Tubuh Manusia Koq Bau Ya ?

human mystery 2-001.jpg

bau badan-001.jpg

Suhu tubuh manusia perlu di jaga sekitar 37 derajat (99 F) ,dan salah satu cara tubuh mendinginkan diri adalah dengan berkeringat.dalam kondisi yang panas,tingkat produksi keringat meningkat dan panas menghilang dari tubuh karena air menguap dari kulit.

Keringat mengandung campuran air,garam ,dan racun ,dan sebagian besar keringat kita diproduksi oleh jutaan kelenjar ekrin yang terdapat di sekujur tubuh.

Namun ,kita juga memiliki jenis kelenjar keringat yang berbeda ,yang ditemukan dibawah lengan dan di sekitar alat kelamin. Kelenjar ini di sebut kelenjar apokrin.

Kelenjar apokrin menghasilkan keringat mirip susu yang mengandung zat berminyak bernama sebum yang merupakan pelembab alami kulit. Keringat mirip susu ini menjadi makanan ideal bagi banyak bakteri kecil yang ditemukan pada kulit dibawah lengan dan di sekeliling kunci paha kita. Karena hidup dari keringat ini ,maka bakteri menghasilkan zat kimia berbau yang disebut amonia ,dan zat inilah yang kita sebut bau badan. Semakin lama bakteri ini dibiarkan bersemayam dalam keringat (semakin jarang kita mandi),semakin kuat bau yang akan tercium.

Deodoran dan antiperspiran memiliki cara kerja yang berbeda dalam mengatasi keringat. Deodoran membiarkan keringat keluar ,tetapi deodoran mengandung agen- agen antiseptik yang membunuh bakteri penyebab bau badan ,sebagaimana pewangi. Antiperspiran ,di sisi lain,bekerja menutup pori-pori untuk mencegah keluarnya keringat sejak awal.

Coba cek ketiak anda ,kalo begitu bau,artinya anda harus mandi ya ..

Iklan

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Human Mystery. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s