Insiden Jatuhnya UFO Di Roswell (1947)

alien encounters ufo experience16072.jpg

roswell 5629.jpg

ROSWELL INCIDENT
July 1947
Roswell, New Mexico

bamssatria22.wordpress.com

Roswell UFO Incident terjadi di AS pada bulan juni/Juli 1947, ketika sebuah Obyek terbang jatuh di sebuah peternakan di dekat Roswell, New Mexico. Meskipun Objek jatuh tersebut menurut pihak militer angkatan udara AS adalah sebuah balon cuaca, namun penjelasan yang paling terkenal dari apa yang terjadi adalah bahwa Objek itu adalah sebuah pesawat ruang angkasa yang mengandung kehidupan extraterrestrial di dalamnya. Sejak akhir 1970-an, insiden Roswell telah menjadi subyek dari banyak kontroversi, dan beragam teori konspirasipun muncul terkait kejadian ini.

roswell5039.jpg

Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menyatakan bahwa apa yang ditemukan di dekat Roswell adalah puing-puing dari balon cuaca eksperimental milik apa yang kemudian diketahui sebagai sebuah program rahasia bernama Mogul. Sebaliknya, banyak pendukung UFO mempertahankan bahwa sebuah pesawat alien-lah yang ditemukan di Roswell, yang mana mereka percaya bahwa para awak pesawat-nya juga telah ditangkap, dan bahwa pihak militer tampaknya berusaha keras terlibat menutup-nutupi peristiwa tersebut dan mengintimidasi para saksi.

Pada tanggal 8 Juli 1947, Roswell Army Air Field (RAAF) melalui petugas informasi publik, letnan Walter Haut, mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa personil dari 509th Operations Group telah menemukan sebuah Fyling Saucer/Piring Terbang yang terjatuh di peternakan di dekat Roswell,yang menarik minat Media.

Kemudian pada hari itu, pers melaporkan bahwa Commanding General of the 8th Air Force, Roger Ramey menyatakan bahwa sebenernya yang ditemukan oleh personil 509th Operations Group tersebut hanyalah sebuah balon cuaca. Sebuah konferensi pers lalu diadakan, menampilkan puing-puing (foil, karet dan kayu) yang dikatakan berasal dari Objek jatuh, yang tampaknya untuk mengkonfirmasi keterangan sebagai balon cuaca.

r-roswell-newspaper-large5723.jpg

Kemudian peristiwa ini dengan cepat mulai dilupakan hampir sama sekali, bahkan oleh peneliti UFO sekalipun, selama 30 Tahun. Pada tahun 1978, ahli fisika dan ufologist, Stanton T. Friedman mewawancarai Mayor Jesse Marcel yang terlibat dalam pengumpulan dari puing-puing Objek pada tahun 1947. Marcel menyatakan keyakinannya bahwa militer telah menutup-nutupi (mengcover-up) penemuan sebuah pesawat alien. Kisahnya mengisi keseluruhan berita pers tentang UFO, juga ditampilkan dalam beberapa film dokumenter UFO pada saat itu.

Pada bulan Februari 1980, tabloid mingguan National Enquirer mewawancarai Jesse Marcel , hingga menjadi perhatian seluruh dunia perihal insiden Roswell. Sepanjang tahun, semakin banyak saksi mengenai insiden tersebut. Saksi-saksi yang termakan issue pihak militer dan mengira yang terjatuh di tahun 1947 adalah balon cuaca, mulai bermunculan. Mereka menambah detail-detail yang signifikan, termasuk pengklaiman oleh pihak militer daerah tempat insiden berada untuk memperbaiki UFO dan merawat Alien, yang terdiri dari 11 tempat kecelakaan, dan juga adanya dugaan intimidasi saksi.

Lalu, pada tahun 1989, mantan pengurus mayat Glenn Dennis mengajukan cerita pribadi yang rinci, dimana ia mengklaim bahwa otopsi terhadap alien dilakukan di Roswell Base.

roswell-4229.jpg

Dalam merespon terhadap berbagai laporan, dan atas permintaan kongres AS, General Accounting Office mengirim permintaan dan perintah langsung ke Kantor US Secretary of the Air Force untuk melakukan penyelidikan internal. Hasilnya dirangkum ke dalam 2 laporan. Yang pertama, dirilis pada tahun 1995, menyimpulkan bahwa bahan-bahan material yang tidak dikenal yang ditemukan pada tahun 1947 kemungkinan merupakan sisa-sisa dari program rahasia pemerintah yang bernama Project Mogul . Laporan kedua, dirilis pada tahun 1997, menyimpulkan bahwa penemuan alien kemungkinan merupakan kombinasi dari memori-memori insiden militer yang melibatkan personil yang terbunuh atau terluka. Jadi intinya, itu hanya halusinasi dari beberapa personil atau saksi yang terganggu secara psychologist, dan menganggap penemuan alien adalah rumor belaka, meskipun peneliti alien tetap yakin bahwa yang ditemukan adalah Alien.

roswell why-13728.jpg

KRONOLOGI INSIDEN ROSWELL

— Selasa, 1 Juli 1947.

Sebuah Objek asing terdeteksi oleh radar di Roswell, New Mexico, White Sands dan Alamogordo. Objek tersebut mempunyai kecepatan yang mengagumkan dan pergerakan yang tidak biasa, yang mengindikasikan bahwa Objek tersebut adalah sebuah pesawat atau meteor.

— Rabu, 2 Juli 1947.

Sebuah Objek oval disaksikan oleh Mr. dan Mrs. Dan Wilmot , terbang melewati rumah mereka di Roswell, New Mexico.

— Kamis, 3 Juli 1947.

Seorang operator radar, Steve Mackenzie , dikirim ke White Sands untuk menelusuri objek tersebut 24 jam.

— Jumat, 4 July 1947.

Seorang petugas setempat, Robert Thomas dan sebuah team dari Washington telah tiba di Roswell untuk melaksanakan operasi pelacakan.

Beberapa kesaksian pada hari itu;
*. William Brazel mendengar suara ledakan yang sangat keras.
*. William Woody dan ayahnya mengamati sebuah Objek terbakar yang jatuh ke bumi di utara Roswell.
*. Jim Ragsdale dan Trudy Truelove melihat sebuah cahaya yang menyilaukan yang jatuh dekat perkemahan mereka.

Objek yang terdeteksi di radar kemudian tiba-tiba menghilang dalam waktu 3 hari. Tim yang ditugaskan mulai menuju ke tempat kecelakaan untuk melakukan penelitian.

— Sabtu, 5 Juli 1947.

* Seorang peternak domba mencari puing-puing dari kecelakaan tersebut tetapi tidak melaporkannya sampai bertahun-tahun berikutnya.
*Sebuah grup dari para arkeolog juga berusaha mencari Objek tersebut. Sherrif George Wilcox berpikir itu adalah kecelakaan sebuah pesawat. Kemudian Wilcox melaporkan ke department pemadam kebakaran setempat.
* Sebuah tim khusus yang tidak diketahui tiba di lokasi kecelakaan, mengambil nama penduduk yang hadir di lokasi tersebut dan mengantar mereka menjauhi lokasi. Lokasi tersebut di bersihkan dan di amankan dalam waktu 6 jam dan 5 jasad di pindahkan.

roswell-ufo5029.jpg

* William Brazel, seorang mandor yang bekerja pada Rumah pertanian Foster, melihat sekumpulan puing-puing aneh di halaman rumahnya, sekitar 30 mil (50 km) sebelah utara Roswell, New Mexico. Sisa-sisa tersebut mengandung bahan foil yang aneh dan beberapa bahan material aneh lainnya. Tidak ada satu pun dari domba-domba Brazel yang mau mendekati sisa-sisa tersebut.
* Lydia Sleppy , seorang reporter untuk KSWS, mencoba untuk melaporkan laporan spekulasi tentang kecelakaan tersebut. Namun, laporan dia kemudian dicegah oleh badan FBI dengan memblok jalur komunikasinya.
* Melvin Brown yang merupakan penjaga keamanan mengantar sebuah jasad yang di klaim memiliki badan yang kecil dengan kepala yang besar dan kulit makhluk tersebut berwarna orange atau kuning.
* Glenn Dennis, yang bertugas sebagai petugas pengurus jenasah dimintai keterangan yang berhubungan dengan bagaimana mengawetkan mayat, membuat peti mayat kecil, dan bagaimana memperlakukan jasad yang telah terbakar oleh sinar matahari. Dennis kemudian dipanggil ke pangkalan Roswell untuk merawat seorang pilot yang terluka dan disana dia melihat beberapa ambulan dan beberapa sisa-sisa pesawat. Dennis kemudian diancam oleh 2 orang petugas untuk tidak menceritakan apa pun yg dia lihat.

roswell8n-2-web6330.jpg

* William Brazel kembali ke lokasi sisa-sisa pesawat di dekat rumahnya dan mengambil beberapa dan membawanya ke tetangganya, Flyod dan Loretta Proctor . Mereka menyarankan melapor kepada Sherrif.

— Minggu, 6 Juli 1947.

* Brazel berkendara 75 mil menuju kota Roswell dan menunjukan beberapa sisa pesawat ke sheriff Wilcox yang kemudian menghubungi pihak militer. Wilcox juga kemudian mengirim 2 orang deputinya ke peternakan.
* William Woody dan ayahnya mencoba untuk mendekati lokasi dimana mereka melihat Objek aneh terjatuh. Tetapi mereka dihentikan oleh militer yang melarang mereka untuk memasuki lokasi tersebut.
* Kolonel William Blanchard , petugas 509th Operations Group, mengirim Jesse A. Marcel ke kantor sheriff untuk menyelidiki sisa-sisa yang dilaporkan oleh Brazel. Marcel bertemu dengan Brazel dan setelah melihat sisa-sisa tersebut memutuskan untuk pergi ke lokasi. Dia ditemani oleh Kapten Sheridan Cavitt dan William Brazel, yang kemudian menyuruh sheriff menyegel semua sisa-sisa tersebut dan menerbangkannya ke Fort Worth Army Airfield yang akan diterima oleh kolonel Thomas DuBose.
* Marcel dan Cpt. Sheridan Cavitt tiba terlalu malam untuk melihat sisa-sisa tersebut, sehingga mereka memutuskan untuk menginap di kediaman Brazel. Mereka juga melihat beberapa sisa-sisa yang Brazel bawa kembali ke rumahnya. Tak seorang pun dari mereka pernah melihat Objek-Objek tersebut. Objek tersebut tidak bisa terbakar atau tergores, tetapi Objek itu sangat ringan sekali.

roswelldebris5262.jpg

— Senin, 7 Juli 1947.

* Beberapa sisa pesawat dan jasad dari lokasi kejadian dikirim ke Andrew Air Force Base .
* Brazel, Marcel, dan Cavitt tiba di lokasi sisa-sisa pesawat. Lokasi kejadian mempunyai panjang 1/3 mil dan lebarnya 300 kaki. Mereka menghabiskan waktu seharian untuk mengambil semua sisa ke mobil Marcel dan kemudian kembali ke Roswell.
* Jendral Nathan Twining , seorang Air Material Command commander, tiba-tiba membatalkan semua rencananya dan terbang menuju Alamogordo.
* Rumor dengan cepat menyebar di sekitar Roswell bahwa telah ditemukan sebuah piring terbang.

— Selasa, 8 Juli 1947.

* Marcel memutuskan untuk memperlihat kan beberapa sisa kepada keluarganya sebelum sisa tersebut menjadi classified (rahasia pemerintah). Dia memberitahu anaknya bahwa itu adalah bagian dari piring terbang.
* Marcel dan Cavitt bertemu dengan Kolonel Blanchard untuk melaporkan apa yang telah mereka temukan. Kemudian Blanchard memerintahkan beberapa penjaga untuk ditempatkan di sekitar sisa tersebut dan melarang siapa pun untuk mengakses tempat itu.
* Brazel yang semalam sebelumnya bermalam di Walt Whitmore’ys (KGFL radio) , setelah diwawancarai dan direkam. kemudian Washington menyuruh Whitmore untuk tidak menyiarkan wawancara dengan Brazel itu ke publik.
* Brigadir Jendral Roger Ramey memerintah kan Blanchard utk mengirim Marcel ke Fort Worth .
* William Brazel di wawancarai oleh petugas militer dan berlangsung selama beberapa hari.
* Lt. Walker Haut mengadakan telekonferensi press bahwa “The Army Air Forces here today announced that a flying disc had been found” (Pihak angkatan udara mengumumkan bahwa sebuah piring terbang telah ditemukan). Dalam beberapa jam, pangkalan udara dibanjiri telepon dari seluruh dunia.
* Marcel tiba di Fort Worth dan bertemu Jendral Ramey. Marcel memperlihatkan sisa-sisa tersebut kepada Ramey, yang kemudian membawa Marcel ke map room untuk memberitahu di mana lokasi kejadiannya.
* Saat Marcel kembali ke tempatnya menaruh sisa tadi, dia kaget, sisa tadi menghilang dan tampaknya ditukar dengan peralatan balon cuaca.
* Ramey kemudian memerintahkan sisa-sisa yang asli untuk dikirim ke Wright Field, Dayton .
* Pihak militer kemudian membersihkan lokasi kecelakaan di peternakan Brazel dan mengirim semua sisa ke Wirght Field.
* Sebuah konferensi Press diadakan, petugas Irving Newton menyatakan bahwa sisa yang ditemukan adalah sisa dari Balon cuaca. Marcel diperintahkan untuk tidak mengatakan apapun dan Ramey mengkonfirmasikan bahwa orang-orang di Roswell telah melakukan kesalahan. Marcel kemudian difoto dengan puing balon cuaca.
* Ketertarikan cerita piring terbang kemudian sirna dikarenakan konfirmasi pihak militer bahwa itu hanyalah sebuah balon cuaca.

— Rabu 9 Juli 1947.

*Halaman Brazel telah bersih dari puing pesawat. Puing pesawat yg tersisa telah dikirim ke Los Alamos Via Kirtland AFB.
* Teman Brazel melihat dia di antar oleh pihak militer dari pangkalan udara ke kota. Mereka mengatakan bahwa Brazel terlihat shock dan stress.
* Brazel memberitahu salah satu temannya, Frank Joyce , bahwa dia harus mengganti ceritanya untuk melindungi keluarganya.
* Beberapa grup personil di Wright Field menyatakan telah melihat puing pesawat yang aneh yang sedang dikeluarkan dari pesawat tidak resmi. Beberapa mengaku telah melihat jasad di Andrew AFB.
* Marcel bertemu dengan Sheridan Cavitt, yang sekarang, mengaku tidak pernah pergi bersama Marcel ke lokasi sisa pesawat di Peternakan Brazel.

— Kamis, 10 Juli 1947.

* Sheriff Wilcox menelepon Ayah Glenn Dennis dan menginformasikan bahwa anakanya sedang bermasalah dengan pihak militer dan menyarankan dia untuk berbicara kepada Dennis agar tetap tutup mulut.
* Kemudian penjelasan tentang balon cuaca muncul di koran setempat.

— Jumat, 11 Juli 1947.

Glenn Dennis mencoba menghubungi perawat yang menurut kabar telah ikut membantu dalam mengotopsi jasad asing. Tetapi, saat dia menelepon pangkalan dimana terakhir perawat terlihat, tidak ada seorang pun yang tahu dimana perawat itu berada.
* Semua personil militer yang terlibat dalam pembersihan dan pemeriksaan sisa pesawat diperintahkan untuk melupakan apa yang telah dilihat atau diketahui.

aztec crash site3923.jpg

* Polisi militer mulai mengunjungi rumah-rumah penduduk disekitar lokasi kejadian, mereka diperingatkan untuk tidak mengatakan apapun atau mereka dan sanak famili mereka akan hilang.

— Sabtu, 12 Juli 1947.

Anak William Brazel, Bill, membantu mengurus peternakan sementara William Brazel masih ditahan oleh pihak militer.

—Selasa, 15 Juli 1947.

William Brazel akhirnya dibebaskan. Dia mengatakan bahwa pihak militer terus – menerus menanyakan hal yang sama berulang kali. Brazel menyadari bahwa dia harus mengambil sumpah untuk tidak menyebarkan apa yang dia lihat.

— November 1947.

Arthur Exon , seorang pilot yang ditugaskan di Wright Field, menyatakan bahwa dia terbang di atas lokasi kejadian, dan masih bisa melihat bekas kecelakaan yang ditimbulkan dari atas udara.

— 15 Desember 1947.

* Dr. W. Curry Holden dan Dr. C. Bertrand Schultz menghadiri sebuah pertemuan di Albuquerque. Mereka mendiskusikan peristiwa yang terjadi di Roswell dan Holden berkata kepada Schultz bahwa dia telah melihat sebuah Objek berbentuk pesawat dan jasad kru pesawat asing.

LAPORAN SAKSI: KEMUNCULAN CERITA ALIEN

Insiden Roswell kemudian tenggelam untuk masa 30 tahun hingga Jesse Marcel, sebagai satu-satunya orang yang diketahui telah membawa puing-puing Roswell ke Fort Worth, mengizinkan beberapa peneliti mewawancari dia, termasuk Leonard Stringfield dan Stanton Friedman. Cerita saksi yang dibeberkan melalui Friedman dan lain-lainnya di tahun-tahun berikutnya mengangkat Roswell, dari insiden yang terlupakan menjadi insiden UFO paling terkenal sepanjang masa.

Pada awal 1990-an, peneliti UFO seperti Friedman, William Moore , Karl T. Pflock, dan tim Kevin Randle beserta Donald D. R. Schmitt mewawancarai beberapa ratus orang yang telah, atau mengaku memiliki hubungan dengan peristiwa di Roswell di tahun 1947. Selain itu, ratusan dokumen diperoleh melalui permintaan Freedom of Information Act, dan beberapa yang diduga dibocorkan oleh orang dalam. Kesimpulan mereka adalah bahwa setidaknya satu pesawat asing telah jatuh di sekitar Roswell, alien (beberapa mungkin masih hidup) telah ditemukan, dan sesuatu yang besar yang menutup-nutupi setiap pengetahuan tentang kejadian itu diberlakukan.

Selama bertahun-tahun, buku, artikel, televisi, dan film yang dibuat-untuk-TV membawa ketenaran signifikan pada insiden tahun 1947. Pada pertengahan 1990-an, jajak pendapat publik seperti polling tahun 1997 oleh CNN/Time , mengungkapkan bahwa mayoritas orang yang diwawancarai percaya bahwa alien memang telah mengunjungi Bumi, dan bahwa alien telah mendarat di Roswell, tapi lepas dari itu semua, informasi yang paling relevan tetaplah dirahasiakan oleh pemerintah AS.

Berbagai cerita berkembang, dimulai dengan wawancara Friedman dengan Marcel tahun 1978, melalui publikasi buku pertama di Roswell pada tahun 1980, hingga cerita-cerita baru dan buku baru yang muncul di awal tahun 1990-an. Banyak saksi baru saat itu telah muncul, seperti misalnya cerita rinci penemuan mayat Alien dan otopsi alien.

BUKU-BUKU ROSWELL INCIDENT

** The Roswell Incident (1980).
Buku pertama tentang insiden UFO Roswell oleh Charles Berlitz dan William Moore. Para penulis ini mengklaim telah mewawancarai lebih dari sembilan puluh orang saksi. Puing-puing dijelaskan oleh Marcel sebagai “tidak dibuat di bumi ini.” Buku ini memperkenalkan anggapan bahwa puing-puing yang ditemukan oleh Marcel di peternakan Foster, terlihat dalam foto-foto yang menunjukkan Marcel berpose dengan puing-puing, digantikan dengan puing-puing dari perangkat cuaca sebagai bagian dari peng-cover-up-an.

** UFO Crash At Roswell (1991)
Dari wawancara dengan para saksi baru, Kevin Randle dan Donald Schmitt menerbitkan buku ini. Garis besar isi buku ini adalah; Sebuah UFO jatuh di barat laut Roswell, New Mexico, pada musim panas 1947. Militer bertindak cepat dan efisien untuk mengumpulkan puing-puingnya setelah keberadaannya dilaporkan oleh orang-orang peternakan.

** Crash At Corona (1992)
Ditulis oleh Friedman dan Don Berliner . Friedman telah melakukan banyak penelitian untuk buku The Roswell Incident dengan William Moore, dan buku Crash At Corona dibangun di atas penelitian ini.

** The Truth About The UFO Crash At Roswell (1994)
Buku karya Randle dan Donald Schmitt ini menampilkan laporan saksi baru dalam mendeskripsikan sebuah UFO dan alien dari Jim Ragsdale, di lokasi baru sebelah utara Roswell, bukannya lebih dekat ke Corona di peternakan Foster. Buku ini juga dilengkapi laporan dari Dennis dan Kaufmann, dan kesaksian baru dari Ruben Anaya yang menggambarkan klaim Letnan Gubernur New Mexico, Joseph Montoya bahwa ia melihat mayat alien di Roswell Base.

022043-aliens-here-roswell-was-a-cover-up3542.jpg

OTOPSI ALIEN

DI tahun 1995, cuplikan film yang dimaksudkan untuk menunjukkan sebuah Otopsi Alien diklaim telah diambil oleh seorang pejabat militer AS tak lama setelah insiden Roswell dirilis oleh Ray Santilli , pengusaha video yang berbasis di London. Rekaman itu menyebabkan sensasi internasional ketika ditayangkan di jaringan televisi di seluruh dunia.

Pada tahun 2006, Santilli mengakui bahwa film itu sebagian besar adalah rekonstruksi, tapi dia mengklaim rekonstruksi itu didasarkan pada rekaman asli otopsi Alien yang kini hilang, dan beberapa frame asli yang masih ada.

FBI MERILIS DOKUMEN UFO, 2011

Pada April 2011, FBI mengirim sebuah dokumen tahun 1950 dari agen Guy Hottel yang membahas sebuah laporan oleh seorang penyidik Angkatan Udara tentang “tiga objek yang disebut piring terbang” dan para awaknya yang telah ditemukan di New Mexico.

Dokumen menyatakan:

Memorandum Kantor • Pemerintah AS

KEPADA: DIREKTUR FBI
TANGGAL: 22 Maret 1950
DARI: GUY hottel, SAC, WASHINGTON
SUBJEK: INFORMASI TENTANG PIRING TERBANG

[Tulisan tangan:]
Cakram Terbang atau Piring Terbang

Informasi berikut diserahkan kepada SA [dihapus] berdasarkan [dua baris dihapus].

Seorang penyidik Angkatan Udara menyatakan bahwa tiga buah piring terbang disebut-sebut telah ditemukan di New Mexico. Mereka digambarkan berbentuk melingkar dengan kubah di bagian tengah, dengan diameter sekitar 50 meter. Masing-masing diawaki oleh tiga tubuh berbentuk manusia tetapi hanya bertinggi tiga kaki, mengenakan pakaian metalik dengan tekstur yang sangat halus. Setiap tubuh dibalut dengan cara yang mirip dengan setelan yang digunakan oleh penerbang dan pilot.

Menurut informan Mr. [dihapus], piring yang ditemukan di New Mexico sesuai fakta bahwa Pemerintah memiliki sebuah radar berkekuatan sangat tinggi di daerah itu dan diyakini bahwa radar telah mengganggu mekanisme pengendali piring terbang.

Tidak ada evaluasi lebih lanjut yang dicoba oleh SA [dihapus] tentang hal di atas.

RHK: VIM

Meskipun tidak ada tanggal yang disebutkan tentang beberapa kejadian, memo tersebut memiliki tanggal ketik 22 Maret 1950, dan dua tanggal berbeda pada perangko: satu 29 Maret 1950 (lebih besar, di bagian bawah) dan satu 28 Maret 1950, yang terakhir dari yang memiliki sejumlah tulisan tangan di atasnya: 62-838-94-209, bagian terakhir dengan “-209” yang agak banyak spasi dari yang pertama. (Hal-hal lain yang diketik dan ditulis tangan pada salinan memorandum yang disertakan dengan artikel ini.)

502px-flyingsaucersmemorandummarch22-1950.jpg

INSIDEN ROSWELL HARI INI

Insiden Roswell tetap menjadi sebuah peristiwa yang paling sering dibicarakan terkait UFO. Di dalamnya penuh spekulasi, rumor, pertanyaan-pertanyaan dan merupakan salah satu insiden UFO yang paling terkenal, karena mempunyai banyak saksi. (bs22)

11896031-roswell-ufo-tours4536-001.jpg

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Alien Encounters: UFO Experience dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s