Insiden Jatuhnya UFO Di Perairan Shag Harbour (1967)

alien encounters ufo experience16072.jpg

shagharbour_logo5412.jpg

SHAG HARBOUR UFO INCIDENT
4 October 1967 23:20
Shag Harbour, Nova Scotia, Canada

bamssatria22.wordpress.com

Shag Harbour UFO Incident adalah sebuah peristiwa jatuhnya sebuah objek misterius berukuran besar yang dipercaya sebagai UFO di perairan dekat Shag Harbour, sebuah desa kecil di provinsi Novascotia, Kanada pada tanggal 4 oktober 1967.

shag harbour ufo7760.gif

Insiden ini secara garis besar adalah suatu upaya pencarian sebuah Objek misterius yang dipercaya berada di dasar perairan Shag Harbour. Objek tersebut tidak pernah secara resmi diidentifikasikan, dan oleh karena itu disebut sebagai suatu Objek terbang tak dikenal (UFO) di dalam dokumen Pemerintah Kanada.

Tidak tanggung-tanggung, hampir semua kesatuan militer Kanada turun tangan dalam kasus ini, mulai dari polisi, angkatan darat dan angkatan laut hingga bantuan dari pihak Amerika Serikat.

AWAL PERISTIWA

Pada malam tanggal 4 Oktober 1967, sekitar pukul 11:20 Atlantik Daylight Time, dilaporkan bahwa sesuatu telah jatuh ke perairan di Teluk Maine dekat Shag Harbour . Sedikitnya sebelas orang saksi mata mengaku melihat secara langsung sebuah Objek menyala yang terbang rendah menuju ke arah pelabuhan. Beberapa saksi melaporkan mendengar suara siulan seperti sebuah bom atau mortar yang dilemparkan kemudian suara menderu dari objek yang menumbuk air dan diakhiri dengan suara ledakan keras.

Laporan awal dibuat oleh Laurie Wickens , seorang penduduk lokal bersama empat orang temannya. Saat kejadian, ia dan teman-temannya sedang berkendara melalui Shag Harbour di Highway 3. Wickens mengaku melihat sebuah objek melayang kemudian jatuh di perairan pelabuhan. Mencapai titik pandang yang lebih baik, Wickens dan teman-temannya melihat sebuah Objek mengambang sejauh 250-300 meter (820-980 kaki) dari lepas pantai di teluk Maine dan kemudian tenggelam begitu saja.

Wickens lalu menghubungi detasemen RCMP (Royal Canadian Mounted Police) di Barrington Passage dan melaporkan bahwa ia telah melihat sebuah pesawat besar jatuh di Teluk Maine.

UPAYA PENCARIAN DAN PENYELAMATAN

Dengan asumsi bahwa sebuah pesawat penumapng telah jatuh, dalam waktu sekitar 15 menit, 10 orang petugas RCMP tiba di lokasi. Mereka sempat melihat detik-detik terakhir tenggelamnya Objek itu.Dengan mempedulikan orang-orang yang selamat, detasemen RCMP segera menghubungi Pusat Koordinasi Penyelamatan (Rescue Coordinator Centre/RCC) di Halifax untuk memberitahu mereka tentang situasi yang terjadi, dan menanyakan apakah ada pesawat yang hilang. Sebelum setiap upaya penyelamatan bisa dilakukan, Objek mulai tenggelam dan menghilang dari pandangan.

Sebuah misi penyelamatan dengan cepat dilaksanakan. Dalam waktu setengah jam dari kecelakaan itu, kapal nelayan lokal menuju ke lokasi kecelakaan di perairan Teluk Maine di hulu Shag Harbour untuk mencari korban selamat. Tidak ada korban selamat, mayat ataupun puing-puing yang ditemukan, baik oleh nelayan maupun oleh perahu pencari dan penyelamat dari Canadian Coast Guard, yang tiba sekitar satu jam kemudian dari dekat Pelabuhan Clark .

Pada keesokan harinya, RCC Halifax telah menetapkan bahwa tidak ada pesawat yang hilang. Sementara masih bertugas dengan pencarian, seorang kapten dari perahu Canadian Coast Guard menerima sebuah pesan radio dari RCC Halifax bahwa semua pesawat komersial, swasta dan militer di sepanjang pesisir timur antara Atlantic Canada dan New England lengkap dan tidak ada yang hilang.

Di pagi yang sama, RCC Halifax juga mengirimkan sebuah prioritas telegraph kepada Desk Air di markas besar Royal Canadian Air Force di Ottawa , yang menangani semua penampakan UFO oleh sipil dan militer, menginformasikan kepada mereka tentang kecelakaan itu dan bahwa semua penjelasan konvensional seperti pesawat terbang, kembang api, dll. telah dikesampingkan. Oleh karena itu peristiwa ini diberi label sebagai “Laporan UFO.”

Kepala Desk Air kemudian mengirimkan telegraph lain untuk markas besar Royal Canadian Navy (RCN) mengenai “Laporan UFO” dan merekomendasikan pencarian di bawah air. RCN pada gilirannya mengirim teleks prioritas lain menugaskan Fleet Diving Unit Atlantic untuk melakukan pencarian.

Dua hari setelah kejadian, satu detasemen penyelam RCN dari Fleet Diving Unit Atlantic dikumpulkan dan selama tiga hari berikutnya mereka menyisir mencari Objek di dasar laut Teluk Maine di hulu Shag Harbor. Laporan akhir mengatakan bahwa tidak ada satu jejakpun dari sebuah objek yang ditemukan.

UFSO:UNIDENTIFIED FLYING AND SUBMERGED OBJECT

Kapal perang kanada dan amerika yang saat insiden berada di sekitar 50 km dari tempat tenggelamnya UFO tersebut menemukan sesuatu yang aneh. Salah seorang petugas di ruang radar mencatat objek misterius yang jatuh itu muncul kembali di dekat siberia. UFO itu menyelam di lautan seperti USO (unidentified submerged object) .

Tetapi ada beberapa hal yang mungkin dianggap janggal oleh beberapa pihak yang berusaha mengetahui kebenaran kasus ini, tidak adanya dokumentasi resmi yang menjadi arsip negara atau pun militer yang masih bertahan hingga sekarang. Beberapa penyelam juga merasakan bahwa memang tak ada sesuatu yang terjadi ditempat penyelaman itu dan keraguan pada radar militer yang dianggap berada di posisi yang jauh dari tempat jatuhnya pesawat itu bagaimana bisa mengetahui pergerakan benda itu dengan akurat.

Beberapa waktu setelah kejadian itu dari pihak militer kanada masih melakukan beberapa penyelidikan dan penyelaman ke tempat kejadian namun semua tetap berakhir dengan tak satupun petunjuk yang ditemukan,otomatis tak ada penjelasan tentang insiden ini.

Sejak saat itulah warga shag harbour seperti berada dalam histeria, pasalnya dalam beberapa waktu setelah shag harbour UFO Crash incident, laporan mengenai adanya UFO itu meningkat drastis. Entah benar entah tidak tapi keseluruhan laporan ini menjelaskan sebuah objek dengan ciri-ciri yang hampir sama, mulai dari kecepatan, bentuk, ukuran dan cahaya dari UFO tersebut.

Jika melihat dari UFO saat tragedi itu terkesan sangat canggih, bagaimana tidak sebuah benda yang dapat terbang tetapi dapat juga menyelam layaknya kapal selam, atau mungkin lebih gampang disebut UFSO, unidentified flying and submerged object. (bs22)

shagharbour5939.jpg
shagharbourincident-602x300.jpg

**************************************

p_36_ufo_2-001.jpg

Sumber: http://www.collectionscanada.gc.ac , en.wikipedia.org

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s