Sindrom Tangan Asing (Alien Hand Syndrome).

human-mystery.jpg

ahs-001.jpg

Kondisi ini dinamai dari tokoh utama dalam film Dr. Strangelove yang muncul pada tahun 1960-an. Tokoh ini diperankan oleh Peter Seller. Dalam film itu ,Dr. Strangelove yang memakai kursi roda adalah ilmuwan Jerman yang sinting ,dengan berbagai ke-eksentrikan ,termasuk diantaranya Sindrom Tangan Asing (Alien Hand Syndrome) ,sindrom yang membuat tangan tidak mau patuh dan sulit dikendalikan. Kalau tidak memberi hormat ala Nazi,tangan yang tak terkendali ini mencekik lehernya sendiri.

Dalam kehidupan nyata ,Sindrom Tangan Asing (yang juga dikenal sebagai Sindrom Dr. Strangelove) adalah kondisi langka yang disebabkan oleh rusaknya beberapa bagian otak ,yang menyebabkan tangan seperti bernyawa dan bergerak sendiri. Tangan yang tak terkendali itu mungkin melakukan kebalikan dari apa yang dilakukan tangan satunya.

Jadi ,jika si penderita mencoba mengikat tali sepatu,tangan yang satu lagi akan mencoba membuka talinya. Jika satu tangan menarik celana panjang ke atas ,tangan yang lain akan menurunkannya.

Kadang-kadang ,penderitanya bahkan tidak menyadari apa yang dilakukan tangan yang nakal itu. Baru setelah memperhatikannya ,mereka kerap menjadi marah ,melawan atau menghukumnya agar bisa dikendalikan.

Kedua tangan itu kadang-kadang bertarung. Tangan yang nakal menjadi agresif dan memukul ,mencubit ,atau meninju penderitanya ,dan bahkan dalam beberapa kasus ,mencoba mencekik pemiliknya.

Si penderita kadang terpaksa menduduki tangannya untuk mengendalikannya,tetapi lalu upayanya mengendur dan tangan itu kembali berulah.

Tentang Bams al-Badrany

Me is me
Pos ini dipublikasikan di Human Mystery. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s