Misteri Hari Paling Gelap Di New England

paranatural.jpg

New Englands Darkest Day

newenglandsdarkestday-001.jpg

Siang hari sama gelapnya dengan malam hari dimana matahari walaupun bersinar tetapi tidak dapat menerangi bumi, dan inilah yang terjadi di sebuah wilayah di amerika pada 19 Mei 1780, tetapi setelah 230 tahun berlalu misteri dapat terpecahkan.

darkday-001.jpg
By early afternoon on the 19th of May in 1780, the sun was almost completely obscured.

New Englands darkest day adalah peristiwa dimana daerah new england, AS hari itu mengalami siang hari tidak seperti biasanya dimana saat itu siang seperti malam hari yang gelap hingga beberapa daerah kanada ada pula yang mengalami kejadian yang sama.

dd05171780.jpg
The only known depiction of New England’s Dark Day, taken from Our First Century by Richard Devens.

Pada awalnya banyak yang mengira itu adalah hari kiamat, tetapi hingga hari ini kiamat belum juga datang. Lalu pasti ada penjelasan logis untuk peristiwa ini.

Profesor Samuel Williams dari universitas Harvard mengatakan kegelapan itu terjadi di daerah new england mulai dari bagian utara hingga selatan dan berakhir di daerah new jersey, tidak sampai ke daerah Penssylvania. Fenomena kegelapan ini terjadi mulai dari jam 10 hingga tengah malam di hari berikutnya.

nemap1780.gif
Several towns through out New England contributed important accounts of the “dark day”.

Di universitas harvard sendiri, fenomena ini bermula pada pukul 10:30 dan puncaknya pada pukul 12:45. Menginjak pukul 13:10 kepadatan kegelapan ini mulai berkurang meskipun mendung tebal masih menyelimuti daerah itu.

Saat dark day ini terjadi di daerah itu banyak ditemukan jelaga (bekas asap hitam atau abu hitam sisa pembakaran) di sungai dan air hujan. Ini menunjukkan bahwa yang menyebabkan dark day adalah asap tebal yang bercampur dengan awan.

Teori awal tentang penyebab fenomena ini adalah letusan gunung berapi tetapi tidak satupun laporan mengenai letusan gunung yang terjadi di daerah itu, jadi teori ini gugur.

Setelah 230 tahun misteri ini berlalu, yaitu pada tahun 2008. Sebuah tim dari Universitas Missouri meneliti catatan tertulis dari lingkaran hutan (Kerumunan pohon yang tumbuh dalam suatu area dan biasanya tumbuh membentuk sebuah formasi berbentuk lingkaran). Dari catatan ini, tim universitas Missouri menemukan adanya bekas bekas terbakar.

Menurut mereka kebakaran hutan yang dahsyatlah yang telah menimbulkan Fenomena New Englands dark day ini. Kebakaran ini mencakup wilayah Algonquin Highlands, selatan Ontario dan beberapa wilayah disekitarnya.

forestsmoke.jpg
It has been confirmed through the thorough examination of tree rings that a major forest fire raged through Ontario in the Spring of 1780 and was probably the contributing factor to “New England’s Dark Day”.

Kebakaran ini telah mempengaruhi atmosfir bumi hingga ratusan mil, asap tebal yang terbentuk dibawa angin menuju atmosfir bagian atas. Disinilah asap tebal itu terkumpul dan menyebabkan sinar matahari tak dapat menembusnya.

Disaat fenomena dark day inilah terjadi beberapa hal unik terjadi, diantaranya adalah makan siang diterangi lilin seperti candlelight dinner, burung burung malam (nocturnal) keluar dan bernyanyi seolah olah memang malam hari, bunga bunga bertahan untuk tidak mekar dan beberapa tingkah hewan peliharaan yang gelisah karena siang hari tak juga datang. Memang sebuah fenomena yang menarik.

Sumber:
listverse.com
agiweb.org
http://www.historylecture.org

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s