Penampakan Si Manusia Ngengat: Mothman

cryptid files.jpg
MOTHMAN: Penampakan Dan Teori Keberadaannya
mothman-001.jpg

MOTHMAN
-Legendary Moth-Like Creature
-Nov 12, 1966
-West Virginia
bamssatria22.wordpress.com

Mothman adalah sebuah nama yang diberikan kepada satu mahkluk legendaris yang berwujud mirip Ngengat yang dilaporkan terlihat di Point Pleasant, Virginia barat antara tanggal 15 November 1966 hingga 15 Desember 1967. Banyak saksi menyatakan bahwa Mothman adalah makhluk yang bersayap seperti ngengat, tinggi seukuran manusia dan yang paling menonjol adalah kedua matanya yang merah menyala. Terkadang ada beberapa saksi yang mengatakan bahwa makhluk itu tidak memiliki kepala dan matanya ada di dadanya. Laporan penampakan pertama di terbitkan di surat kabar Point Pleasant Register tanggal 16 November 1966, berjudul “Couples See Man-Sized Bird…Creature…Something”

mothman_statuejpg.jpg
Patung Mothman dari bahan stainless steel di Point Pleasant.

Menurut Artis Robert Roach yang mengaku pernah menyaksikan penampakan mahluk Mothman. Makhluk itu digambarkan manusia setengah binatang berukuran besar dengan sayap dan mata merah reflektif atau bercahaya, ilmuwan mencoba menghubungkan Mothman dengan burung hantu, dan menganggap penglihatan tentang mahluk Mothman hanya refleksi dari pandangan malam atau si pelapor hanya mengalami fatamogana, namun karena ukuran dan karakteristiknya yang berbeda berdasarkan banyaknya laporan , diyakini bahwa Mothman adalah fenomena paranormal dan bukan fatamorgana.

LAPORAN PENAMPAKAN

Kesaksian pertama tentang Mothman datang pada tanggal 12 November 1966 dari 5 pria yang sedang berada di pekuburan Clendenin di West Virginia mempersiapkan sebuah acara penguburan. Ketika mereka sedang bekerja, mereka menyadari adanya satu makhluk yang berbentuk manusia berwarna gelap muncul dari antara pepohonan dan kemudian terbang melewati kepala mereka.

Laporan lain berasal dari dua pasang suami istri muda dari Point Pleasant bernama Roger and Linda Scarberry dan Steve and Mary Mallette . Suatu malam pada tanggal 15 November 1966, mereka sedang melakukan perjalanan malam dengan mobil milik Scarberry. Mereka melewati sebuah wilayah pabrik-pabrik di Virginia barat yang bernama TNT . Nama itu diberikan karena pada masa perang dunia kedua, pabrik itu digunakan sebagai lokasi pembuatan amunisi. Ketika mereka melewati area tersebut, mereka melihat adanya dua mata merah besar di kegelapan malam dekat gerbang pabrik. Mereka menghentikan mobil dan akhirnya menyadari bahwa kedua lampu merah tersebut adalah sepasang mata milik satu makhluk aneh. Dalam deskripsinya, mereka mengatakan,”Makhluk itu memiliki tinggi dan bentuk seperti manusia, mungkin tingginya sekitar 1,8 meter dan memiliki sayap yang terlipat di punggungnya.”

mothman-002.jpg

Dengan ketakutan, mereka segera memacu mobilnya menuju route 62. Makhluk itu segera bereaksi dengan terbang mengejar mereka. Mereka menyadari bahwa makhluk itu semakin mendekat walaupun mobil dikemudikan dengan kecepatan lebih dari 100 mil/jam. Namun kemudian, makhluk itu menghilang secara misterius.

Polisi yang menerima laporan dari kedua pasangan tersebut langsung menuju Route 62 menuju gedung pengadilan Mason County dan menemukan makhluk tersebut sedang berdiri di atas punggung bukit dekat jalan. Polisi langsung menembak ke arah mahluk itu, yang lalu terbang dengan cepat ke langit.

Menurut Deputi Sherif Millard Halstead yang menerima laporan mereka ,”Saya mengenal anak-anak ini seumur hidup mereka, mereka tidak pernah membuat onar. Mereka benar-benar ketakutan malam itu. Saya menanggapi laporan mereka dengan serius.”

Setelah berita itu menyebar ke penduduk lokal, beberapa pria dengan senjata segera menyisir wilayah TNT untuk mencari tanda-tanda keberadaan makhluk tersebut. Namun tidak ada jejak apapun yang ditemukan.

Pada Malam yang sama, sekitar pukul 10.30 malam. Newell Partridge , seorang Kontraktor bangunan lokal, yang tinggal di Salem, sekitar 90 mil dari Point Pleasant, sedang menonton TV yang tiba-tiba layarnya menjadi hitam dan pola aneh mengisi layar tersebut. Dia mendengar suara dari luar rumahnya yang bersuara seperti generator. Anjing milik Newell, Bandit , mulai berputar-putar dan menggonggong di beranda depan.

Newell lalu melihat Bandit terfokus pada sebuah gudang jerami yang berjarak sekitar 150 yard dari rumahnya. Newell pun menyalakan senternya dan mengarahkannya pada gudang tersebut, terlihatlah dua buah lingkaran seperti mata yang menakutinya. Bandit yang sangat protektif itu berlari menuju tempat mata bersinar itu, Newell berusaha memanggil anjingnya untuk kembali tapi anjingnya tidak memperdulikannya.

Newell kembali kerumahnya dengan ketakutan, dua hari kemudian, saat Newell membaca koran, dikatakan di koran bahwa Roger Scarberry melihat seekor anjing besar di pinggir jalan sebelum mothman muncul. Mungkinkah ini tubuh Bandit?

Kesaksian berikutnya datang dari Pasangan Raymond Wamsley and Marcella Bennett . Ketika mereka hendak berkendara untuk mengunjungi sahabat mereka Ralph Thomas yang tinggal di Bungalow di antara Igloo (Bangunan berbentuk kubah yang digunakan untuk menyimpan senjata) di dekat TNT. Mereka menyadari adanya satu figur yang muncul di belakang mobil mereka yang sedang diparkir. Menurut Nyonya Bennett sepertinya makhluk itu sedang berbaring dan kemudian perlahan-lahan bangkit dari tanah. Dan terlihatlah bentuknya yang besar berwarna abu-abu dengan sepasang mata yang merah menyala dan sayap yang terlipat dipunggungnya. Nyonya Bennet begitu ketakutan sehingga ia menjatuhkan anaknya, Teena yang sedang digendongnya. Ketika Wamsley menelepon polisi, makhluk itu menghilang .

Kesaksian lain mulai susul menyusul dan cerita ini mulai tersebar dengan luas. Pada tanggal 24 November berikutnya, 4 orang menyaksikan makhluk tersebut terbang melintasi area TNT.

mothman..jpg

Pada tanggal 25 November pagi, Thomas Ury yang sedang berkendara di rute 62 mengaku menyaksikan satu makhluk sedang berdiri di ladang, kemudian merentangkan sayapnya dan terbang. Ia segera memacu mobilnya ke kantor sherif untuk memberikan laporan.

Tanggal 26 November, Nyonya Ruth Foster dari Charleston, melihat Mothman berdiri di perkarangan depan rumahnya. Tapi makhluk itu hilang saat saudara tirinya keluar untuk melihat.

Media mulai meliput penampakan makhluk ini. Seorang reporter dari koran Ohio menjuluki makhluk ini dengan sebutan Mothman (manusia ngengat). Hal ini dikarenakan adanya saksi yang mendeskripsikan sayap makhluk tersebut yang berbentuk seperti sayap ngengat.

Deskripsi lain tentang Mothman adalah adanya suara mencicit yang dikeluarkan makhluk tersebut. Saksi lain bahkan mendeskripsikan suaranya seperti seorang wanita yang sedang menjerit.

Penampakan-penampakan terus terjadi hingga tahun berikutnya. Pada tanggal 15 Desember 1967, sebuah jembatan yang bernama Silver Bridge yang dibangun pada tahun 1928 runtuh dan menewaskan 46 orang. Laporan yang masuk menyatakan adanya penampakan Mothman beberapa saat sebelum jembatan itu runtuh.

silver_bridge_collapsed,_ohio_side.jpg

Pada malam runtuhnya jembatan, masyarakat sekitar melaporkan adanya cahaya-cahaya misterius tampak di langit. Dan Beberapa hari kemudian, seorang reporter bernama Mary Hire kedatangan seseorang misterius dengan baju hitam dan dasi ( Men In Black ). Mereka berkata bahwa mereka ingin mengetahui penampakan tentang cahaya-cahaya di langit (bisa dikatakan, UFO ).

Dan mungkin karena peristiwa-peristiwa misterius terjadi secara berurutan di Point Pleasant, maka spekulasi berkembang sedemikian rupa. Seorang penulis bernama John Keel , pada tahun 1975 menulis sebuah buku berjudul “The Mothman Prophecies” yang mengkaitkan Mothman dengan aktifitas Parapsikologi, UFO dan Men in Black.

Apapun makhluk yang bernama Mothman, dapat dipastikan bahwa makhluk itu bukan tipuan. Mengingat lebih dari 100 orang mengaku pernah berjumpa dengannya. Laporan penampakan tersebut bahkan meluas ke wilayah Ohio, Galipolis, Salem, St Albans, Lowell, Maysville dan Kentucky.

DESKRIPSI DAN PENJELASAN ILMIAH

Siapakah Mothman Sebenarnya? Dari laporan-laporan diatas, bisa diketahui bahwa Mothman memiliki ciri-ciri seperti berbentuk seperti manusia bersayap, berarti Mothman bergerak dan memiliki 2 kaki, ini bisa menyangkal bahwa mothman adalah ngengat mengingat kaki pada ngengat terdapat 3 pasang kaki.

Berikutnya adalah matanya yang merah menyala, Ngengat biasanya memiliki corak berbentuk seperti mata pada bagian sayap guna menakuti pemangsanya, tapi dikatakan di laporan adalah “Matanya Bersinar” tidak hanya merah tapi juga bersinar. Fenomena ini disebabkan adanya Tapetum Lucidum , Sebuah lapisan pada mata yang terletak dibelakang retina yang berguna melihat dalam kegelapan atau Night Vision , Lapisan ini hanya ada pada beberapa hewan vertebrata.

kucing.jpg
Mata Kucing Yang Bersinar Di Malam Hari.

Sinar mata ini beragam, Sinar mata putih dimiliki Ikan, sinar biru dimiliki mamalia seperti kuda, sinar Kuning dimiliki mamalia seperti Kucing, Anjing, dan Rakun. Sedangkan Sinar mata merah dimiliki oleh Pengerat, Possum, dan burung. Karena Mothman memiliki Sinar mata merah, bisa dikatakan Mothman adalah burung yang salah di Identifikasi. Masalahnya burung apakah itu?

Ciri berikutnya adalah tubuh Mothman, dia memiliki tubuh tinggi sekitar 5 – 7 kaki(152,4 cm – 213,6 cm) hewan ini pastinya besar, karena ukuran ini banyak orang yang mengira Mothman adalah seekor Sandhill Crane (Grus Canadensis) .

mothma18_small-001.jpg

Makhluk ini memang memenuhi ciri-ciri Mothman, yang berupa, bersayap, tubuh besar, dua kaki, mata merah menyala. Akan tetapi teori mengenai Sandhill Crane ini tidak memenuhi salah satu ciri mothman yaitu Tidak berkepala, beberapa saksi dan sketsa menggambarkan mothman tidak memiliki kepala. Tapi bagaimana dengan burung yang satu ini? lehernya panjang, jauh dari tidak berkepala. Inilah Ciri yang sangat aneh untuk sang monster, tidak ada hewan yang tidak berkepala, terkecuali jika hewan tersebut memiliki leher pendek sehingga pada malam hari terlihat bahwa makhluk tersebut tidak berkepala atau hewan itu sedang menunduk, jika Sandhill Crane ini menunduk memang terlihat tidak berkepala, tapi apa selama dia dilihat orang burung ini selalu menunduk?

grus_canadensis.jpg
Sandhill Crane.

Para ilmuwan condong kepada Burung Hantu dan Burung Elang, Burung hantu memiliki leher pendek sekali, seakan terlihat kepala dan tubuhnya menyatu, sehingga pada malam hari ketika manusia sulit melihat dalam kegelapan, orang akan tertipu oleh lehernya yang pendek ini. Warna tubuh burung ini terlihat agak keabu-abuan. Sayangnya Burung hantu tidak mencukupi ciri mothman yang memiliki tubuh tinggi besar, ukuran burung hantu kecil, terkecuali jika Burung hantu tersebut mengalami Gigantisme atau Mutasi.

strix-varia.jpg

Berikutnya adalah burung elang, tidak memiliki leher sependek burung hantu. Elang juga memiliki tubuh sepanjang 70-84 cm untuk Golden Eagle . Elang juga memiliki kecepatan sekitar 50 -80 Km/jam. memang tidak bisa menandingi kecepatan mothman namun cukup mendekati. Ukuran tubuh burung ini pun kurang besar.

goldeneagle.jpg
Golden Eagle.

Ditinjau dari segi Sketsa dan foto, di bawah ini Sketsa Mothman yang sering dijumpai. berdasarkan sketsa ini, kita dapatkan semua ciri mothman diatas, semuanya benar, tapi lihat kepalanya dan sayapnya, sayap di sketsa sangat besar dibanding tubuhnya juga dilipat ke samping tubuh. Sedangkan Kepalanya aneh, tinggi sayap lebih tinggi dari matanya, karena inilah dia dikatakan tidak berkepala. Adakah hewan yang tidak berkepala? atau sayapnya lebih tinggi dari tinggi mata seharusnya?
sketsa-mothman.jpg

PENJELASAN PARANORMAL: TEORI ALTERNATIF

Ada beberapa teori Alternatif untuk Mothman, yaitu Mothman sebenarnya adalah Men In Black, kelompok misterius berbaju hitam yang suka membuat saksi mata UFO untuk tutup mulut. Jika benar seperti ini, ada alasan mengapa Mothman biasanya berada di sekitar TNT, karena siapa tahu disana masih ada sisa senjata atau disimpan senjata rahasia disana. Mereka menakuti orang yang melintas di daerah itu agar tidak mendekat.

Teori lain mungkin Mothman adalah spesies baru. Dilihat dari ciri-cirinya, Monster yang satu ini memiliki ciri yang sulit ditemukan pada hewan biasa. Atau Mothman bisa dikatakan juga seekor makhluk zaman dahulu kala yang masih bertahan hidup hingga sekarang, Seperti burung raksasa Teratorn , berbentuk mirip seperti condor tapi memiliki ukuran sangat besar.

John Keel percaya bahwa Point Pleasant adalah wilayah “jendela” dimana sering terdapat laporan tentang penampakan aneh, monster dan kedatangan orang-orang misterius. Para penduduk percaya bahwa peristiwa-peristiwa misterius di Point Pleasant adalah akibat dari kutukan Cornstalk yang ditujukan kepada Point Pleasant pada tahun 1770-an.

Cornstalk adalah nama seorang pemimpin dari suku Indian Shawnee . Suku mereka dipaksa untuk pindah oleh orang kulit putih ke Ohio. Chief Cornstalk kemudian dikhianati dan dibunuh oleh orang kulit putih. Sesaat sebelum kematiannya, ia mengucapkan kutukan atas tanah yang kini menjadi wilayah Point Pleasant.

Diantara makhluk legendaris lainnya, mungkin Mothman-lah yang paling unik, karena laporan tentang penampakan makhluk ini tidak datang hanya dari masyarakat umum, namun juga dari petugas kepolisian dan tokoh masyarakat.

LAPORAN PENAMPAKAN SERUPA DI WILAYAH LAIN

Mothman pun ternyata dinyatakan tidak hanya muncul di Point Pleasant dan sekitarnya, tapi juga di berbagai penjuru dunia, tentu nama panggilannya berbeda tapi memiliki ciri hampir sama.

Pemunculan Mothman yang tercatat adalah di Inggris di sepanjang jalan desa dekat Sandling Park, Kent pada tanggal 16 November 1963. Empat orang peternak melihat binatang bergerak dari langit dan menghilang dibalik pepohonan tidak jauh dari mereka. Karena takut, mereka lari, tapi kemudian berhenti setelah melihat cahaya keemasan berbentuk oval melayang beberapa kaki diatas ladang. Mereka mendeskripsikan benda tersebut sebagai UFO. Tiba-tiba, mengiringi pemunculan itu, sebuah bayangan gelap berjalan dan menghampiri para peternak itu. Menurut seorang saksi, Mervyn Hutchinson , bayangan itu ternyata milik dari satu makhluk hitam gelap, setinggi manusia, tanpa kepala dan bersayap seperti kelelawar. Mereka begitu ketakutan sehingga tidak dapat bergerak, dan kemudian makhluk tersebut menghilang begitu saja.

Penampakan Mothman di Eropa selain di inggris,yakni di Swedia pada kisaran tahun 1946 dengan laporan penampakan makhluk berbentuk seperti manusia bersayap. Selama episode “Ghost Rockets” , Swedia melaporkan munculnya makhluk besar bersayap tanpa kepala.

Di Mawnan Cornwall, tahun 1976. Dua gadis berusia 14 tahun dan 12 tahun melihat “Manusia Burung Hantu” disertai suara mendesis. Sally Chapman , “Dia terlihat seperti burung hantu besar dengan telinga runcing. Matanya berwarna merah dan bersinar. . . dan kakinya seperti penjepit.” Barbarra Perry , “Dia mengerikan, seekor burung hantu berwajah buruk rupa dengan telinga besar dan mata merah besar ditutupi dengan bulu abu-abu. Cakar di kakinya berwarna hitam dan dia terbang lurus ke depan.” Owlman dan Mothman, banyak kesamaan ciri yang terdapat di kedua makhluk ini.

Chernobyl, sebuah area yng mengalami bencana besar yakni meledaknya reaktor nuklir yang menyapu kehidupan di sekitarnya, tapi dalam kecelakaan besar itu terdapat keanehan. kecelakaan ini terjadi saat tanggal 26 April 1986 di dekat Pripyat, Ukraina, Uni Soviet. Beberapa pekerja yang masih hidup disana menyatakan dia telah melihat seekor burung hitam besar dengan panjang sayap 20 kaki terbang menuju kepulan asap dari reaktor sebelum kecelakaan besar itu terjadi.

Mungkin saja burung hitam besar ini Thunderbird , burung ini sering ada dalam legenda indian, burung raksasa yang bisa memunculkan petir dengan kepakan sayapnya yang besar, besar tubuh serta warnanya bisa disamakan dengan mothman. Makhluk ini dituduh sebagai Mothman karena dia muncul setelah terjadi bencana. Ditambah lebar sayap yang sangat besar, Beberapa teori menyatakan itu sebuah Bangau hitam, yang langka dan besar. Tapi teori ini disangkal, saksi mata sendiri mengatakan bahwa ciri burung ini tidak mirip seperti bangau hitam. Mungkinkah ini seekor Elang bermutasi? beberapa situs mengatakan makhluk ini tidak berkepala juga bermata merah.

Freiburg adalah sebuah kota di Baden-Wuttenberg, Jerman. Freiberg dikelilingi oleh gunung yang dimanfaatkan sebagai tambang. Pada Awal pagi hari tanggal 10 september 1978, Para pekerja di salah satu Tambang disana Berjalan menuju pintu masuk Tambang, dimana mereka melihat seseorang memakai jas kulit. Tetapi, saat pekerja itu mendekat, orang itu membuka jasnya dan terlihatlah sayap besar di tubuh orang ini.

Makhluk ini berteriak seperti ada 50 orang berteriak atau suara kereta mengerem. Ketika para pekerja ini menjauhkan diri, makhluk itu kembali melipat sayapnya dan berdiri didepan pintu masuk Tambang. Para pekerja itu menyibukkan dirinya sambil berharap makhluk itu pergi. Sekitar pukul 8 pagi, terjadilah sebuah ledakan besar di tambang, mereka pun segera berlari menuju pintu masuk untuk melihat makhluk misterius tersebut. Akan tetapi, sang monster menghilang begitu saja, juga muncul kepulan asap dan api sisa dari ledakan. Para pekerja tadi pun mengalami kejadian aneh terus menerus.

Makhluk ini bisa dibilang cocok untuk Men In Black, mengingat dia menjaga pintu tambang bahkan sampai berteriak sangat keras, teriakannya ini bisa disebabkan oleh Tremolo Effect yang bisa mengatur bahkan mengeraskan suara. Makhluk ini terlihat memakai jas kulit, apa dia manusia? yang menginginkan sesuatu dari tambang? dan yang mengherankan, si monster bisa hilang begitu saja, entah dia habis terbakar atau memang hilang. Tapi jika ledakan itu terjadi didekat pintu, maka bisa saja si Monster terbakar habis.

Mothman Juga dikatakan muncul sebelum hancurnya gedung WTC pada peristiwa 9/11 . Bisa dilihat di foto di bawah, tampak seekor makhluk terbang melintas. Makhluk itu mirip mothman, tidak berkepala, jika dilihat lebih jelas, maka tampak sayap di bagian kanan dengan kiri yang kiri lebih buram yang mengartikan jarak sayap kiri dengan lensa menjauh. Makhluk ini muncul sebelum terjadinya sebuah peristiwa besar.
mothman-wtc.jpg

Foto dibawah ini diambil pada tahun 2003 oleh sepasang suami istri dari Kentucky yang sedang berjalan-jalan bersama anjing mereka. Mereka tinggal di perbatasan antara Ohio dan Kentucky. Ketika mereka sedang memandang jembatan di Russel yang menghubungkan dua negara bagian tersebut, mereka melihat satu objek yang sedang hinggap di ujung jembatan dan kemudian terbang. Mereka mengambil kamera dan segera memotretnya.
mothman_1.jpg
mothman_2.jpg

Foto di bawah ini diambil oleh Abbey Linfoot di Nuremberg, Jerman dan dipublikasikan tanggal 23 september 2010. Foto ini mungkin terlihat sebagai kesalahan kamera atau efek cahaya, Tapi bagaimana jika foto ini benar-benar mothman?Mothman disangka kedatangannya akan membawa bencana, dan pada tanggal 5 Septembernya, terjadi suatu kecelakaan pesawat terbang di lapangan terbang Jerman yang terdapat di dekat Nuremberg. Kecelakaan ini memakan korban jiwa dan beberapa korban lain mengalami luka-luka. Tapi dari Foto, terlihat sayap makhluk ini kecil tidak seperti mothman yang bersayap besar. Matanya juga merah. Tapi kelihatannya foto ini tidak terlalu meyakinkan bahwa si monster di foto adalah mothman.
skitched.jpg
is it mothman 1.gif

Tidak ada yang tahu pasti mengenai Mothman, paling tidak ia menambah misteriusnya dunia. Dan bukankah itu yang kita inginkan. Sesuatu yang tidak terjawab. Mothman tetap salah satu fenomena misteri yang paling membingungkan dari semua jenis makhluk Cryptozoology (ilmu tentang makhluk-makhluk aneh/belum terpecahkan).(bs-22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s