Misteri Kode 10 Huruf Di Monumen Sheperd Di Inggris

mystery hystoric unknown.jpg
Misteri Kode 10 Huruf Di Monumen Sheperd Di Inggris
shugborough_inscription-001.jpg

Shugborough Inscription adalah jajaran huruf dengan baris utama bertuliskan OUOSVAVV dan dua huruf D dan M yang mengapitnya. Kode ini dipahat di monumen sheperd (penggembala) yang berada di staffordshire, inggris. Gambar pahatan di monumen ini adalah hasil copy dari relief “Sheperd of Arcadia” yang dilukis oleh seniman terkenal Nicolas Poussin.

shugborough_arcadia.jpg
Relief Shugborough.

584px-nicolas_poussin_078.jpg
Nicolas Poussin, 1650.

Kode inskripsi ini menjadi terkenal ketika diangkat dalam buku The Holy Blood and The Holy Grail yang dikarang oleh Michael Baigent, Richard Leigh dan Henry Lincoln . Dan pada 2003 juga diangkat kembali oleh Dan Brown dalam novel kontroversialnya, The Da Vinci Code . Kedua buku ini mengangkat tema yang sama yaitu psuedohistory keberadaan Cawan suci atau Holy Grail .

the_holy_blood_and_the_holy_grail.jpg
Cover tahun 2005.

Monumen Sheperd di bangun antara tahun 1748 hingga 1763 oleh Thomas Anson untuk saudara laki-lakinya George Anson yang digarap oleh Peter Scheemaker . Gambar dari monumen ini mengetengahkan seorang wanita dan 3 orang penggembala. Dua diantaranya menghadap ke batu nisan. Salah satu nisan bertuliskan Et In Arcadia Ego , sebuah bahasa latin yang berarti “Aku juga berada di arcadia” atau “aku sedang berada di arcadia sekarang”. Penyebutan arcadia disini lebih menjurus kepada dunia yang ditempati roh manusia setelah orang itu mati.

490px-shugborough_shepherds_monument.jpg
Monumen Shepherd.

thomas_anson_(c._1695_–_30_march_1773).jpeg
Thomas Anson.

480px-1stlordanson.jpg
George anson.

794px-shugborough_fingers_pointing_to_letters_(close-up).jpg
Tulisan bahasa latin “Et In Arcadia Ego”.

Di monumen ini juga terdapat 2 pahatan kepala manusia, satu berwujud manusia dengan kepala botak yang sedang tersenyum dan satunya lagi manusia dengan tanduk kambing seperti salah satu wujud dewa yunani kuno yaitu Pan .

shugborough_shepherds_monument_bald_head.jpg

shugborough_shepherds_monument_horned_head.jpg

Huruf DM yang mengapit 8 huruf di barisan utama diperkirakan adalah “Diis Manibus” yang berarti didedikasikan atau dibuat untuk menghormati roh dari orang yang telah meninggal.

Secara garis besar ada 2 sisi teori tentang shugborough inscription . Yaitu logis dan psuedohistory (sejarah yang dipertanyakan kebenarannya)

Beberapa penjelasan logis adalah sebagai berikut;

****. Merchard Bishop berpendapat bahwa jajaran kode misterius ini adalah sebuah kode dari George Anson kepada istrinya yang telah meninggal. Huruf huruf itu adalah akronim dari bahasa latin yang berbunyi “Optimae Uxoris, Optimae Sororis Viduus Amantis simus Vovit Virtvibus” yang berarti “istriku yang terbaik, saudara perempuanku yang terbaik. Seorang duda (george anson) mempersembahkan ini untuk kebaikanmu”

****. Steve Regimbal juga menginterpretasikan kode misterius ini dalam bahasa latin, yaitu “Orator Ut Omnia Sunt Vanitas Ait Vanitas Vanitatum” yang berarti “Sebuah kesombongan dalam banyak kesombongan, saith sang penceramah, semua adalah kesombongan”. Penerjemahan kode ini berdasarkan adanya sebuah pahatan frase “OMNIA VANITAS” yang berada disebuah bilik kecil di rumah Thomas Anson.

****. Seorang bangsawan dari Lichfield bernama Margareth mengklaim jajaran huruf misterius itu adalahsebuah pesan cinta dari George Anson kepada istrinya Alicia yaitu “Out Ur (Your) Own Sweet Vale, Alicia, Vanishes Vanity”

****. A.J Norton yang memeriksa surat menyurat keluarga Anson menemukan sebuah nama yang dirasakan cocok dengan kode shugborough inscription ini. Kesimpulannya seperti ini “Orgreave United (with) Overley (and) Shugborough, Viscount Anson Venables Vernon” atau persekutuan antara Overley dan Shugborough, Viscount Anson Venables Vernon.

Disamping penjelasan diatas, sebuah teori kontroversial muncul ke permukaan, yaitu jajaran huruf misterius ini menunjukkan tempat keberadaan holy grail atau cawan suci yang terkenal itu. Seperti yang diangkat dalam buku “The Holy Blood And The Holy Grail”.

Pada tahun 1982, penulis pseudohistorical, The Holy Blood and Holy Grail, menerangkan bahwa Poussin adalah anggota dari Biarawan Sion, dan bahwa sheperd of Arcadia mengandung makna tersembunyi, sebuah makna esoteris yang besar.

Pada tahun 2003, Dan Brown, mengembangkan tema yang sama dalam novel laris berjudul The Da Vinci Code, dan pada tahun 2004 Richard Kemp, general manager dari Shugborough Estate, meluncurkan kampanye promosi yang menegaskan hubungan antara Shugborough, dan khususnya prasasti Shugborough , dan Holy Grail.

Spekulasi kemudian berkembang bahwa prasasti tersebut mungkin encode rahasia yang terkait dengan Biarawan Sion, atau lokasi Holy Grail. Sebagai bagian dari promosi Shugborough, beberapa individu yang sebelumnya bekerja sebagai codebreakers di Bletchley Park mengejar hal ini dalam penyelidikan.

Oliver Lawn mengusulkan agar surat dapat menyandikan kalimat Yesus H Defy, di mana H seharusnya singkatan dari “Christos” (Yunani untuk “Mesias”) dan referensi bahwa garis keturunan Yesus yang diduga turun dari Yesus non-ilahi dan diawetkan oleh Biarawan. Sheila Lawn, istrinya, menyukai teori kisah cinta. Namun tak satu pun dari saran mereka mendapat dukungan dan keduanya disajikan sebagai spekulatif. (bs22)

Sumber:
en.wikipedia.org

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Mysteries Of The Past dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Misteri Kode 10 Huruf Di Monumen Sheperd Di Inggris

  1. Aldhy berkata:

    Gambar kedua dengan tanduk di kepala di jelaskan bahwa dia adalah PAN dewa muda yg tingal di arcadia, sedangkan arcadia di jelaskan atau di sebutkan ARCADIA di sini lebih menjerumus kepada dunia yg di tempati roh manusia setelah orang itu mati

    Suka

  2. Aldhy la berkata:

    Aku telah coba memecahkan code tersebut dan aku mendapatkan hasil yang sangat luar biasa, yaitu sebuah kata (AED) yg berarti taman sedangkan (AED) dalam arab yang berarti mata uang arab.
    Pertanyaannya bagaimana saya mendapatkan hasil ini, saya menggabungkan ini dengan cerita yunani kuno yaitu dewa pan.
    Caranya dari 10 huruf yaitu (D-O-U-O-S-V-A-V-V-M) = (4-15-21-15-19-22-1-22-22-13) dan saya coba menjumlahkan semuanya, dan hasilnya adalah =154 = AED= TAMAN
    Dan masi banyak lagi artikel yang saya dapatkan dari kode ini, dan semua tercatat di buku ku,

    NB: aku tidak bisa menjelaskan semuanya di sini karena terlalu panjang untuk menjelaskannya,
    Jika kalian mengiginkan jawabannya ini nomorku
    +6289521321211 silahkan hubungi saya fia WHATSAPP aku tidak bermaksud apa-apa aku hanya ingin membantu memecahkan kode ini!
    Aku dari indonesia
    Salam merdeka

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s