underhill melihat beberapa punuk bergerak dipermukaan danau. Saat itu tidak ada perahu motor, Dr. Underhill kemudian menggunakan teropong dan melihat dua ekor Ogopogo yang memiliki semacam sirip.

****1953 – Diane Rankin mengaku melihat punuk yang muncul dipermukaan danau dan menyebabkan riak saat punuk tersebut masuk kembali ke dasar danau.

****1957 – Untuk pertamakalinya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan kamera film 16mm oleh Geoffrey Tozer .

****1959 – Kembali Ogopogo muncul dan sempat diabadikan oleh keluarga R.h. Miller , Seorang wartawan yang sedang naik perahu di Danau Okanagan pada tanggal 17 Juli 1959, R.H Miller dan isterinya serta teman mereka Martin beserta anak dan isterinya melihat monster besar mengikuti perahu merkea dengan jarak 250 kaki. Kemudian Martin yang saat itu memegang kemudi membalikan perahu agar dapat melihat dengan baik. Dikatakan jika makhluk itu berkepala seperti ular dan berhidung tumpul. Binatang itu kemudian perlahan menyelam dan menghilang.

****1964 – Ogopogo dilaporkan kemunculannya oleh Mr. dan Mrs.Pat Marten , mereka memperkirakan hewan tersebut mempunyai panjang tubuh 20 meter lebih.

****1964 – Foto yang diambil oleh Eric Parmenter , saat itu Eric begitu melihat ogopogo, ia berlari dengan kamera dan mampu mengambil gambar di bawah ini.
ogopogoparmenter.jpg

****1976- Foto Edward Fletcher dari North Vancouver, panjang ogopogo sekitar 14 meter.
ogopogofletcher.jpg

****1975 – Dilaporkan terlihat objek sepanjang 15 kaki di danau Okanagan. Ditahun yang sama, Mrs.Proudfoot mengaku melihat tiga punuk yang menyebabkan danau bergejolak.

****1979 – Gaal PHOTO, 28 Mei 1979. Penampakan kedua Ogopogo yang berhasil diambil gambarnya oleh seorang penulis, Arlene Gaal di Kinsmen beach di Kelowna.
ogopoggaal.jpg

****1981- Foto yang diambil oleh anggota keluarga Wachlin tahun 1981, di dekat rattlesnake island.
wachlinogopogo.jpg

****1984 – Photo taken by a Svensson family member.

****1985 – John Raeside melihat objek besar bergerak dibawah air, yang sekilas mirip ikan paus.

****1987-1990 – Secara berturut-turut dalam periode tahun tersebut, John Kirk (salah seorang peneliti Ogopogo dari British Columbia Scientific Cryptozoology Club ) berhasil mengambil gambar sosoknya, bahkan untuk yang pertamakalinya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan Video recorder. Kirk mengaku yakin ada makhluk tak dikenal hidup di Danau Okanagan. “Saya yakin ada beberapa makhluk tak dikenal hidup di danau ini,” katanya seperti dikutip Foxnews .

****1995 – Pada musim panas, seorang wanita mengklaim melihat makhluk berleher panjang berenang melintasi danau.

****1997 – 03 April 1997, dua pria mengaku melihat makhluk dengan panjang 50 kaki dan lebar 5 kaki. Lalu pada 07 Juli 1997, seorang wanita melaporkan melihat 4 punuk disekitar danau. Ia mengaku telah beberapa kali melihat makhluk tersebut. Pada tahun yang sama, sebuah replika Ogopogo kemudian dibuat di Kelown City Park , dengan panjang 6 kaki. Tanggal 19 September tahun yang sama, dalam rangka usaha pencarian, diletakkan sekitar 6 kamera dibawah air untuk mencoba merekam penampakan Ogopogo.
738px-ogopogo_statue.jpg
Replika Ogopogo di Kelowna, British Columbia.

****1998 – Musim semi, Ogopogo kembali menampakkan diri sebanyak 2 kali.

****2000 – Pada ekspedisi yang dilakukan di tahun ini, sekelompok pemburu monster dengan menggunakan teknologi sonar, menangkap objek sepanjang 15 meter.

****2001-2002 – Kesaksian terbaik tentang monster ogopogo diperoleh oleh Dans Basaraba . karena ukurannya tak terlalu besar para cryptozoolog berspekulasi bahwa yang direkam Basaraba sekedar ‘anak Ogopogo’ atau ‘Ogopogo remaja’. Yang menarik pada rekaman ini adalah bentuk sirip-sirip yang relatif agak besar di sekitar tubuhnya, dan adanya gelang-gelang putih. Ini memperkuat dugaan ‘anak ogopogo’ karena pada kesaksian ogopogo berukuran besar gelang-gelang putih ini tak ada.
ogopogo-dan.jpg

****2002 – Februari, stasiun televisi Jepang datang ke Okanagan untuk mencari Ogopogo, tapi tidak mendapatkan hasil. Lalu pada 18 April 2002, 14 kru mengaku melihat 2 punuk besar berwarna hitam berkilau, muncul dipermukaan air.

****2004 – Pada 04 juni, penampakan Ogopogo di laporkan di CKOV Radio . Lalu pada 22 Oktober di tahun yang sama, John Casorso melaporkan video rekaman Ogopogo yang diambil pada 09 Agustus 2004.

****2007 – Pada 13 oktober, dilaporkan terlihat 3 punuk berwarna coklat/hitam dengan panjang 3 kaki, berenang perlahan dipermukaan danau.

****2008 – Sebuah rekaman Ogopogo diserahkan ke National Geographic . Di tahun ini, History Channel juga mendokumentasikan ekspedisi yang dilakukan bulan November 2008.

****2009 – Pertengahan tahun 2009, Ogopogo disinyalir tertangkap Google Earth . Gambar di bawah ini didapat oleh Abdul aziz dari Kuwait. Ketika ia mengetahui tentang danau Okanagan di Kanada yang menyimpan misteri makhluk bernama Ogopogo, ia memutuskan untuk melihat danau tersebut dengan google earth. Dan tanpa sengaja ia melihat suatu bayangan hitam yang misterius.
okanaganlake1_400x264a.jpg
Bayangan hitam diatas biasa berarti apa saja, namun bentuknya yang menyerupai plesiosaurus dengan dua sirip cukup membangkitkan rasa ingin tahu para peneliti.

****2010 – Dilaporkan terlihat objek sebesar bus berwarna coklat atau hijau.

Pemburu legendaris Bill Steciuk dan Len Melnyk memimpin pencarian Ogopogo dengan dilengkapi pencari panas, teknologi hydrosound, sonar dan sekelompok penyelam. Pada kedalaman 60 kaki ditemukan bangkai yang diduga sebagai spesies baru yang belum pernah dikenali sebelumnya. Bangkai tersebut kemudian dibekukan dan dikirimkan ke Biodiversity Institute untuk diteliti lebih lanjut, dan akan dilakukan pemeriksaan DNA. Tapi, Seperti makhluk Cryptid lainnya, Ogopogo adalah misteri sepanjang masa, belum ada bukti otentik untuk memindahkan kategori Ogopogo dari Cryptozoology ke Zoology.(BS-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s