Fenomena Salju Penitentes Di Pegunungan Andes

paranatural_6425.jpg
AMAZING PENITENTES
penitentes_600x260.jpg

Penitentes, atau penitentes Nieves (“salju penitente berbentuk”, dalam bahasa Spanyol), adalah pembentukan salju yang ditemukan di ketinggian. Fenomena penitentes ini hanya terjadi di tempat antara Chili dan Argentina, yaitu salju di permukaan yg tinggi dan runcing yang berorientasi ke arah matahari karena tiupan angin yang kuat di pegunungan andes.

Gumpalan es ini biasanya terputus dari gletser antara 1,5 sampai 3 meter dengan tebal 5 hingga 10 kaki. Lebih dari 4000 meter di bawah titik beku, pada siang hari suhu matahari mulai menghaluskan es (tapi tidak meleleh).

Louis Lliboutry adalah seorang glaciologist Perancis-Chili, ahli geografi dan pendaki gunung Andes. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah perjanjian luas Nieves y Glaciares de Chile: Fundamentos de glaciología diterbitkan pada tahun 1956.

Karya Lliboutry terkonsentrasi ke glasiologi dari Andes Kering dan Basah, khususnya di sekitar Santiago. Salah satu kontribusinya paling menonjol adalah tentang pembentukan penitentes.

Lliboutry mencatat bahwa kondisi iklim kunci untuk ablasi diferensial yang mengarah pada pembentukan penitentes adalah titik embun yang selalu di bawah titik beku. Dengan demikian, salju akan menghaluskan, karena sublimasi memerlukan masukan energi yang lebih tinggi daripada proses mencair.

Setelah proses ablasi diferensial dimulai, permukaan geometri penitente berkembang menghasilkan mekanisme umpan balik yang positif, dan radiasi yang terperangkap oleh beberapa refleksi antara dinding. Cekungan menjadi satu dengan radiasi benda hitam, sementara angin mengakibatkan penurunan saturasi udara, peningkatan suhu titik embun dan awal pencairan. Dengan cara ini, di mana massa yang hilang hanya karena sublimasi, akan tetap, serta dinding yang curam, yang mencegah panas matahari yang minim. (bs22)

pen4026.jpg
pen4429.jpg
penitentes6238.jpg

*********************************************

53.penitentes en la noche y luces de santiago6443-001.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s