Fenomena Api St.Elmo

paranatural_6425.jpg
St. Elmo’s Fire Phenomenon
Bamssatria22.wordpress.com
st elmo fire5012.jpg

Saint Elmo’s Fire adalah sebuah fenomena cuaca langka dimana sebuah lucutan plasma yang sangat terang terbentuk akibat lucutan korona yang berasal dari objek dasar yang berlistik berbentuk atmosfer (seperti dalam badai petir atau badai listrik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi ).

sef_myth4155.jpg

Nama St. Elmo’s Fire berasal dari Erasmus dari Formiae (yang juga dikenal sebagai St. Elmo) , seorang santo pelindung dan pelaut . Fenomena ini muncul di kapalnya yang sedang dihadang badai petir, ia melihat fenomena ini dengan takjub, sehingga ia menamai fenomena ini dengan nama Api Santa Elmo .

Saint Elmo’s Fire adalah api berwarna biru, nyalanya kecil, dan yang mengerikan adalah tidak jelas api tersebut muncul dari mana, tiba-tiba menyala dan berpindah-pindah tempat. Saint Elmo’s Fire ini nggak ada hubungannya dengan hal gaib. Dari segi sains dijelaskan sebagai berikut:

st elmos fire 3345.jpg

Saint Elmo’s Fire (Api Santa Elmo) adalah sebuah fenomena cuaca langka dimana sebuah lucutan plasma yang sangat terang terbentuk akibat lucutan korona yang berasal dari objek dasar yang berlistrik berbentuk atmosfer (seperti dalam badai petir atau badai listrik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi).

Kilat bola (balls of ligthning) kadang disalah artikan sebagai Api Santa Elmo ,padahal mereka sebenarnya berbeda walau keduanya sama-sama merupakan fenomena meteorologi yang langka. (bs22)

sef4230-001.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s