Transfusi Darah Dari Golongan Darah Berbeda ,Apa Yang Akan Terjadi ?

human-mystery.jpg

final_blood2_indesign-001.jpg

Pada tahun 1667 ,Jean Denys ,dokter Louis XIV ,melaksanakan transfusi darah manusia yang pertama. Dia mentransfusikan 225 ml darah seekor domba ke tubuh anak laki-laki berusia 15 tahun yang menderita demam.

Sebelum transfusi ,kecerdasan anak itu berkurang sepenuhnya ,memorinya hilang ,dan tubuhnya begitu berat dan lemah sehingga dia tidak bisa mendapatkan penanganan apa pun,Tetapi tak lama setelahnya ,anak itu memperlihatkan Wajah yang cerah dan tersenyum. Namun ,membaiknya kondisi anak itu mungkin karena tubuhnya memenangi pertempuran melawan infeksi ,alih-alih karena menerima darah domba.

Enam bulan kemudian ,Denys kembali melaksanakan transfusi darah ,kali ini dengan darah anak sapi. Sayangnya ,upaya ini kurang berhasil,dan pasiennya meninggal setelah pengobatan ketiga.

Tipe darah (golongan darah) adalah klasifikasi darah berdasarkan keberadaan atau ketiadaan molekul tertentu pada permukaan sel darah merah. Klasifikasi ini dikenal sebagai sistem ABO dan ditemukan pada tahun 1901 oleh Karl Landsteiner ketika sedang mencoba memahami mengapa transfusi darah bisa menyelamatkan nyawa ,namun bisa pula menyebabkan kematian.

Terdapat empat golongan darah yang utama, yaitu A, B, AB, dan O. Darah dalam golongan ini bisa positif atau negatif ,dan itu artinya ada delapan variasi golongan darah.

Di Inggris ,O adalah golongan darah yang paling umum. Golongan O dikenal sebagai donor universal ,karena golongan O bisa diberikan kepada orang yang bergolongan A, B, AB, atau O itu sendiri. Namun ,pemilik golongan darah O hanya bisa menerima darah tipe O.

Golongan darah AB disebut resipien universal ,karena pasien dengan golongan ini bisa menerima darah dari seluruh golongan. Golongan darah Anda tergantung pada apa yang diwarisi dari orang tua.

Plasma darah adalah bagian darah yang cair ,dan umumnya mengandung air. Banyak zat yang beredar dalam plasma darah ,seperti sel darah merah ,yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Perbedaan golongan darah ditentukan oleh keberadaan atau ketiadaan molekul protein tertentu ,yang disebabkan antigen dan antibodi. Antigen ditemukan pada permukaan sel darah merah ,sedangkan antibodi pada plasma darah. Golongan darah ditentukan oleh tipe dan kombinasi molekul-molekul ini.

Dalam transfusi darah ,jika golongan darah donor dan pasien (resipien) tidak cocok ,sistem kekebalan tubuh penerimaakan menyerang darah donor. Akibatnya,sel darah merah dari darah yang disumbangkan akan menggumpal (aglutinasi). Gumpalan darah ini dapat menyumbat pembuluh darah dan menghentikan sirkulasi darah ke bagian lain tubuh sehingga bisa berakibat fatal bagi pasien.

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Human Mystery. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Transfusi Darah Dari Golongan Darah Berbeda ,Apa Yang Akan Terjadi ?

  1. aanteiku berkata:

    apa yang terjadi jika tipe darah tidak sama di masuk kan ke tubuh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s