Zana: Bigfoot, Manusia, Atau Hybrid?

cryptid.jpg
Zana: Bigfoot, Manusia, Atau Makhluk Hybrid ?
bs-zana4-001.jpg

Zana
-Hominid Cryptid
-1850
-Ochamchira, Abkhazia, Georgia

bamssatria22.wordpress.com

Seorang perempuan liar bernama Zana konon telah tinggal di desa terpencil di pegunungan T’khina, lima puluh mil dari Sukhumi di Abkhazia, Kaukasus. Beberapa orang berspekulasi bahwa dia kemungkinan adalah Bigfoot/Almasty, tapi tak ada bukti yang menguatkan.

Kejadian aneh ini terjadi pada abad pertengahan, sekitar tahun 1850. Sekelompok pemburu lokal di Ochamchir, wilayah Georgia (masuk dalam salah satu provinsi di Rusia saat itu) menangkap seorang perempuan liar di mana lengan, kaki dan jari ditutupi rambut tebal. Perempuan aneh ini diberi nama Zana, Zan yang dalam bahasa Georgia artinya Hitam .

zana_1.jpg
zana (rekontruksi perkiraan)

Karena liarnya, untuk menjinakkannya pada awalnya dia terpaksa harus dikurung. Zana memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi dari manusia biasa. Dia tahan pada cuaca yang dingin luar biasa, namun dia tidak tahan pada udara hangat dalam ruangan. Dia sangat suka makan buah anggur dan tanaman menjalar, selain itu juga dia seorang peminum berat dan bisa tidur selama bertahun-tahun dengan makanan yang dilemparkan kepadanya. Setelah ia jinak, barulah ia dibebaskan dan diajari mengerjakan hal-hal ringan. Seperti menggiling jagung, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Zana konon telah memiliki hubungan seksual dengan seorang pria dari desa bernama Edgi Genaba , dan melahirkan sejumlah anak-anak dengan penampilan manusia yang tampak normal. Tapi kebanyakan anak-anaknya tewas karena Zana memandikan mereka di sungai dingin yang hampir beku. Kisah ini merupakan hasil penelitian Professor Boris Porchnev dari Moscow Academy of Sciences yang mewawancarai orang-orang tua di desa itu.

Penduduk desa khawatir dengan ulah aneh Zana, dan mereka pun mengambil anak-anaknya menjauhi ibunya. Anak-anak Zana tidak seperti ibunya, mereka berkembang seperti manusia biasa dan mereka juga telah diangkat anak oleh beberapa penduduk desa. Sang ayah, sementara itu, menyerahkan empat dari anak-anak yang masih hidup untuk keluarga lokal. Kedua anak laki-laki Zana, Dzhanda dan Khwit Genaba (lahir 1878 dan 1884), dan dua anak perempuan, Kodzhanar dan Gamasa Genaba (lahir 1880 dan 1882) , yang berasimilasi ke dalam masyarakat normal, menikah, dan memiliki keluarga mereka sendiri. Zana meninggal di desa itu tahun 1890. Sedang anak bungsunya, yakni Khwit Genaba, meninggal tahun 1954.

zana’sson-khwit.jpeg
Khwit

Tengkorak Khwit (juga dieja Kvit) masih ada, dan telah diperiksa oleh Dr.Grover Krantz di awal tahun 1990-an. Dia mengumumkan bahwa tengkorak Khwit adalah ciri tenglorak manusia modern, tak ada ciri khas Neanderthal sama sekali. Jika pendapat Krantz benar, dan jika tengkorak itu sendiri memang benar-benar anak Zana, itu akan menunjukkan bahwa Zana mungkin adalah anggota suku terisolasi sehingga budaya yang berbeda dari masyarakat pemburu yang menangkapnya membuat Zana dianggap bukan manusia oleh mereka, meskipun dia memang manusia modern.

khwits-skull.jpg
tengkorak Khwit

Penelitian lain oleh seorang antropolog Rusia, M.A.Kolodieva yang menyatakan tengkorak Khwit secara signifikan berbeda dengan tengkorak laki-laki normal dari Abkhazia.

Pada Channel 4 documentary tahun 2013, Bigfoot Files, Profesor Bryan Sykes dari Universitas Oxford menunjukkan bahwa DNA Zana adalah 100% berasal dari Sub-Sahara Afrika dan dia kemungkinan menjadi budak yang dibawa ke Abkhazia oleh Kekaisaran Ottoman . Bagaimanapun, hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Zana berasal dari sebuah populasi Afrika campuran eropa puluhan ribu tahun lalu, terlihat dari tengkorak Khwit yang memiliki beberapa karakteristik yang sangat unik dan kuno.

Berbagai penelitian tentang Zana menghasilkan dugaan bahwa Zana merupakan bentuk evolusi manusia yang belum sepenuhnya berubah menjadi manusia modern. Lalu, Zana kemungkinan adalah makhluk (manusia), Bigfoot atau Hybrid (campuran keduanya) ?? (bs22)

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di The Cryptid Files dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s