Tasmanian Globster: Misteri Monster Laut Terdampar Di Australia

cryptid.jpg
Tasmanian Globster: Seekor Monster Laut Yang Terdampar Di Australia
tasmanian glob-001.jpg

TASMANIAN GLOBSTER
-Unidentified Large Marine Animal
-Aug 1962
-Tasmania, Australia

bamssatria22.wordpress.com

Tasmanian Globster adalah sebuah bangkai berukuran besar yang terdampar di sebelah barat tasmania, australia pada agustus 1960, bangkai ini berukuran 6,1m x 5,5m dengan tinggi 1,5m dan prakiraan berat antara 5 – 10 ton.

tasmanian globster.jpg
March 9, 1962 issue of THE MERCURY covering the Tasmanian Globster.

Dari bangkai ini tidak terlihat adanya mata dan mulut. Mempunyai tanduk tetapi lunak dengan 6 sirip yang berdaging serta bulu bulu keras dan kasar berwarna putih yang ditemukan diseluruh tubuhnya.

Tasmanian globster ditemukan oleh Ben Fenton, Jack Boote dan Ray Anthony yang saat itu sedang menggembala ternak di dekat tempat penemuan. Beberapa hari setelah penemuan itu, seorang peneliti bernama A.M Clark berpendapat mahkluk ini adalah jenis dari ikan pari raksasa atau Giant Ray.

giant ray-001.jpg
Giant Ray.

Penelitian juga dilakukan oleh pihak pemerintah, ekspedisi pertama yang dilakukan melibatkan Bruce Mollison, Max Bennett, L.E Wall dan J.A Lewis . Hasil penelitian ini adalah pengukuran seperti diatas, tetapi belum ada jawaban final identitas Tasmanian Globster.

Ada juga ekspedisi kedua yang dilakukan beberapa peneliti yaitu J.A Calaby, A.M Olsen, E.R Guller dan W Bryden , tetapi ekspedisi ini bukanlah ekspedisi dari pemerintah dan juga tak ada satupun anggota ekspedisi ini yang ikut pada ekspedisi pertama. Dan hasil ekspedisi ini mengejutkan, yaitu berbedanya hasil pengamatan mereka, seperti bangkai hanya berukuran 2,4m x 0,9m dan tinggi 30cm, serta tidak ada sirip yang ditemukan.

Dari hasil penelitian ini pemerintah berpendapat adanya penyusutan pada bangkai ini yang diakibatkan adanya pembusukan dengan cepat dan penguapan collagen yang banyak terdapat pada bangkai binatang laut.

Pada 1970 ditemukan lagi 1 bangkai mahkluk laut yang mirip seperti Tasmanian Globster, yang ditemukan olen Ben Fenton yang juga menemukan Tasmanian Globster pertama, namun tak banyak informasi yang di dapat disini, hanya panjangnya saja dikatakan 2,4m

Pada 1981, L.E Wall yang terlibat ekspedisi pertama berspekulasi bahwa bangkai itu adalah seekor paus. Hal ini ditegaskan kembali oleh analisa dengan mikroskop elektron yang dilakukan pada sampel serat dan collagen dari bangkai itu. (bs-22)

Sumber:
strangemag.com

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s