Morgawr: Monster Mirip Plesiosaurus Di Falmouth Bay

cryptid.jpg
http://www.bamssatria22.wordpress.com
morgawr_rising_by_kingfossil-001.jpg

MORGAWR
-Plesiosaur-Like Cryptid
-1876
-Falmouth Bay, Cornwall, UK
bamssatria22.wordpress.com

Nessie adalah cryptid terkenal dari Loch Ness, skotlandia yang di percaya oleh beberapa orang sebagai plesiosaurus. Tetapi di negara tetangganya, Inggris juga ada cryptid yang di anggap sebagai plesiosaurus bernama morgawr. Morgawr (berarti raksasa laut dalam bahasa cornwall), adalah cryptid mirip Plesiosaurus yang konon hidup di laut dangkal dekat Falmouth Bay, Cornwall. Telah difoto dan bahkan telah berhasil diambil rekaman videonya.

loch-ness-monster-nessie.jpeg
Nessie
morgawr.jpg
Morgawr.
plesiosaurus_bw.gif

Pertama kali terlihat pada tahun 1906, berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan identitas Sea Serpent (ular laut) ini, mulai dari hoax atau kesalahan identitas, hingga dinyatakan bahwa makhluk itu adalah spesies yang masih hidup dari Plesiosaurus atau bahwa itu adalah spesies yang belum ditemukan dari anjing laut (Seal) berleher panjang. Dengan tidak adanya bangkai atau spesimen hidup, penjelasan identitas hanya tergantung pada laporan saksi mata dan foto-foto yang berkualitas rendah.

morgawr06.jpg

KRONOLOGI

*** 1876: Seekor Sea Serpent diduga tertangkap oleh nelayan di Gerran Bay. Nelayan yang ketakutan mendapati mahkluk itu segera memotong jaring dan membiarkannya pergi. Dari keterangan yang di dapat monster itu panjangnya hingga 6 meter dan berleher panjang.

*** 1906: Diduga seekor Morgawr terlihat di Land’s End, Cornwall.

*** 1926: Mahkluk yang mirip dengan morgawr tidak sengaja tersangkut di jaring nelayan.

*** 1975: September, dua saksi di Pendennis Point mengaku telah melihat sosok berpunuk dengan ‘tanduk pendek’ dan rambut/bulu pendek pada lehernya yang panjang, sedang menangkap seekor belut conger di mulutnya.

*** 1976: Rosemullion Head, Falmouth, pada bulan februari, ‘Mary F’ mengirim dua foto Morgawr ke Falmouth Packet, bersama dengan sebuah surat pengantar. Dia berkata “Makhluk itu tampak seperti seekor gajah yang melambaikan belalainya, memiliki leher panjang, kepala kecil di ujungnya, mirip kepala ular, berwarna hitam atau coklat tua, panjangnya antara 5-6 meter.. Makhluk itu mempunyai gundukan-gundukan di punggungnya yang bergerak dengan cara yang aneh.. Membuatku ketakutan, saya tidak ingin melihatnya lebih dekat lagi. Aku tidak suka caranya bergerak ketika berenang. ” Baik Mary F maupun negatif foto-nya sudah pernah ditelusuri. Tercatat penulis misteri dan fotografer Janet dan Colin Bord telah meneliti copy-an cetakan generasi pertama, dan “merasa bahwa foto-foto ini bisa jadi asli.”

*** 1976: Pada bulan juli, di 25 km sebelah selatan dari Lizard Point, dua orang nelayan, John Cock and George Vinnicombe mengaku melihat makhluk yang lehernya “panjang 4 kaki dari air”. Mereka memperkirakan panjang hewan sekitar 22 kaki.

*** 1976: bulan November di Parson Beach, Mawnan, Tony ‘Doc’ Shiels mengklaim telah memotret makhluk yang menyelam di dalam air. Dia menyebutkan “bertanduk pendek” di atas kepalanya, dan ia menggambarkan panjang tubuh makhluk tersebut 15 kaki.

*** 1985: bulan agustus di Gerran Bay, Christopher dan Susan Waldron dari King’s Stanley, Gloucestershire melaporkan telah melihat suatu makhluk saat sedang berlibur. Dinyatakan bahwa Mrs.Waldron sedang memperhatikan suaminya berenang di laut, ketika kemudian ia melihat siluet besar di bawah permukaan air di belakang suaminya. Bentuknya digambarkan sebagai makhluk yang besar dan berleher panjang.

*** 1987: Devil’s Point, Plymouth, 1987. Seorang penyelam berpengalaman melihat sebuah kepala mirip anjing yang lehernya naik 1 meter dari permukaan air laut. Dia mencatat bahwa itu adalah tempat yang disukai oleh belut conger.

*** 1999: di Gerran Bay, Morgawr kembali lagi tertangkap kamera oleh John Holmes, pegawai National History Museum London .

HOAX

Sejarah penampakan Morgawr sebenarnya tak kalah dengan Nessie, tetapi karena adanya berita hoax tentang makhluk ini yang terjadi pada 1976 mungkin yang menjadikan ceritanya redup.

Kasusnya saat itu seorang laki laki bernama Tony Shiels telah mengaku berkomplot dengan beberapa orang warga setempat untuk membuat sebuah cerita mengenai monster laut dan membuat video dan fotonya dalam kualitas rendah agar banyak orang yang percaya. Tetapi apakah rekayasa Tony Shiels ini menjelaskan semua penampakan morgawr? Sayangnya tidak.

Meskipun sempat dikotori oleh pengakuan hoax tetapi eksistensi morgawr tetap ada hingga tahun tahun setelahnya. Itulah yang membuat orang semakin percaya bahwa ada seekor monster yang hidup di falmouth bay. Seperti yang dikatakan John Holmes, dia percaya masih ada Fossil hidup yang bertahan hingga sekarang. (bs-22)

morgawr by mary f.jpg
Morgawr: The Cornish Sea Serpent, photographed by “Mary F. in February, 1976, from Rosemullion Head near Falmouth Bay.

johnholmes.jpg
Video footage of a creature swimming in the sea off Gerran’s Bay has been captured by local man John Holmes.

Sumber:
http://www.s8int.com, en.wikipedia.org

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s