Roman Dodecahedron: Artifak Misterius Dari Peradaban Romawi

mystery of the past 3.jpg
Roman Dodecahedron: Artifak Misterius Dari Peradaban Romawi
roman%20dodecahedron-001.jpg

Roman Dodecahedron adalah sebuah benda berongga dengan bentuk Dodecahedral yaitu 12 sisi dengan setiap sisi berbentuk pentagonal (segilima), terdapat rongga di dalamnya dan terlihat hingga luar. Roman Dodecahedron yang ditemukan mayoritas terbuat dari perunggu dan beberapa terbuat dari batu. Dari pengujian untuk menentukan umur dari Dodecahedron ini didapat prakiraan antara 2-3 abad Sebelum masehi.

444px-roman_dodecahedron.jpg

Hingga saat ini ribuan Roman Dodecahedron ini telah ditemukan hingga ribuan jumlahnya dengan tempat persebaran di beberapa negara eropa bekas kekuasaan kerajaan romawi, beberapa negara itu adalah Wales, Hungaria, Itali, Jerman, Perancis, Swiss, Inggris, Belgia, Luksemburg, Belanda dan Austria. Ukuran dari benda ini bervariasi dari mulai 4cm hingga 11cm.

dodec3.jpg
Brian Campbell’s British Find.

Fungsi dari Dodecahedron ini masih menjadi misteri dan perdebatan para ahli, karena dari penemuan artifak dan naskah dari peradaban romawi lainya tidak satupun yang menjelaskan tentang benda ini.

Beberapa pendapat dari para ahli menyatakan Roman Dodecahedron ini sebagi tempat lilin untuk penerangan karena di beberapa dodecahedron yang ditemukan terdapat bekas bekas lilin yang telah mencair.

Pendapat lainnya mengatakan benda ini sebagai dadu,alat menyiram tanaman jika dihubungkan dengan pipa air, mainan anak anak, vas bunga dan instrumen astronomi.

Ada juga yang berpendapat Roman Dodecahedron ini sebagai benda pemujaan/religius karena sebagian besar dari benda ini ditemukan di situs Gallo-Roman, bagian dari kerajaan Gallic .

tak hanya berhenti pada Dodecahedron saja, tetapi juga ditemukan satu benda yang hampir sama tetapi dengan bentuk yang berbeda dan benda itu dinamakan Isocahedron .

roman_icosahedron.jpg
Roman isocahedron

Isocahedron terbuat dari perunggu dan berongga seperti Dodecahedron namun lubang disetiap permukaanya kecil-kecil dan hanya ada 2 lubang yang saling tembus satu sama lain dan mempunyai 20 sisi dimana setiap sisinya adalah segitiga. Sama seperti Dodecahedron, benda ini juga tidak diketahui fungsinya.

Isocahedron untuk saat ini disimpan di Rheiniches Landes Museum, Bonn, Austria . (bs22)

Sumber:
foxnews.com
georgehart.com

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Mysteries Of The Past dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s