Penampakan Formasi Cahaya-Cahaya Misterius Di Langit Phoenix (1997)

alien encounters.jpg

phoenix-001.jpg

THE PHOENIX LIGHTS
13 March 1997, 20:25
Phoenix, Arizona, Nevada, USA

The Phoenix Lights (kadang-kadang disebut “Lights over Phoenix”) adalah serangkaian penampakan Objek terbang tak dikenal yang terlihat di langit di atas Phoenix, Arizona, Nevada di Amerika Serikat, dan Sonora, Meksiko pada Kamis, 13 Maret 1997.

phoenixlights1997model.jpg
Sebuah gambar dari objek yang dibuat oleh saksi Tim Ley muncul di USA Today.

LAPORAN AWAL

Pada sekitar pukul 18:55 PST (zona waktu pasifik), seorang pria melaporkan melihat sebuah objek berbentuk V di atas Henderson, Nevada. Dia mengatakan Objek itu dengan “ukuran (Boeing) 747”, bersuara yang terdengar seperti “tiupan angin”, dan memiliki enam lampu di tepi depannya.

Seorang mantan perwira polisi tak dikenal dari Paulden, Arizona ini diklaim telah menjadi orang berikutnya yang melaporkan penampakan setelah meninggalkan rumahnya di sekitar 20:15 MST. Saat ia sedang mengemudi ke utara, ia melihat sekelompok cahaya kemerahan atau oranye di langit. Dia kembali ke rumah dan dengan melalui teropong, ia mengamati cahaya tersebut hingga mereka menghilang ke selatan cakrawala.

Cahaya-cahaya tersebut juga dilaporkan terlihat di wilayah Prescott dan Prescott Valley. Sekitar pukul 20:17 MST, para penelepon mulai melaporkan melihat Objek itu. Saat itu, John Kaiser berdiri di luar rumah bersama istri dan anak-anaknya di Prescott Valley ketika mereka melihat sekelompok cahaya di sebelah barat-barat laut dari posisi mereka. cahaya-cahaya itu membentuk pola segitiga, mereka semua tampak merah, kecuali cahaya di muka objek, yang jelas terlihat berwarna putih. Objek yang telah diamati selama kurang lebih 2-3 menit dengan teropong itu kemudian menghilang di langit malam ke arah tenggara dari Prescott Valley. Ketinggian terbang Objek tidak bisa ditentukan, namun itu cukup rendah dan anehnya, tidak membuat suara apapun.

Di kota Dewey, 10 mil (16 km) sebelah timur dari Prescott, Arizona, enam orang juga melaporkan melihat sekelompok cahaya di langit saat mengemudi ke utara di Highway 69.

PENAMPAKAN DI LANGIT PHOENIX

Bagi kebanyakan penduduk Phoenix, Arizona , 13 Maret 1997 adalah hari kamis biasa. Saat itu mungkin para penduduk tidak menyadari bahwa pada malam tersebut, kota mereka akan menjadi pusat kontroversi raksasa. Tepat jam 20.25 malam, segala apa yang menjadi pusat perhatian penduduk kota itu terjadi. Lima formasi cahaya berbentuk “V” bergerak melintasi cakrawala, dan hal ini menandai serangkaian kejadian aneh di langit malam Kota Phoenix.

Saat itu, Tim Ley dan istrinya Bobbi, beserta anaknya Hal dan cucunya Damien Turnidge pertama kali melihat Objek cahaya itu ketika mereka berada di atas Prescott Valley sekitar 65 mil (100 km) jauhnya dari mereka. Pada awalnya mereka tampak terlihat seperti lima cahaya yang terpisah, tetapi mereka segera menyadari ketika cahaya-cahaya itu tampak bergerak ke arah mereka. Selama sepuluh-an menit mereka tampaknya datang lebih dekat dan jarak antar cahaya semakin mendekat dan mereka mengambil bentuk formasi V terbalik.

Mungkin ini adalah kasus penampakan UFO terbesar dalam sejarah, dimana kejadian ini disaksikan ratusan bahkan mungkin ribuan pasang mata secara langsung. Fife Symington , gubernur pada saat itu, adalah salah satu saksi atas kejadian ini, ia kemudian menyebut objek sebagai “otherworldly.”

Ada dua kejadian yang melibatkan benda tak dikenal pada malam tersebut, yang pertama muncul disekitar pukul 20.15 – 20.45 waktu setempat, yaitu dalam formasi cahaya berbentuk “V” dan satu setengah jam kemudian, sesuatu yang lain mulai tampak bercahaya melayang-layang di angkasa. Nampak 9 cahaya satu demi satu bermunculan di angkasa. Sembilan Cahaya-cahaya aneh itu berada di angkasa selama 5 menit sebelum satu demi satu dari mereka menghilang, jadi para saksi dapat merekamnya dan mencatat segala rinci tentang ukuran, bentuk, dan warna dari obyek-obyek misterius tersebut.

Pada kejadian pertama, setidaknya melibatkan 5-6 obyek berformasi V yang muncul dari kota Paulden . Obyek-obyek misterius tersebut kemudian terbang ke arah timur laut dan melintasi Kota Phoenix pada pukul 20.30. Kemudian, pada sekitar 20.45, mereka berbelok dan menghilang di barat laut Arizona. Namun sayangnya, walaupun formasi-formasi misterius ini dilihat oleh ratusan pasang mata penduduk Arizona, namun hanya satu rekaman video yang berhasil mengabadikan fenomena tersebut. Ketinggian terbang obyek-obyek ini sekitar 10.000 – 15.000 kaki dan mereka terbang dengan kecepatan 300 – 400 knots. Yang cukup aneh, mereka tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Kemudian, 90 menit setelah menghilangnya formasi cahaya yang pertama, kembali bermunculan satu persatu pola-pola cahaya aneh yang melayang di atas Kota Phoenix. Tak seperti kejadian pertama, pola-pola cahaya misterius ini seakan-akan tidak bergerak/statis dan hampir seluruh phoenix dapat melihatnya. Banyak yang berhasil mengabadikan kejadian yang kedua ini ke dalam video. Para saksi mata tak akan pernah melupakan kejadian yang mengguncangkan dunia saat itu.

phoenixone.jpg
phoenixtwo.jpg
phoenixfive.jpg
phoenixsix.jpg

Banyak pihak yang percaya, bahwa pihak AU mengetahui tentang cahaya-cahaya yang muncul di langit Phoenix itu. Seorang supir Truk bernama Bill Greiner mengatakan pada saat pola-pola cahaya itu muncul, ia juga sempat memperhatikan pertunjukan udara lain di jalan raya depan pangkalan Angkatan Udara Luke . Ia memang berada di dekat pangkalan udara tersebut pada malam tersebut, dan ia mengatakan ada 2 jet tempur meluncur sangat cepat keluar dari pangkalan. Tak lama kemudian, muncul satu lagi mengikuti dua jet yang telah melesat keudara. Setelah mengudara, tiga jet tersebut terbang menghampiri obyek misterius terdekat yang berada di Barat daya pangkalan. Saat ketiga jet sudah mendekat, Bill melihat obyek misterius tersebut melesat ke atas dengan sangat cepat kemudian lenyap menghilang.

Anehnya, obyek terlihat oleh mata telanjang, tapi mereka sama sekali tak terdeteksi pada radar menara kontrol Bandara Sky Harbour . Hal ini tentunya membuat cemas, karena aktifitas penerbangan bisa saja kacau akibat kemunculan mereka.

Pusat pelaporan UFO Nasional di Seattle dibanjiri oleh telepon menyangkut kejadian yang baru saja terjadi pada malam itu. Lebih dari 100 laporan diterima, semua bercerita mengenai insiden ini. Dan laporan-laporan itu terus berlanjut sampai hari-hari berikutnya. Ternyata banyak masyarakat yang peduli akan hal ini, terutama warga di Arizona, New Mexico dan Nevada.

Saat para ahli dan saksi mata berusaha menjelaskan cahaya misteri itu, media setempat juga ingin memecahkan misteri itu sendiri. Dalam prosesnya, timbul kontroversi yang akan memecah belah masyarakat Phoenix. Banyak yang beranggapan cahaya-cahaya itu adalah semacam cahaya pesawat udara. (bs-22)

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s