Fenomena Hujan Ikan Di Honduras Setiap Bulan Mei-Juli Setiap Tahun

paranatural_6425.jpg

FENOMENA HUJAN IKAN DI HONDURAS

hqdefault-001.jpg

Fenomena hujan ikan ini terjadi di Honduras, negara yang terkenal dengan sebutan Republik Pisang karena negara ini menghasilkan 65% dari produksi pisang dunia.

Fenomena Hujan Ikan di Provinsi Yoro sebelah utara Honduras terdengar aneh dan langka serta mungkin yang paling unik. Akan tetapi peristiwa langka hujan ikan ini memang terjadi disana. Hujan ikan ini terjadi hampir setiap tahun di daerah yang dikenal sebagai El Pantano (Swamp), 1 km sebelah barat daya dari kota Yoro . Dikota ini pada sekitar bulan Mei hingga Juli akan terjadi hujan yang sangat lebat.

map6939.jpg

Dengan diawali awan gelap, angin kencang, petir dan badai yang menakutkan, hujan lebat tersebut akan berlangsung selama 45 menit hingga beberapa jam. Hal itu memaksa warga yang tinggal di kota tersebut untuk berdiam diri di dalam rumah saja selama hujan turun.

Tapi setelah hujan ini mereda rakyat Yoro segera berhamburan dari rumah mereka dengan membawa keranjang ke padang rumput rawa La Pantanal di kaki gunung berapi Nombre Mal El.

797_original5438.jpg

Disana, ratusan dan bahkan ribuan ikan berlompatan , ikan hidup ditemukan di padang rumput basah seolah-olah jatuh dari langit selama badai. Orang-orang mulai mengumpulkan ikan untuk membawanya pulang untuk dimasak dan di makan. Jenis ikan-ikan itu diyakini berbeda dengan spesies yang biasanya hidup diwilayah tersebut dan juga memiliki rasa berbeda dari rasa ikan pada umumnya. Ada pula yang mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut hanyalah ikan-ikan sarden yang tengah bermigrasi.

4232.jpg

Tidak diketahui kapan fenomena hujan ikan mulai terjadi, akan tetapi berdasarkan cerita yang ada fenomena hujan ikan ini telah terjadi sejak pertengahan abad ke-19.

fallingfishshshsh3340.jpg

Menurut cerita yang berkembang disana, hujan ikan pertama kali terjadi ketika seorang Pastor Spanyol bernama José Manuel Subirana datang berkunjung ke kota ini dan melihat banyak rakyat hidup dalam kemiskinan dan kelaparan. Pastor itu kemudian berdoa selama 3 hari 3 malam agar Tuhan segera menolong rakyat miskin tersebut dengan menurunkan/memberikan makanan yang banyak agar mereka tak lagi kelaparan. Kemudian terjadilah fenomena unik hujan ikan, sehingga rakyat pun mempunyai banyak makanan untuk dimakan dan dapat berpesta dengan ikan-ikan yang tercurah dari langit.

Bahkan, sejak tahun 1998 ada festival terorganisir yang dikenal sebagai “Festival de la Lluvia de Peces” di Yoro untuk merayakan fenomena hujan ikan yang tidak biasa itu.

Menurut beberapa sumber, hujan ikan juga pernah terjadi di negara lain yaitu Singapura, Jepang dan Australia. Hingga kini, para ilmuwan belum dapat menjelaskan kejadian hujan ikan secara ilmiah, karena memang tidak banyak yang melakukan penelitian terhadap fenomena hujan ikan. Ada yang mengatakan sebagai fenomena alam biasa. Ada pula yang tidak setuju dengan pendapat tersebut karena meyakini cerita tentang Pastor Subirana diatas.

Walau bagaimana pun, Kita harus tetap meyakini bahwa seaneh apapun fenomena hujan ikan yang terjadi itu semua atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Setuju? (bs22)

rain4249-001.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s