Blue moon: Fenomena Bulan Biru

paranatural_6425.jpg

BLUE MOON: FENOMENA BULAN BIRU

blue-moon.6020.jpg

Fenomena Bulan Biru atau yang biasa disebut Blue Moon didefinisikan sebagai purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama.

Walaupun disebut blue moon , warna bulan tidak serta-merta menjadi biru. Istilah blue moon muncul karena peristiwa alam ini jarang terjadi, hanya dalam dua hingga tiga tahun sekali. Orang kemudian menyebutnya blue moon , sesuai dengan idiom yang berkembang di Barat untuk menggambarkan hal ini jarang terjadi.

Di Macedonia, fenomena bulan biru tampak merah. Sementara di Athena, bulan biru justru terlihat putih kekuning-kuningan. Di Palestina, bulan biru juga terlihat biru kekuning-kuningan. Tapi, di Ekuador, bulan biru tampak putih kebiru-biruan. Di Damaskus, bulan biru terlihat putih dengan beberapa bagian berwarna biru.

macedoniabluemoon6545.jpg
MACEDONIA-BLUE-MOON ,seen from Skopje on August 31, 2012.

athensbluemoon4627.jpeg
it is pictured on the 31st August 2012, rising in the sky above the Acropolis hill in Athens. Photograph: Louisa Gouliamaki

bethlehembluemoon6045.jpg
Blue Moon Over Bethlehem
,which occurred on Aug. 31, 2012

2012-08-31t030545z_01_qui05_rtridsp_3_ecuador6040.jpg
A blue moon is seen from the Atahualpa Stadium in Quito, Ecuador.Picture: REUTERS/Gary Granja

damascus-moon-20120901185132708017-600x400.jpg
A Blue moon appears over the Syrian capital Damascus. Photo: AFP

yorkshirearticle-2195185-14c3b982000005dc-469_634x432.jpg
The Blue moon pictured this morning seen over the M62 motorway, West Yorkshire: Technically, in Leeds, the moon will at the fullest this afternoon at 2:59 PM when not visible and below the horizon

Bulan Biru pernah terjadi pada 31 Juli 2004 dan 31 Desember 2009 dam 31 agustus 2012.Bulan Biru biasanya terjadi setiap 2,5 tahun dan hanya sekali dalam setahun. Namun, dalam periode 19 tahun sekali, Bulan Biru bisa terjadi dua kali dalam setahun. Pada 1999, misalnya, Bulan biru terjadi pada bulan Januari dan Maret.

Terjadinya Bulan Biru berkaitan dengan lama penanggalan Masehi dan Bulan. Satu tahun dalam kalender Masehi berjumlah 365 hari, sementara dalam kalender Bulan 354 hari. Sisa hari akan diakumulasikan sehingga pada tahun tertentu akan terjadi dua purnama dalam sebulan.

Penyebab terjadinya dua kali Bulan Biru dalam setahun juga berkaitan dengan penanggalan. Sejarah mencatat, biasanya dua Blue Moon dalam setahun terjadi pada bulan Januari dan Maret.

Blue Moon dalam bulan Januari terjadi menjelang akhir bulan. Karena Februari umumnya berjumlah 28 hari, maka pada bulan itu tak ada purnama sama sekali. Purnama selanjutnya baru terjadi pada awal Maret. Blue Moon pada Maret bisa terjadi karena Maret berjumlah 31 hari.

blue-moon-august-2012-5761.jpg

Bulan Biru biasanya dianggap sebagai kiasan karena sebenarnya bulan memang tidak tampak berwarna biru. Istilah Bulan Biru diberikan karena fenomena purnama dua kali dalam sebulan jarang terjadi. Meski demikian, sejarah juga mencatat bahwa Bulan Biru itu nyata. Artinya, Bulan memang tampak kebiruan.

Jika di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, sesaat setelahnya bulan bisa terlihat berwarna kebiruan. Jelaga dan partikel abu yang tersimpan di atmosferlah yang terkadang bisa membuat bulan berwarna biru.

Bulan terlihat kebiruan saat asap akibat kebakaran hutan yang luas di bagian barat Kanada. Fenomena itu terlihat di bagian timur Amerika Utara pada akhir September 1950.

Demikian pula saat terjadi letusan gunung Pinatubo di Filipina pada Juni 1991, bulan juga dilaporkan berwarna biru. Bulan Biru juga terjadi setelah letusan Gunung St. Helen pada 1980 dan Gunung El Chicon di Meksiko tahun 1983.

Situs NASA menyebutkan bahwa Bulan yang tampak biru disebabkan oleh adanya partikel yang lebih besar dari panjang gelombang warna merah (0,7 mikron). Partikel tersebut bisa bersumber dari abu letusan gunung berapi.

Bulan Biru paling fenomenal yang tercatat sejarah terjadi saat letusan Krakatau tahun 1883. Tidak hanya saat gerhana, Bulan juga tampak kebiruan setiap malam, entah sabit, separuh, ataupun purnama.

Berdasarkan penjelasan di situs NASA, Bulan berwarna biru tersebut terjadi selama bertahun-tahun sesudah letusan. Debu letusan Krakatau mengotori atmosfer dan menyebabkan sinar putih yang biasanya diperlihatkan Bulan tampak biru.

blue_moon5838.jpg

sumber: kompas.com
http://www.astronomi.us

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Paranatural dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Blue moon: Fenomena Bulan Biru

  1. ricky akustic berkata:

    Thank’s .. atas infonnya ..
    kapan2 bekunjung yah!

    Suka

  2. bams satria berkata:

    Ok.
    Tengkiyu brader.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s