Richat Structure: Fenomena Geologi Misterius Gurun Sahara

paranatural 2.jpg
Richat Structure (The Eye Of The Sahara): Fenomena Geologi Misterius Gurun Sahara
showcase2-eyeofafrica-closeup-001.jpg

Belakangan ini NASA mulai merilis beberapa foto yang sempat diabadikan oleh para astronot yang berada di International Space Station, salah satunya adalah foto baru fenomena geologi yang berada di mauritania yaitu Richat structure atau the Eye of the sahara

justthetravel-eye-of-the-sahara-in-mauritania2.jpg
justthetravel-eye-of-the-sahara-in-mauritania.jpg
justthetravel-eye-of-the-sahara-in-mauritania-wow.jpg
Richat structure (photos courtesy of http://www.justthetravel.com)

pada 7 maret 2012 silam, Andre Kuipers , salah satu astronot yang berada di International Space Station (ISS) mengambil beberapa foto saat melintasi afrika. Salah satu fotonya adalah Richat Structure .

kuipers.jpg
Andre Kuipers (image credit ,www.nasa.gov)

Lalu apakah Richat Structure atau Eye Of Sahara itu? Richat structure adalah sebuah fenomena geologi yang membentuk anomali lingkaran di daratan gurun sahara. Struktur geologi ini mengalami erosi yang berlebih dengan diameter mencapai 40-50 km.

Richat structure bukanlah penemuan baru, Tercatat sejak 1969 jurnah ilmiah telah mulai membahas situs ini, namun hingga sekarang belum ada jawaban final mengenai proses pembentukkannya.

Teori awal mengenai pembentukkannya adalah tabrakan meteor, hal ini berdasar pada bentuk eye of sahara yang hampir bulat sempurna. Tetapi teori ini tidak di dukung oleh data dan bukti di lapangan. Para peneliti tidak menemukan tanda tanda shock metamorphism atau efek yang ditimbulkan saat terjadi sebuah tabrakan antara meteor dengan permukaan bumi, salah satu bukti yang dicari adalah melelehnya pasir silicon yang kemudian membentuk substansi bernama Glass .

dalam paper bertajuk Resolving Richat Enigma Doming And Hydrothermal Karsitification Above an Alkaline complex yang disusun oleh Mattan G, Jack brak M. dan Lee J.K. berpendapat : Richat Stucture yang berada di gurun sahara, mauritania terlihat seperti kubah dengan diameter 40km yang terbentuk dari masa Proterozoic hingga Ordovician (kurang lebih 100 juta tahun lalu) kesimpulan ini diambil berdasarkan dating umur bebatuan dengan cara 40ar/39ar. Erosi yang terjadi membentuk 3 lingkaran dari dalam keluar dan penyebab terbentuknya adalah fenomena Anticline .

Anticline adalah fenomena terbentuknya struktur tanah yang membentuk cembungan berlapis yang memiliki inti. Struktur ini terbentuk karena adanya kenaikan ketinggian inti anticline yang disebabkan pergeseran geologi dengan tidak merusak lapisan tanah yang berada diatasnya. Hal inilah yang membuatnya terlihat berlapis lapis seperti yang terjadi dalam struktur pembentuk eye of sahara. (bs22)

mauritania.jpg

Sumber:
rockbandit.net
Wikipedia.org

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s