Misteri Keberadaan Pulau Antilia Dengan Tujuh Kota Legendaris

mystery of the past 2.jpg
Misteri Keberadaan Pulau Antilia Dengan Tujuh Kota Legendaris
antilia-001.jpg

Antilia adalah sebuah pulau misterius yang di percaya pernah ada di muka bumi ini, namun sekarang keberadaannya tak dapat ditemukan dan masih menjadi teka teki. Dalam legenda, antilia adalah sebuah pulau yang terkenal sekitar abad 14-15 selama penjelajahan di samudera Atlantik. Tempat yang dipercaya sebagai antilia terletak di perairan sebelah barat spanyol dan portugal. Pulau ini dikenal juga dengan nama Pulau dengan 7 kota atau ilha das sete cidades dalam bahasa portugal.

Cerita mengenai Antilia berasal dari Semenanjung iberia (daratan portugis, spanyol dan sekitarnya) yang dimulai sejak tahun 714, ketika muslim mulai masuk ke daratan spanyol, saat itu 7 pendeta visigothic melarikan diri dengan kapal dan belayar ke barat samudra atlantik yang kemudian mendarat disebuah pulau dan mendirikan 7 pemukiman, keberadaan legenda pulau ini mulai terkenal pada awal 1400-an, tercatat pada map portolan yang dibuat oleh Zuane Pizzigano, seorang kartografer dari venezia, italy . Terdapat 2 pulau berbentuk segi empat disebelah barat spanyol.

Setelah tahun 1492, daerah utara samudera atlantik mulai secara rutin dilayari oleh para pelaut. Hal ini membuat samudera ini menjadi lebih akurat dipetakan dengan data-data dari para pelaut saat itu. Dan yang paling aneh, hampir semua peta yang ada saat itu mencantumkan sebuah pulau segi empat yang dipercaya sebagai Antilia .

Ada lebih dari 20 peta yang menunjukkan keberadaan pulau misterius ini :

1. 1424 – Peta dari Zuane Pizzigano, Venezia
2. 1435 – Peta dari Batista Beccario, Genoa
3. 1436 – Peta dari Andrea Bianco, Venezia
4. 1455 – Peta dari Bartholomeo Pareto, Genoa
5. 1463 – Peta dari Grazioso Benincasa, Ancona
6. 1463, 1466, 1468 – Peta dari Pedro Roselli, Majorca
7. 1460 – Peta dari Weimar (pembuatnya tidak diketahui)
8. 1470 – Peta dari Grazioso Benincasa, majorca
9. 1475 – Peta dari Cristoforo Soligo, Venezia
10. 1474 – Paolo Toscanelli, tidak ada peta, namun penyebutan Antilia ada dalam suratnya.
11. 1476 – Peta dari Andrea Benincasa, Venezia
12. 1480 – Peta dari Albino de Canepa, Venezia
13. 1482 – 2 Peta dari Grazioso Benincasa
14. 1487 – Peta dari majorca, pembuatnya tidak diketahui
15. 1489 – Peta dari Albino de canepa
16. 1492 – Bola dunia nuremberg dari Martin Benhaim
17. 1493 – Bola dunia Laon, pembuatnya tak diketahui
18. 1500 – Peta dari Paris, pembuatnya tak diketahui
19. 1507, 1508 – Peta dari Johannes Ruysch

800px-pizzigano.jpg
Portolan chart of Zuane Pizzigano, 1424.

800px-portolan_map_by_battista_beccario_(1426).jpg
1426 portolan of Battista Beccario.

biancomap.jpg
The 1436 world map of Andrea Bianco.

pareto_1455.jpg
1455 map of Bartholomeo Pareto. Antilia is the large island on the western edge.

478px-weimar_map.jpg
Sketch Of The Weimar Map.

640px-toscanelli_map.jpg
Speculative reconstruction made in 1898 of the map sent by Toscanelli to Fernand Martins.

albino_de_canepa_1489_antillia_roillo.jpg
Map of Albino de Canepa, 1489. Legendary island of Antillia, with its Seven Cities, is on the right; the smaller companion island of Roillo is on the left.

639px-behaim_eastern_hemisphere.jpg
Martin Behaim, eastern hemisphere of his globe made in Nuremberg in 1492.

Meskipun nama yang dicantumkan dalam peta itu berbeda beda, tetapi di ada beberapa kemiripan arti nama, tempat dan deskripsi yang menunjukkan sebuah pulau dengan 7 kota. Nama ketujuh kota tersebut adalah Aira, Antuab, Ansalli, Anseselli, Ansod, Ansolli dan Cod.

Beberapa deskripsi sempat dilontarkan oleh para pembuat peta diatas, contohnya dari Martin Benhaim berikut ini. “pada tahun 734 setelah kelahiran Kristus , saat itu orang orang spanyol melarikan diri dari umat Muslim ke sebuah pulau bernama Antilia atau disebut juga pulau dengan 7 kota, pelarian ini dikepalai oleh Archbishop of Porto dengan 6 pendeta lain dan para pengikut mereka serta barang dan ternak. Pada 1414 sebuah kapal pelaut spanyol berlayar hingga sangat dekat dengan pulau ini”

Johannes Ruysch juga menjelaskan,
“Pulau antilia pernah dikunjungi oleh orang orang portugis, tapi jika saat ini coba untuk dicari, tidak akan ditemukan. Orang orang di pulau itu berbicara bahasa spanyol dan dipercaya melarikan diri dari invasi saat itu, saat kekaisaran raja Roderic

Jika dilihat sekarang melalui satelit, atau lebih gampangnya google earth , kita takkan menemukan apa apa di perairan samudera atlantik disebelah barat portugal dan spanyol.

Seorang penulis kontroversial, Gavin Menzies yang juga pensiunan militer berpangkat letnan-komandan. Pernah menerbitkan buku yang kontrovesial juga berjudul 1421 : the year china discovered the world . Dalam bukunya tersebut Menzies berpendapat seorang panglima angkatan laut kekaisaran Cina bernama zheng he(Cheng Ho) telah menginjakkan kaki didaratan amerika, jauh sebelum columbus yang menemukan amerika pada 1492.

Dalam buku ini disebutkan juga legenda Pulau Antilia sebenarnya adalah Puerto Rico, sebuah negara kecil diperairan karibia dengan alasan keadaan, tempat, iklim,cuaca, pelabuhan, gunung dan hutan deskripsi Antilia mirip dengan yang ditemukan di Puerto Rico.

Tak seperti legenda atlantis yang membuat banyak orang berspekulasi tentang keberadaannya. Dalam kasus pulau antilia ini hanya ada 1 tempat yaitu samudra atlantik sebelah barat portugal dan spanyol. Karena hingga saat ini tak ditemukan bukti mengenai keberadaan pulau ini, entah tenggelam ke dasar samudra atau hanya legenda saja, maka tak ditemukan juga jawaban dari Antilia pulau dengan 7 kota yang misterius. (bs22)

Sumber :
en.wikipedia.org

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Mysteries Of The Past dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s