Gambo: Bangkai Mirip Pliosaurus Yang Terdampar Di Gambia

cryptid.jpg
Gambo: Bangkai Mirip Pliosaurus Yang Terdampar Di Bungalow Beach
gambo-002.jpg

GAMBO
-Unidentified Large Marine Animal
-Jun 12, 1983
-Bungalow Beach, Gambia
bamssatria22.wordpress.com

Gambo adalah nama yang diberikan untuk sebuah bangkai hewan laut besar tak dikenal yang dilaporkan terdampar di Bungalow Beach di Gambia. Mahkluk ini berbentuk seperti Pliosaurus tetapi mempunyai paruh yang besar.

gambo-001.jpg
Gambo.

pliosaurus-001.jpg
Pliosaurus.

Bangkai dari Gambo ini pertama kali ditemukan oleh Owen Burnham (15th) bersama keluarganya pada pagi hari tanggal 12 juni 1983. Pada saat itu tidak ada sampel dari mahkluk ini yang diambil. Owen hanya menggambar sketsa gambo dan mencatat beberapa pengukuran karena saat itu tidak ada yang memiliki kamera. Bangkai Gambo kemudian dipenggal oleh penduduk desa setempat, dan kepalanya dijual kepada turis, sisa tubuhnya kemudian dikubur.

Setelah Owen menulis sebuah artikel di sebuah surat kabar tepat 3 tahun setelah peristiwa penemuan gambo, seorang cryptozoologist Karl Shuker mencoba meminta keterangan lebih lanjut tentang gambo dari owen. Data yang didapat adalah bangkai itu tidak menunjukkan adanya pembusukan, panjangnya 15 kaki (4,6m) dengan warna kecoklatan pada bagian atas tubuhnya dan warna putih pada bagian bawah serta kulit yang terasa halus.

Pengukuran paling spesifik; Gambo memiliki kepala dengan panjang 4,5 kaki (1,4m) dan paruh yang panjangnya 2,5 kaki (76cm), di sepanjang paruh atau mulutnya tumbuh gigi. Sepasang lubang hidung kecil ada di ujung paruh. Gambo juga memiliki 4 sirip dayung (2 depan 2 belakang) dan tidak ada sirip di punggungnya seperti kebanyakan ikan. Tubuh yang terendam air dan membengkak panjangnya sekitar 6 kaki (1,8 m) dengan ketebalan 5 kaki (1,5 m). Panjang ekor panjang diukur sekitar 5 kaki (1,5 m).

Banyak spekulasi mengenai bangkai Gambo bermunculan. Ahli paleontologi, Darren Naish, mempertanyakan apakah bangkai tersebut benar-benar pernah ada di tempat itu. Naish meragukan jika bangkai itu nyata, dan dia curiga bahwa tidak ada sampel diambil.

Seorang cryptozoologist, Chris Ornick berpendapat bahwa gambo adalah Sheperd Beaked Whale , ada juga yang mengatakan jenis baru dari Beaked Whale (paus berparuh/mempunyai moncong).

beaked_whale-001.jpg
Beaked Whale.

Loren Coleman dan Patrick Huyghe berspekulasi bahwa bangkai itu kemungkinan adalah bentuk tidak dikenal dari Beaked Whale. Pendapat lain yang umum adalah bahwa bangkai itu adalah semacam reptil prasejarah yang masih hidup.

Karl Shuker sendiri berpendapat bahwa gambo adalah buaya air asin atau mungkin Mosasaurus .

buaya air asin-001.jpg
Buaya Air Asin.

mosasaurus-001.jpg
Mosasaurus.

Sebuah ekspedisi tahun 2006 oleh Centre for Fortean Zoology gagal menemukan adanya sisa-sisa makhluk Gambo di situs yang diduga tempat dikuburkannya bangkai itu. Mereka juga mengetahui dari orang-orang lokal bahwa bangkai gambo kemungkinan adalah bangkai seekor ikan lumba-lumba.

Hingga kini, Gambo telah terhubung ke banyak laporan sporadis tentang Sea Serpent yang mirip seperti buaya.(bs-22)

Sumber:
strangemag.com , en.wikipedia.org

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s